Gejala penyebab dan juga cara menangani alergi dingin biduran

Posted on

Alergi dingin atau juga dalam istilah medis nya disebut dengan urtikaria merupakan reaksi pada kulit terhadap suhu dingin yang dapat menyebabkan munculnya bilur yang terasa sangat gatal dan juga membuat kulit menjadi berwarna kemerahan.

Gejala penyebab dan juga cara menangani alergi dingin biduran
Gejala penyebab dan juga cara menangani alergi dingin biduran

Tingkat pada keparahan gejala yang di timbulkan oleh alergi dingin yang akan muncul pada masing masing orang akan berbeda beda jenisnya. Sebagian orang yang terkena gejala alergi jenis ini bahkan akan kehilangan kesadarannya, bisa mengalami tekanan darah yang sangat rendah, dan bahkan juga yang paling terparah yaitu dapat menyebabkan kematian.

Baca juga :

Pada usia remaja merupakan usia yang paling sering dapat terkena alergi dingin ini, nemun, pada biasanya alergi dingin tersebut akan menghilang dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa tahun.

Gejala gejala yang di sebabkan alergi dingin (urtikaria dingin)

Pada biasanya gejala alergi dingin ini dapat muncul disaat kulit terpapar air atau juga bisa di sebabkan oleh faktor cuaca dingin yang suhunya di bawah 4 derajat Celsius.alergi dingin ini juga lebih berisiko akan muncul dalam kondisi yang berangin dan juga bersuhu lembab. Berikut ini ada beberapa gejala gejala alergi dingin yang dapat terjadi di antaranya adalah:

  • Disaat kita memegang benga yang dingin tangan kita akan terasa bengkak
  • Munculnya bilur yang tersa galal pada bagian kulit atau di area kulit yang terpapar udara yang dingin
  • Pada saat kita mengonsumsi makanan dan juga minuman yang dingin bibir dan juga tenggorokan kita akan terasa bengkak
  • Kulit yang terpapar udara dingin akan berubah menjadi memerah

Reaksi alergi dingin ini biasanya paling parah sekali yaitu pada saat bagian seluruh tubuh terpapar oleh suhu yang dingin. Seperti pada saat seseorang yang sedang berenang di air yang dingin. Reaksi tersebut yang di timbulkan bisa berpotensi membahayakan nyawa seseorang.seperti terjadi pembengkakan yang terjadi di bagian tenggorokan  dan juga pada lidah sehingga menyebabkan sakit untuk bernafas, menyebabkan tekanan darah turun dengan drastis, jantung terasa berdebar, serta membengkaknya pada lengan dan kaki.

 Penyebab alergi dingin (urtikaria dingin)

Ada beberapa hal yang diduga menjadi penyebab terjadinya alergi dingin , termasuk dengan faktor genetika yang mempunyai sel kulit yang sangat sensitive dengan virus atau penyakit tertentu. Namun penyebab yang pasti kenapa tubuh bisa bereaksi terhadap suhu yang dingin belum di ketahui. Berikut ini ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena alergi dingin, di antaranya yaitu:

  • Anak anak dan juga remaja:

Dalam usia ini paling sering sekali seseorang terkena alergi dingin dan juga biassaya akan membaik dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa tahun.

  • Penyakit dasar tertentu:

Ada beberaa gangguan pada kesehatan atau juga penyakit, seperti misalnya penyakit kankeratau juga penyakit hepatitis yang dapat meningkatkan risiko terkena alergi dingin.

  • Infeksi:

Untuk seseorang yang baru saja terkena infeksi seperti peneumonia atau juga radang paru paru akan lebih berisiko akan terkena atau mengalami alergi dingin.

  • Genetika:

Pada anak yang di warisi penyakit seperti ini dari salah satu orang tuanya, namun hal ini sangat jarang sekali terjadi.

Pencegahan alergi dingin (urtikaria dingin)

Untuk mencegah terjadinya reaksi alergi dingin kita dapat melakukan beberapa hal seperti di bawah ini:

  • Menghindari untuk mengkonsunsi makanan serta minuman yang dingin
  • Mengkonsunsi obat yang telah di berikan oleh dokter
  • Memberi tahu dokter jika anda akan menjalani operasi
  • Sangat disarankan untuk mengkonsunsi antihistamin sebelum terpapar oleh suaca yang sangat dingin
  • Melindungi kulit dari cuaca dingin
  • Disarankan untuk membawa suntikan adrenalin untuk mengantisipasi terjadinya reaksi anafilaksis