Ginjal Kronis – Pengobatan, Gejala dan Penyebabnya

Posted on

Penyakit ginjal kronis atau yang sering di sebut  dengan istilah gagal ginjal kronis (GGK) merupakan suatu kondisi  saat  fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Gagal ginjal kronis pernah di identifikasi Indonesia Renal Registry sebagai kerusakan ginjal, namun dapat juga berupa kelainan jaringan, tes pencitraan ginjal atau komposisi darah dan urine, yang akan di alami selama lebih dari tiga bulan.

Penyakit ginjal kronis atau yang sering di sebut  dengan istilah gagal ginjal kronis (GGK)
Penyakit ginjal kronis atau yang sering di sebut dengan istilah gagal ginjal kronis (GGK)

Status penyakit gagal ginjal kronis akan berubah menjadi gagal ginjal tahap akhir (End-Stage Renal Disease/ESRD) pada saat ginjal tidak berfungsi lagi. Pada saat stadium ini sudah terjadi penumpukan limbah tubuh, cairan, dan elektralit yang dapat bisa membahayakan tubuh jika di lakukan tanpa transplantasi ginjal ataupenyaringan buatan (dialisis/cuci darah).

Penyakit gagal ginjal kronis biasanya jarang menimbulkan gejala-gejala sehingga orang yang mengidap penyakit ini jarang menyadarinya hingga mencapai stadium lanjut. Penyakit gagal ginjal kronis bisa terdeteksi pada stadium dini harus melakukan pemeriksaan urine atau darah.

Penyakit gagal ginjal kronis stadium lanjut pada umumnya akan mengalami gejala-berikut:

  • Mengalami sesak napas
  • Perut terasa mual
  • Tubuh terasa lelah
  • Membengaknya pada pergelangan kaki dan tangan karenapenumpukan cairan pada sirkulasi tubuh
  • Serta keluarnya urine bercampur darah

Pemeriksaan urine dan darah teratur tiap tahun sangat di anjurkan bagi seseorang yang beresiko tinggi mengidap penyakit gagal ginjal kronis. Salah satunya anda yang beresio tinggi, apabila memiliki tekanan darah yang tinggi, memiliki riwayat keluarga pengidap penyakit ginjal kronis, dan sedang mengidap diabetes.

Fungsi Ginjal dan Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Ginjal terletak tepat di bawah tulang rusuk dan berbentuk menyerupai sepasang kacang pada kedua sisi tubuh.

Fungsi ginjal adalah menyaring  limbah dan kelebihan cairan dari darah sebelum dibuang melalui cairan urine. Fungsi ginjal yang tidak kalah penting adalah sebagai berikut:

  • Mengatur kadar bahan kimia sehingga akan membantu otot dan jantung bekerja dengan baik
  • Mengatur tekanan darah pada tubuh
  • Memproduksi vitamin D atau zat sejenis yang akan menjaga kesehatan tulang
  • Memproduksi hormon glikoprotein atau yang sering di sebut erythropoietin yang akan membantu merangsang produksi sel-sel darah merah

Penyebab terjadinya penyakit gagal ginjal kronis di sebabkan beberapa kondisi seperti diabetes dan tekanan darah yang tinggi. Kodisi-kondisi seperti ini menyebabkan kerusakan pada ginjal hingga menurunya fungsi ginjal, apabila dalam waktu panjang.

Pengidap Penyakit Gagal Ginjal Kronis di Indonesia

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan yang di lakukan oleh pemerintah kesehatan RI tahun 2013, ada sebanyak 0.2%  dari total jumlah penduduk Indonesia mengalami kondisi seperti ini,pada provinsi Sulawesi tengah adalah  daerah dengan angka tertinggi yaitu, 0.5% dari total jumlah penduduk di provinsi tersebut.

Dari data 7th Report of Indonesian Renal Registry tahun 2014, orang yang mengidap penyakit gagal ginjal kronis melakukan pencucian darah paling banyak di sebabkan oleh hipertensi (37%), diikuti  kelainan bawaan (10%), dan diabetes sebanyak (27%).

Baca Juga :

  1. Gagal Jantung – Gejala, Pencegahan dan Mengobati
  2. Beginilah Gejala, Penyebab dan Mengobati penyakit fobia
  3. 10 Penyebab Panas Dalam Dan Cara Ampuh Mengatasinya
  4. Inilah Cara Mudah Pengobatan Gagal Ginjal Akut Alami

Cara Penanganan penyakit Gagal Ginjal Kronis

Terdiagnosis mengidap penyakit gagal ginjal kronis akan membuat anda atau kerabat menjadi cemas. Cara agar penyakit gagal ginjal tidak mengambil alih hidup anda yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter dan sesama pengidap penyakit ini.

Hal ini di karenakan tidak adanya obat yang bisa menyembuhkan penyakit gagal ginjal. Salah satu cara untuk memperlambat dan menghentikan perkembangan dan untuk mencegahnya perlu di lakukan terapi dengan rutin agar tidak muncul kondisi serius lainya serta dapat mengurangi gejala-gejala yang di sebabkan oleh penyakit gagal ginjal kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *