Ini Dia Cara Menghilangkan Sesak Nafas Yang Aman Dan Cepat

Posted on

Cara menghilangkan sesak nafas yang cepat dan tidak beresiko adalah dengan menggunakan cara alami. Anda bisa menggunakan cara-cara berikut ketika sesak nafas menyerang. Sesak nafas terjadi karena penyakit asma, alergi, stroke, serangan jantung, panik, cemas, alergi, dan keracunan. Sesak nafas membuat anda tidak bisa bernafas dengan baik, sehingga faktor tersebut mengganggu pernafasan dan bisa berujung fatal.

Ini Dia Cara Menghilangkan Sesak Nafas Yang Aman Dan Cepat
Ini Dia Cara Menghilangkan Sesak Nafas Yang Aman Dan Cepat

Untuk kondisi tertentu, sesak nafas masih bisa diatasi. Tetapi, anda tetap butuh bantuan dokter. Berikut beberapa cara menghilangkan sesak nafas yang harus anda coba.

  1. Atur Posisi Duduk

Serangan sesak nafas bisa terjadi tidak pandang posisi apa yang sedang anda lakukan. Untuk pertolongan pertama ketika sesak nafas menyerang adalah dengan mengatur posisi tubuh anda. Lakukan posisi duduk berikut:

  • Posisi duduk dengan bagian kaki merata di lantai
  • Posisi duduk dengan dada membusung kedepan
  • Posisi duduk dengan siku diletakkan di lutut dan tangan di bagian dagu
  • Posisi duduk sambil bersandar pada leher dan bahu

Dalam posisi duduk di atas, tubuh menjadi lebih santai sehingga anda bisa lebih leluasa menghirup udara jika dibandingkan dengan posisi tidur telentang. Hal ini disebabkan ketika posisi sedang duduk, maka kapasitas diagfragma menjadi lebih rileks. Jika sudah rileks, cobalah menarik nafas pelan dan panjang dari hidung, dikeluarkan pelan-pelan dari mulut.

  1. Posisi Duduk Bersandar

Cara lainnya untuk mengatasi sesak nafas adalah bersandar di tempat tidur atau di dinding. Kaki harus rata dengan lantai atau tempat tidur. Dada harus dibusungkan ke depan sedikit. Tangan anda bisa diletakkan dikedua sisi tubuh. Kemudian, tambahkan bantal di bagian kepala. Cara ini dibutuhkan untuk menghirup nafas lebih baik.

  1. Mengatur Posisi Santai Ketika Tidur

Seumpana anda terkena serangan sesak nafas dengan posisi tertidur, maka tentu tidak akan membuat anda merasa nyaman. Cara menghilangkan sesak nafas dalam kondisi demikian adalah dengan berbaring santai. Pastikan bahwa seluruh otot tubuh anda dalam keadaan rileks. Perlahan, ambil bantal dan gunakan untuk bagian belakang kepala supaya bisa lebih tinggi dibandingkan dada. Tambahkan bantal lagi untuk belakang lutut anda, dan tekuk lutut anda perlahan. Cara ini bisa anda gunakan untuk mengatasi sesak nafas ketika tidur.

  1. Kendalikan Stres

Tidak perlu merasa cemas ketika anda mudah sekali mengalami sesak nafas tetapi tidak ada hasil penyakit serius ketika anda memeriksakannya. Pada dasarnya, tekanan pikiran yang berujung pada stress bisa memicu seseorang untuk terkena sesak nafas. Pasalya, pikiran yang tertekan dan berat membuat paru-paru bekerja tidak normal. Itulah mengapa seseorang yang stres dan terkena sesak nafas mengalami masalah oksigen yang masuk tidak bisa optimal. Cara satu-satunya adalah menurunkan stres yang anda alami. Ada beberapa tips yang bisa anda coba seperti yoga, rekreasi, tidak panik, olahraga santai, latihan ringan, dan membuat diri anda lebih suka berpikir positif dalam menghadapi masalah.

  1. Olahraga Teratur

Sesak nafas membuat banyak orang tidak mau olahraga, karena takut asma yang mereka miliki kambuh. Faktanya, olahraga tidak akan membuat kondisi kesehatan menjadi buruk. Kecuali, jika anda tidak pernah olahraga, dan pada kemudian hari memaksakan tubuh untuk berolahraga berat tanpa jeda. Olahraga seperti ini tentu tidak benar.

Olahraga yang tepat seperti berjalan kaki santai, atau berenang dengan latihan rutin tentu sangat membantu kesehatan. Olahraga seperti ini akan membantu fungsi paru-paru lebih optimal. Olahraga yang berat, yang sekali dilakukan dan setelah itu tidak lagi malah hanya akan membuat kondisi badan tidak fit.

Itulah beberapa cara menghilangkan sesak nafas yang bisa anda coba di rumah, yang alami dan tentu aman. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *