Ini Lho 5 Penyebab Mimisan Pada Anak Dan Balita Yang Paling Sering

Posted on

Tidak semua orang tua diberikan anugerah untuk memiliki anak. Beberapa harus rela menunggu sekian tahun lamanya, beberapa harus berupaya supaya bisa memiliki anak, dan beberapa mungkin harus menghadapi pahitnya vonis tidak bisa memiliki anak. Menjadi orang tua adalah tanggung jawab, sehingga ketika anak sakit sudah wajib untuk mencari tahu apa penyebabnya. Jika anak anda mimisan mendadak, sebaiknya anda tidak panik. Dengan mencari penyebab mimisan pada anak, maka anda dapat melakukan pengobatan yang efektif dan mencegah datangnya mimisan kembali.

Ini Lho 5 Penyebab Mimisan Pada Anak Dan Balita Yang Paling Sering
Ini Lho 5 Penyebab Mimisan Pada Anak Dan Balita Yang Paling Sering

Mengapa Anak Dan Balita Bisa Mimisan?

Faktornya adalah faktor organik, merupakan gangguan kesehatan bayi. Artinya, memang sejak lahir sudah ada kelainan organ terutama di bagian hidung, seperti pembuluh darah yang tipis, terlalu lebar, atau terlalu rapuh. Dengan kondisi yang lemah tersebut, anak-anak yang beraktifitas lebih dan stress, atau sedang mengalami iritasi menjadi mimisan.

Faktor berikutnya adalah faktor medik, yang merupakan gangguan kesehatan pada anak dan balita seperti pembekuan darah. Sel darah merah yang berperan untuk menutup luka mengalami gangguan. Terjadinya kegagalan pada pembekuan darah inilah yang membuat mimisan pun terjadi pada anak.

Selain dua faktor di atas, ada beberapa hal lainnya yang menjadi penyebab mimisan pada anak yang paling sering seperti berikut:

  1. Suhu udara yang ekstrim

Perubahan cuaca yang sering tidak menentu tentu saja akan membuat daya tahan tubuh anak menjadi rendah. Suhu yang mudah sekali berubah dari dingin ke panas, atau sebaliknya menjadi alasan kuat mengapa anak bisa mimisan.

Cuaca yang ekstrim pada akhirnya dapat membuat balita terserang flu. Dalam kondisi demikian, balita sering menyeka hidung mereka. Ketika melakukannya terlalu kuat, hidung pun menjadi mimisan, terlebih untuk balita yang pembuluh darah di bagian hidungnya lemah.

  1. Suka mengorek lubang hidung

Untuk anak-anak dan balita yang punya rasa penasaran tinggi, mereka mungkin sering mengorek lubang hidung. Mereka masih belum tahu mana hal yang harus dilakukan dan tidaknya. Sehingga, terkadang mereka juga memasukkan benda tumpul pada lubang hidung mereka. Inilah mengapa anak-anak dan balita bisa mimisan.

  1. Terbentur atau terpukul di bagian hidung

Jika anak-anak atau balita yang suka bermain, berlarian, dan sedikit ekstrim akan sering jatuh. Tidak tanggung-tanggung, mereka mungkin juga akan terbentur atau terpukul di bagian hidungnya. Orang normal saja jika terkena pukul atau terbentur pasti berpotensi mimisan. Hal ini disebabkan pembuluh darah yang ada di dalam hidung menjadi pecah, darah pun keluar dan mimisan terjadi.

Itulah mengapa sangat penting jika anda sebagai orang tua selalu mendampingi anak yang sedang bermain.

  1. Terlalu lelah

Faktor mimisan berikutnya adalah karena anak-anak atau balita kelelahan. Pembuluh darah yang lemah akan mengalami penegangan. Dalam kondisi demikian, pembuluh berpotensi pecah dan mengeluarkan darah. Untuk masalah yang satu ini, anda harus sering berkonsultasi dengan dokter. Sebab, dibutuhkan perhatian yang lebih.

  1. Stress

Siapa bilang bahwa yang stress adalah yang dewasa yang punya seabrek masalah dan lainnya? Bahkan, anak-anak dan balita ketika tidak nyaman dan bosan bisa merasakan stress. Stres akan membt pembuluh darah yang rapuh di area hidung mereka menjadi pecah. Kondisi semakin menjadi jika anak juga memiliki asma. Ketika anak menarik nafas kuat-kuat, maka pembuluh darah di hitung tersebut pun pecah.

Nah, bagaimana? Sebagai orang tua, anda sudah tahu apa saja penyebab mimisan pada anak yang paling sering. Untuk itu, anda harus memastikan bahwa penyebab-penyebab ini tidak muncul atau bisa dikurangi di masa depan jika anda selalu merasa panik ketika anak-anak atau balita mimisan, semoga membantu!