Inidia Cara Mudah Menurunkan Kadar Kolesterol

Posted on

Cara Mudah Menurunkan Kadar Kolesterol – Kolesterol pasa saat ini disebut sebagai salah satu jenis penyakit yang sangat mudah sekali ditemukan pada kebanyakan masyarakat, tetapi memang semua manusia memiliki kadar kolesterol didalamnya. Kolestero itu sendiri merupakan suatu metabolit yang didalamnya terkandung lemak sterol yang ditemukan didalam membran sel dan kemudian disirkulasinkan pada plasma darah. Kolesterol yang sudah biasa disebut dengan salah satu penyakit yaitu suatu keadaan dimana kadar kolesterol yang ada di dalam darah sudah melampaui batas kadar normal. Tingginya kadar kolesterol yang ada didalam tubuh manusia menjadi salah satu pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Sebelum kita membahas lebih jauh, perlu anda ketahui juga bahwa kolesterol ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Ada dua jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh manusia, diantaranya yaitu kadar kolesterol LDL dan juga kadar kolesterol HDL. Jenis kolesterol LDL merupakan jenis kolesterol yang bisa membahayakan kesehatan tubuh, sedangkan jenis kolesterol HDL merupakan jenis kolesterol yang memiliki fungsi melarutkan kadar LDL dalam tubuh. Batas normal kadar kolesterol didalam tubuh yaitu sekitar 160-200 Mg saja.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Menurunkan Kadar Kolesterol

Pada saat ini masalah kolesterol tidak hanya dapat menyerang orang tua saja, ternyata anak anak pun juga bisa terserang masalah kolesterol tinggi. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan adanya asupan makanan yang tidak terjaga serta tidak sehat, terutama jenis makanan yang berlemak. Semakin banyak asupan jenis makanan yang berlemak yang masuk di dalam tubuh anda, maka penumpukan lemak bisa semakin tinggi dan akan mempertinggi kadar kolesteroldi dalam tubuh anda. Contoh jenis makanan yang berlemak tersebut diantaranya yaitu daging kambing, gorengan, susu, dan masih banyak lagi.

Pada saat kadar kolesterol di dalam tubuh tinggi maka bisa menimbulkan terjadinya penyumbatan aliran darah. Tentunya timbunan lemak jahat tersebut bisa mengganggu suplai asupan makanan menuju jantung. Hal itu juga bisa menimbulkan penyakit jantung dan juga stroke. Masalah kadar kolesterol tinggi sering sekali dikaitkan dengan meraka yang memiliki tubuh besar atau obesitas. Tetapi ternyta orang kurus pun juga bisa mengalami kadar kolesterol tinggi apabila asupan jenis makanan yang masuk dalam tubuh tidak di jaga. Pada saat anda sudah terlanjur memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh anda, maka sebaiknya anda mulai menjaga dan juga mengatur asupan makanan seta merubah pota hidup yang lebih sehat. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami.

1. Mengkonsumsi air jeruk nipis secara rutin

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah buahan yang memiliki kandungan flavonoid yang sangat tinggi. Kandungan flavonoid yng ada di dalan buah jeruk nipis ini bisa bertindak sebagai zat anti-oksidan yang sangat kuat sekali. Zat anti-oksidan tersebut mampu melindungi tubuh anda dari bahaya radikal bebas. Terutama molekul tidak setabil yang bisa merusak sel sel sehat dalam tubuh. Untuk itu anda hanya cukup mengkonsumsi air jeruh nipis yang telah di campur dengan segelas air hangat secara rutin di pagi hari saat setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Lakukan cara tersebut secara rutin setiap hari agar kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh anda bisa segera berkurang.

2. Minum jus buah anggur

Jus Buah anggur juga bisa menghasilkn zat anti-oksidan yang sanat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. Kandungan anti-osidan tersebut umumnya seperti piceatannol dan juga resveratrol, kemudian menghasilkan fitonutrien di dalam buah anggur yang sudah banyak dibuktian sebagai zat anti mikroba. Selain tiu anggur juga memiliki flavonoid di dalamnya yang tentu saja bisa bertindak sebagai zat anti-oksidan. Dengan mengkonsumsi jus buah anggur secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

3. Minum jus buah jambu merah

Buah jambu merah di dalamnya terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi tersebut diantaranya yaitu zat anti-oksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Dengan ada banyaknya kandungan nutrisi tersebut tidak heran jika buah jambu merah ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, selai itu juga bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan salah satunya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol jaha di dalam tubuh. Caranya sangat mudah sekali anda perlu mengkonsumsi jus buah jambu merah setiap hari secara rutin.

4. Kulit manggis

Buah manggis ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik sekali bagi kesehatan. Tidak hanya buahnya saja ternyata kulit buah maggis ini juga sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. Kulit manggis ini didalamnya terdapat kandungan xantone yang merupakan salah satu bahan aktif sebagai zat anti-oksidan dan juga zat anti kanker yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan vitamin C dan juga vitamin D. Anda bisa memilih untuk mengkonsumsi ekstak kulit manggis yang sudah banyak beredar di masyarakat atau anda bisa membuat ramuan sendiri dengan membuat ramuan dari kulit buah manggis.

5. Mengkonsumsi biji bijian utuh

makanan biji bijian utuh memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi sekali dan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh dan berkembang dengan sangat baik untuk mencegah efek dari terjadinya radikal bebas baik itu dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh. Berbagai jenis biji bijian utuh sangat penting sekali untuk kesehatan tubuh dan bisa menyediakan berbagai kandungan nutrisi seperti kandungan protein, fiber, magnesium, zat besi, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium, dan yang lainnya.

6. Mengkonsumsi jenis makanan kaya akan omega 3

kandungan omega 3 ini memiliki manfaat dan juga khasiat yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh. Terutama bagi anak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Jenis makanan yang didalamnya kaya akan kandungan omega 3 diantaranya yaitu ikan salmon, ikan tuna, dan masih banyak yang lainnya.

7. buah alpukat

jenis buah buahan yang satu ini memang memiliki manfaat dan juga khasiat yang banyak sekali bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Buah alpukat juga memiliki kandungan karbihidrat yang bisa memberikan efek mengenyangkan, jadi untuk anda yang sedang menjalankan program diet buah alukan ini bisa menjadi salah satu menu andalan anda.

8 . mengkonsumsi oatmeal

jenis makanan yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya, salah satunya yaitu kandungan serat yang sanggup menghambat penyerapan kolestero LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk itu mulai lah untuk menjadikan jenis makanan yang satu ini sebagai salah satu menu sarapan anda agat kadar koleterol jahat dalam tubuh anda bisa berkurang.

9. Olahraga

olahraga ini diperlukan tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja. Telah dibuktikan bahwa dengan berolahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang bersifat berat cukup berolahraga ringan saja seperti misalnya jalan sehat, jogging, bersepeda, dan berenang.