Ini Lho Segudang Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan Anda

Posted on

Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan – Mungkin anda suka sekali dengan buah ceri, sehingga menanamnya di pekarangan rumah menjadi ide yang sedang anda rencanakan saat ini. Buah ceria tau juga dikenal sebagai buah kersen memang memiliki rasa yang enak dengan dominasi rasa manis. Buah ini begitu khas dengan bentuknya yang bulat dan kecil. Saat masih muda, warnanya tampak hijau, namun jika buah tersebut sudah matang maka akan tampak merah. Namun, apakah anda tahu apa saja manfaat daun ceri? Pada kesempatan kali ini, anda akan tahu banyak apa saja khasiat daun ceri untuk kesehatan anda.

Ini Lho Segudang Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan Anda
Ini Lho Segudang Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan Anda

Untuk mengetahui apa saja manfaat daun ceri, maka anda harus tahu terlebih dahulu apa saja kandungan daun ceri sehingga begitu besar khasiatnya untuk kesehatan anda. Pada 100 gram buah ceri, terdapat kandungan air, karbohidrat, protein, abu, lemak dan juga serat. Selain itu, terdapat pula kandungan karoten, ribofalin, niacin, tianin, viamin C, fosfor, besi, dan juga energi hingga 380KJ.

Tidak heran jika nenek moyang kita sering mengkonsumsi buah ceri sebagai obat herbal guna mengurangi rasa nyeri karena asam urat. Selain itu, buah ceri sering dikonsumsi untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada tubuh termasuk mengatasi masalah pencernaan, sehingga pencernaan lebih lancar karena kandungan serat yang cukup tinggi pada buah ceri.

Bagaimana dengan Manfaat daun ceri?

Kandungan daun ceri tergolong sangat baik untu tubuh manusia. Berikut beberapa kandungan penting pada daun ceri:

  1. Tanin

Tanin dibutuhkan untuk tubuh sebagai senyawa metabolit sekunder. Fungsinya adalah untuk membantu proses pengendapan protein. Sehingga, ceri bekerja sebagai antiseptik, reagen pendeteksi alkaloid, protein dan juga gelatin. Fungsinya pun cukup banyak dan tidak bisa disebutkan satu per satu.

  1. Flavonoids

Senyawa yang satu ini bekerja sangat penting untuk tubuh, yaitu sebagai antioksidan yang dapat memerangi kanke. Banyak kasus menunjukkan bahwa flavonoid adalah senyawa penting yang bekerja sebagai antibiotik yang dapat merusak fungsi mikroorganisme, termasuk pada virus dan juga bakteri.

  1. Saponin

Saponin merupakan senyawa yang memberikan manfaat cukup tinggi pada daun ceri. Saponin merupakan sterol dan glikosida triterpena. Menurut para ilmuwan, terdapat hingga 90 tumbuhan yang mengandung saponin. Pada daun ceri, saponin memiliki manfaat yang tinggi untuk menurunkan kadar gula pada tubuh manusia.

Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui apa saja kandungan yang ada pada daun ceri, berikut beberapa manfaat daun ceri yang harus anda ketahui untuk membuat kesehatan anda tak ternilai.

  1. Daun Ceri Bermanfaat Untuk Menurunkan Kadar Gula

Apakah anda penderita diabetes? mungkin anda sudah tahu tentang beberapa daun yang sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabetes seperti misalnya, daun sirsak, daun bambu dan juga daun sukun. Selain dedaunan tersebut, anda juga bisa mengobati diabetes dengan rajin mengkonsumsi buah naga. Namun, tahukah anda bahwa manfaat daun ceri juga cukup besar pada kasus diabetes?

Pada penderita diabetes, merebus daun ceri untuk diminum air rebusannya tentu sangat efektif sebagai pengobatan alami. Dengan merebus daun ceri, maka air rebusan tersebut akan mengurangi kadar gula yang ada pada tubuh anda. Air rebusan daun ceri ternyata juga sudah dikenal sebagai obat tradisional yang sangat manjur untuk para penderita diabetes sejak jaman dahulu. Caranya juga tergolong sederhana. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun ceri untuk kemudian air rebusannya diminum jika sudah dingin.

Baca juga :

  1. Daun Ceri Bermanfaat Untuk Menghilangkan Rasa Nyeri/ Sakit

Beberapa tanaman yang bisa menghilangkan rasa nyeri atau rasa sakit adalah daun pepaya dan mengkonsumsi cabe. Selain itu, anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai penghilang rasa sakit.

Jika anda memiliki tanaman ceri, maka anda bisa mengambil Manfaat daun ceri sebagai penghilang rasa sakit. Dari berbagai penelitian dengan menggunakan binatang menunjukkan bahwa daun ceri mampu mengurangi rasa sakit. Hal ini menunjukkan hasil yang sama bagaimana daun ceri bekerja secara efektif pada manusia, terutama untuk mengurangi rasa sakit pada para penderita asam urat.

  1. Daun Ceri Bermanfaat Untuk Menurunkan Kolesterol

Saat ini banyak sekali makanan penyebab kolesterol sehingga dengan mengkonsumsi air rebusan daun ceri secara teratur, ternyata anda bisa mengobati kolesterol secara alami dan efekfit. Daun ceri bisa digunakan sebagai obat tradisional melawan kolesterol sebagai perawatan di rumah dengan cara yang sederhana .

Caranya juga cukup mudah, yaitu anda hanya menyiapkan satu atau dua genggam daun ceri. Pastikan daun ceri tersebut masih dalam kondisi yang segar. Kemudian, siapkan pula tiga gelas air bersih. Rebus semua bahan tersebut dan biarkan air rebusan sampai tinggal setengahnya saja. Minum ramuan ini sebanyak dua kali sehari.

Jadi, jika tidak ada kulit manggis, daun sirih atau cengkeh yang bisa anda gunakan sebagai obat untuk mengatasi kolesterol, anda bisa mengambil Manfaat daun ceri sebagai alternatifnya.

  1. Daun Ceri Bermanfaat Untuk Menyembuhkan Borok / Luka

Apakah anda memiliki luka atau borok yang cukup lama dan tidak kunjung sembuh? Mungkin karena anda memiliki kadar gula darah yang cukup tinggi, sehingga luka yang anda alami di bagian tertentu tampak sulit untuk kering dan sulit sembuh. Dengan rajin mengkonsumsi air rebusan daun ceri, maka anda bisa secara bertahap mengeringkan luka yang terjadi. Sebab, kadar gula darah bisa turun dan luka bisa diatasi.

  1. Daun Ceri Dapat Mencegah Kanker

Manfaat luar biasa dari daun ceri adalah kemampuannya untuk mencegah kanker. Daun ceri dapat mencegah kanker karena adanya kandungan flavonoid didalamnnya. Cara bekerjanya adalah sebagai antioksidan sehingga dapat membunuh sel kanker dan mencegah perkembangannya di dalam tubuh manusia. Menggunakan daun ceri untuk mencegah kanker berarti rajin mengkonsumsi daun ceri yang masih muda dengan cara direbus dan diminum airnya.

  1. Daun Ceri Bermanfaat Untuk Mencegah Tumor

Manfaat daun ceri memang terkenal cukup banyak. Daun ceri juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang serius. Selain kanker, ternyata, daun ceri juga dapat mencegah terjadinya tumor yang berkembang pada tubuh anda. Kandungan saponin, flavonoid dan tanin didalamnyalah yang menjadi alasan mengapa daun ceri begitu manjur untuk mencegah tumor.

Bukan hanya itu, air rebusan daun ceri bermanfaat sebagai antiseptik yang sangat optimal sehingga dapat mencegah terjadinya pembengkakan dan peradangan pada tubuh.

  1. Daun Ceri Sebagai Pengatur Otot Jantung

Pada jantung, terdapat otot-otot yang harus dipastikan sehat, sehingga kinerja jantung akan tetap optimal. Fungsi daun ceri adalah untuk menjaga kinerja otot-otot tersebut. Daun kersen atau daun ceri sangat aktif melindungi fungsi dari otot-otot tersebut.

  1. Daun Ceri Sebagai Anti Hipertensi, Anti Inflamasi Dan Antiseptik

Anti hipertensi berarti dapat mencegah terjadinya hipertensi pada kesehatan manusia. Sedangkan anti inflamasi berarti dapat menurunkan atau mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan pada tubuh akibat adanya luka atau infeksi yang. Selain itu, daun ceri atau daun kersen terbukti secara aktif sebagai antiseptik karena kandungan tanin, saponin dan flavonoid didalamnya sehingga sangat penting untuk membasmi bakteri atau mikroba pada tubuh manusia.

Cara Efektif Menggunakan Daun Ceri

Nah, bagaimana menggunakan daun ceri agar benar-benar manjur untuk mendapatkan berbagai manfaat daun ceri seperti yang sudah disebutkan di atas? Berikut tips bagaimana anda bisa menggunakan daun ceri untuk kesehatan anda:

  1. Pastikan anda menggunakan pucuk daun yang masih muda dan masih segar. Kemudian, ambil sekitar satu genggam. Pucuk daun tersebut harus dicuci sampai benar-benar bersih.
  2. Masukkan air bersih sebanyak tiga atau empat gelas kedalam panci.
  3. Masukkan daun kersen yang sudah dibersihkan tadi bersama dengan air di dalam panci.
  4. Rebus daun tersebut sampai air rebusan tersisa hanya satu gelas saja.
  5. Biarkan air rebusan agar hangat dan agak dingin.
  6. Campur dengan madu atau gula merah untuk menambah rasa ketika anda hendak meminumnya.
  7. Ketimbang mengkonsumsi teh, anda bisa menggantinya dengan rajin meminum ramuan daun ceri tersebut setiap hari sehingga dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang anda miliki, bahkan mencegah beberapa potensi penyakit lainnya yang ada pada tubuh anda.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang apa saja manfaat daun ceri yang bisa anda ambil. Manfaatnya memang cukup banyak dan mungkin membuat anda terkejut karena belum pernah mengetahui sebelumnya. Jadi, bukan hanya daun lainnya saja yang ternyata bisa anda ambil khasiatnya sbeagai obat herbal untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit pada tubuh anda. Bahkan, anda bisa menggunakan daun ceri yang ternyata menyimpan kekayaan yang begitu besar.

Seseorang mungkin tidak perlu ke dokter untuk mengkonsumsi berbagai obat atau menjalankan terapi, jika ia mampu menjaga asupan makanan yang dibutuhkan tubuh. Begitu juga jika anda berani dan tidak ragu menggunakan daun ceri sebagai obat tradisional untuk direbus dan diminum air rebusannya secara rutin.

Hal terpenting ketika anda mencoba menggunakan daun ceri atau daun lainnya sebagai pengobatan tradisional adalah bahwa kesabaran dan komitmen anda untuk rajin mengkonsumsinya secara teratur setiap hari akan menentukan hasilnya. Anda tidak bisa mengatakan bahwa anda bisa sembuh total dari keluhan penyakit yang anda miliki hanya dengan mencoba air rebusan daun ceri satu dua kali saja. Walaupun kuasa Tuhan itu ada, namun menggunakan cara alami dengan teratur, setiap hari, dan dengan metode yang benar adalah kunci utamanya.

Manfaat daun ceri karena memang terdapat senyawa yang baik dan sangat penting, sebab dibutuhkan oleh tubuh. Itulah mengapa tidak sedikit herbalist yang menyarankan untuk mengkonsumsi daun ceri sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit. Hanya dengan minum air rebusan daun ceri secara rutin, maka anda bisa mencoba perawatan sederhana di rumah namun sangat tidak ternilai untuk kesehatan dan kesembuhan anda.

Efek Samping Daun Ceri

Walaupun manfaat daun ceri cukup banyak, namun harus anda waspadai apa saja efek samping yang bisa terjadi, sebagaimana berikut:

  1. Dapat menyebabkan alergi
  2. Dapat menyebabkan sakit perut
  3. Dapat menyebabkan gangguan ginjal
  4. Dapat menyebabkan gangguan liver
  5. Dapat memicu mual dan muntah
  6. Tidak disarankan untuk ibu hamil dengan usia kehamilan 18 minggu sampai 3 bulan pertama