Ini Dia 5 Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat

Posted on

Semua orang pasti memiliki masalah dengan jerawat karena bukan hanya mengganggu kulit, tapi juga merusak wajah dan mengganggu penampilan. Jerawat seringkali menjadi alasan utama mengapa seseorang harus rela ditolak ketika sedang interview kerja, sebab rasa percaya dirinya yang hilang. Banyak sekali sumber yang menyarankan anda dengan menggunakan baking soda untuk jerawat.

Ini Dia 5 Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat
Ini Dia 5 Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat

Baking soda adalah salah satu komposisi yang sering digunakan dalam membuat kue. Baking soda merupakan pengembang adonan yang termasuk dalam bahan kimia sintesis. Walaupun baking soda kerap digunakan untuk kecantikan dan kesehatan kulit atau bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat, tetap saja ada beberapa efek tidak baik didalamnya.

Bahannya bersifat keras

Baking soda untuk jerawat seringkali dipilih banyak orang karena bisa menjadi cara yang instan untuk membuat jerawat kempes. Namun, tahukah anda? Sebenarnya bahan dalam baking soda sangatlah keras. Bahkan, bahannya kerap ditemukan dalam berbagai produk pembersih seperti pembersih keramik. Jika digunakan dengan dosis yang terlalu tinggi, tentu saja akan membuat kulit rusak, kurang aman, dan cukup beresiko. Untuk itulah, jika anda ingin menggunakan baking soda sebagai cara menghilangkan jerawat, akan lebih baik untuk mengkonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Dapat merusak lapisan luar kulit

Kulit memiliki beberapa lapisan, salah satunya adalah lapisan epidermis yang merupakan lapisan paling luar. Fungsinya adalah untuk menjaga kulit tubuh dari sinar matahari ketika terpapar ultraviolet. Epidermis juga berfungsi untuk menjaga kotoran dan debu. Nah, jika anda menggunakan baking soda untuk mengatasi jerawat, maka anda harus berhati-hati. Sebab, didalam baking soda terdapat kandungan alkaline yang dapat merusak bagian epidermis. Itulah mengapa jika digunakan secara terus menerus maka tidak akan baik untuk kulit.

Memang, baking soda memiliki agen eksfoliasi yang berfungsi untuk mengelupas kulit. Keuntungannya adalah sel kulit mati bisa terangkat agar wajah tampak lebih cerah dan bersih. Akan tetapi, jika menggunakan baking soda dalam dosis yang berlebihan, tentu akan membuat lapisan epidermis yang tipis akan terkikis. Tidak menutup kemungkinan jika bahan ini pada akhirnya bisa membuat kulit terkelupas. Jerawat pun malah bisa tumbuh di bagian jaringan kulit yang dalam.

Resiko lainnya menggunakan baking soda untuk jerawat adalah bahwa baking soda akan membuat kulit rusak secara permanen.

Membuat kulit iritasi dan bengkak

Kulit yang sensitif juga bisa disebabkan oleh penggunaan baking soda. Efek samping menggunakan baking soda adalah kulit tampak kemerahan, iritasi, bengkak, dan perih. Penggunaannya dalam jangka panjang, tidak sesuai aturan, dan digunakan secara tidak hati-hati maka sudah pasti akan merusak wajah anda.

Membuat kulit kering

Bahaya lainnya penggunaan baking soda pada wajah adalah membuat kulit tampak kering. Mengapa? Karena baking soda memiliki kandungan alkaloid atau senyawa basa yang dapat mengatasi minyak berlebih pada wajah. Jika terlalu sering, wajah pun jadi kehilangan minyak, sebab produksi sebum menurun. Itulah mengapa menggunakan baking soda terlalu sering untuk wajah membuat kulit menjadi kering dan membuat kulit tidak bisa menyembuhkan jerawat lebih cepat.

Membuat wajah kusam, muncul bercak hitam dan berbekas

Terakhir, bahaya baking soda juga dapat meninggalkan bekas yang permanen jika digunakan secara berlebihan. Anda harus betul-betul memperhatikan frekuensi penggunaannya jika tidak ingin mendapatkan resiko buruk. Kulit wajah yang semula mulus bahkan bisa muncul bercak-bercak hitam dan kusam.

Tentu saja, menggunakan baking soda untuk jerawat secara berlebihan dan terlalu sering tidak dianjurkan. Resikonya sudah jelas sebagaimana tertulis di atas. Hal ini malah tidak akan membantu membuat bekas jerawat hilang, yang ada wajah menjadi kusam dan muncul flek hitam. Dibutuhkan kehati-hatian dan kecermatan agar anda tidak membuat wajah malah rusak, semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *