Ini Manfaat Olahraga Pagi Hari Yang Bisa Rubah Hidup Anda

Posted on

Mengawali pagi dengan sesuatu hal yang positif bisa memberikan dampak yang menguntungkan untuk kehidupan kita. Banyak hal yang bisa dilakukan ketika pagi hari, namun yang sangat penting anda bisa melakukan olahraga pagi. Olahraga yang dapat dilakukan adalah berlari, bahkan anda juga bisa menikmati udara yang sejuk dipagi hari. Banyak sekali manfaat olahraga pagi hari yang dapat menyelamatkan dan merubah hidup anda. Berikut ini hal postif yang bisa dirasakan.

1. Membuat umur lebih panjang

Olahraga Pagi Hari - Membuat Umur Panjang
Olahraga Pagi Hari – Membuat Umur Panjang

Percaya atau tidak, rutin melakukan lari dipagi hari ketika udara masih sejuk dapat membuat umur anda lebih panjang. Sekalipun hanya melakukan lari pagi tapi sudah bisa memberikan dampak yang besar untuk hidup anda. Sebuah penelitian mengatakan, ketika anda membiasakan diri berjalan sebanyak 56 Km dalam satu minggu maka akan membantu mengurangi resiko kematian sampai 54%. Hal ini akan memberikan dampak yang luar biasa juga ketika anda mau melakukan lari pagi dan menghirup udara yang segar belum terpapar polusi.

2. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga Kesehatan Jantung Anda
Menjaga Kesehatan Jantung Anda

Lari pagi yang dilakukan ketika udara masih bersih dan segar juga akan menjaga kesehatan jantung anda. Berlari kecil atau jogging akan membuat jantung anda bekerja dengan optimal untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh. Belum lagi ketika dilakukan pagi hari dimana anda menghirup oksigen segar dan bersih yang akan dialirkan pada seluruh tubuh, tentu saja jantung akan bekerja semakin sempurna. Jika jantung sudah bekerja optimal dan sempurna maka akan menjadi sehat.

3. Membantu menguatkan tulang

Menjaga Kesehatan Tulang Anda
Menjaga Kesehatan Tulang Anda

Tidak hanya bisa digunakan untuk menyehatka jantung, olahraga lari pagi juga bisa membantu untuk menguatkan tulang anda. Tidak peduli apa nama olahraganya, tetapi selama dilakukan dengan baik dan benar maka bisa membantu menguatkan tulang. Hal ini sangat dibutuhkan, apalagi ketika umur anda sudah semakin bertambah dan kekuatan tulang juga akan semakin berkurang. Untuk itu dibutuhkan berolahraga sekalipun hanya berlari kecil setiap pagi tetapi tetap merupakan manfaat olahraga pagi hari yang besar.

4. Membantu memberikan tidur yang berkualitas

Tidur yang berkualitas
Tidur yang berkualitas

Olahraga dipagi hari juga bisa membuat tidur anda berkualitas. Hal ini dikarenakan ketika anda berolahraga pagi maka tubuh akan merasa lebih tenang dan nyaman, bahkan racun juga bisa keluar melalui keringat. Jika tubuh anda merasa tenang dan tidak merasakan stress maka ketika tidur juga akan lebih tenang lagi. Kualitas tidur yang bagus, pikiran yang jauh dari stress maka bisa membantu anda untuk hidup lebih sehat serta memiliki pikiran yang positif.

5. Membantu membakar kalori

Membantu Membakar Kalori
Membantu Membakar Kalori

Sebenarnya apapun jenis olahraganya akan memberikan manfaat untuk membakar kalori di dalam tubuh. Olahraga pagi juga menjadi salah satu bagian yang penting untuk dilakukan. Ketika anda berolahraga pagi dan menggerangkan kaki maka kalori di dalam tubuh akan terbakar menjadi energy. Hal ini penting dan dibutuhkan tubuh, sebab jika kalori anda tidak dibakar maka bisa menumpuk menjadi lemak jahat dan memberikan anda beberapa resiko penyakit. Bukan hanya penyakit saja, tubuh anda juga akan memiliki postur yang kurang menarik sehingga dapat merusak penampilan anda. Untuk itu, lakukan olahraga pagi sekalipun hanya sebentar untuk membantu melancarkan pembakaran kalori yang ada di dalam tubuh.

6. Menguatkan otot

Membantu Menguatkan Otot
Membantu Menguatkan Otot

Olahraga pagi dengan lari kecil sekalipun sederhana tidak bisa dianggap sepele begitu saja, hal ini dikarenakan manfaatnya yang cukup besar. Selanjutnya ketika anda sering melakukan lari pagi maka, manfaat olahraga pagi hari tersebut adalah membantu menguatkan otot. Tidak perlu melakukan olahraga berat untuk membuat otot terlihat lebih besar dan kuat, tetapi cukup melakukan olahraga pagi yang rutin akan membuat otot anda menjadi kuat. Jika otot anda kuat maka masalah sakit pada persendian juga bisa berkurang dan aktivitas anda juga menjadi lebih lancar lagi.

7. Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga Daya tahan Tubuh
Menjaga Daya tahan Tubuh

Daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Jika anda memiliki daya tahan tubuh yang bagus maka segala macam penyakit juga akan sulit datang. Nah, daya tahan tubuh yang kuat bisa saja datang ketika anda sering menjaga kesehatan salah satunya dengan melakukan olahraga lari pagi. Sekalipun sederhana tetapi mampu membuat jantung lebih sehat dan organ dalam tubuh lainnya juga sehat. Jadi otomatis segala macam penyakit tidak akan betah berada di tubuh yang sehat.

8. Membantu menghindari nyeri otot

membantu mengatasi Nyeri Otot
membantu mengatasi Nyeri Otot

Ketika lari pagi maka tubuh anda akan terbiasa begerak di udara yang sejuk, hal ini bisa membantu menghindarkan anda dari masalah nyeri otot. Sendi yang sering digunakan untuk bergerak akan menjadi elastis, begitu juga dengan otot anda. Selain membantu menyehatkan, olahraga lari pagi juga akan membantu anda merasa nyaman dengan tubuh anda.

artikel manfaat olagraga lainnya

Itulah beberapa manfaat olahraga pagi hari. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih.