Inilah 14 Manfaat Daun Beluntas Yang Luar Biasa Agar Tetap Sehat

Posted on

Manfaat Daun Beluntas Yang Luar Biasa – Pernahkah anda mendengar tentang daun beluntas? Daun tersebut memang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Banyak orang yang mengabaikannya karena memang sekilas tampak seperti rumput liar. Padahal, manfaat daun beluntas ini cukup luar biasa, sebab anda bisa menggunakannya sebagai obat untuk penyakit ringan dan penyakit berat.

Ada sederet masalah kesehatan yang bisa anda selesaikan dengan menggunakan daun beluntas. Apalagi terdapat efek famakologis sehingga dapat mengatasi bau mulut, reumatik dan juga keputihan. Untuk masalah kesehatan yang serius, daun beluntas secara efektif dapat digunakan untuk penderita tuberculosis.

Inilah Manfaat Daun Beluntas Yang Luar Biasa Agar Tetap Sehat
Inilah Manfaat Daun Beluntas Yang Luar Biasa Agar Tetap Sehat

Memang, beluntas adalah tanaman semak. Beluntas sama halnya seperti rumput yang bisa tumbuh subur tanpa harus dibudidayakan. Anda bisa menggunakan tanaman beluntas untuk pengobatan dengan cara ditanam di rumah. Menanamnya adalah dengan cara di stek. Rasanya menarik jika memiliki pagar rumah dengan tanaman obat ini.

Tentang Daun Beluntas

Nah, sebelum mengetahui lebih lanjut tentang apa saja khasiat dari daun beluntas, anda bisa mengetahui terlebih dahulu tentang daun beluntas dan ciri-cirinya. Nama latin daun beluntas adalah Pleuchea Indica dengan family Compositae. Selain tekstur daunnya yang begitu khas, anda bisa menghirup aromanya yang sengir. Jika dikonsumsi, maka daunnya akan terasa getir.

Ciri-ciri daun beluntas adalah batangnya yang banyak cabang, daunnya yang rimbun, dan warna daunnya yang begitu hijau ketika masih muda yang kemudian akan memudar ketika tua. Daun beluntas juga bertekstur kasar di bagian permukaannya, di bawah daun. Berbeda dengan permukaan daun di bagian atasnya yang lebih lembut. Pada tepi daunnya terdapat banyak ujung runcing, sedangkan panjang daun hanya sekitar empat sampai enam cm.

Mengapa Daun Beluntas Bermanfaat Untuk Kesehatan

Terdapat banyak vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh tersedia di daun beluntas. Anda bisa menemukan vitamin A, C, dan juga asam amino pada daun ini. Kemudian, daun beluntas juga mengandung mineral penting seperti zat fosfor, kalsium, magnesium, dan juga natrium. Senyawa yang penting didalamnya adalah alkaaloida, tannin, minyak atsiri dan terakhir adalah flavonoid.

Dengan efek fermakologis pada daun beluntas, maka anda bisa menggunakannya sebagai obat untuk penyakit tertentu. Sebagai anti bakteri dan kandungan efek stomakik didalamnya juga dapat membuat seseorang memiliki nafsu makan yang lebih tinggi dibanding sebelumya.

Manfaat Daun Beluntas Untuk Berbagai Penyakit

1. Obat TBC di Kelenjar Leher

Anda bisa menggunakan cara tradisional untuk mengatasi TBC. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menumbuk daun dan juga batang beluntas sampai benar-benar lembut. Cara lainnya adalah dengan diekstrak. Bahan alami ini akan lebih efektif jika dicampur dengan rumput laut serta ekstrak gelatin yang bisa didapatkan dari kulit sapi. Kemudian, semua bahan harus dikukus sampai mendapatkan tekstur yang lembut. Ramuan ini adalah ramuan yang cukup efektif yang bisa anda konsumsi setiap hari sampai penyakit anda benar-benar hilang.

2. Obat Rematik

Rematik dapat dituntaskan dengan menggunakan daun beluntas. Daun beluntas dapat meredakan nyeri pada rematik. Cara menggunakan daun ini sebagai obat juga terbilang sederhana. Yang perlu anda lakukan adalah dengan merebus segenggam daun dengan air bersih. Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan merebus 15 gram akar beluntas. Jika sudah mendidih, jangan diangkat dulu agar air rebusan tersisa setengahnya. Kemudian, biarkan, dan saring. Minum airnya ketika sudah dingin. Rebusan air daun beluntas ini dapat diminum secara rutin setiap hari sampai benar-benar sembuh.

3. Obat Bau Badan Dan Bau Mulut

Untuk seseorang yang memiliki masalah bau badan dan juga bau mulut, daun beluntas dapat dimanfaatkan sebagai obat alami. Masalah bau badan dan juga bau mulut adalah masalah yang serius, tidak bisa diremehkan, sebab selain membuat penderita tidak nyaman dan kurang percaya diri, orang-orang disekelilingnya juga bisa terkena dampaknya.

Daun beluntas bisa digunakan untuk membuat badan dan bau mulut lebih segar dan harum. Caranya, siapkan daun beluntas yang masih segar dan sudah dicuci bersih. Anda bisa menggunakannya sebagai lalapan atau juga dikonsumsi sebagai sup beluntas.

4. Obat Pegal Linu

Manfaat daun beluntas berikutnya adalah untuk mengatasi pegal linu. Pegal linu muncul dengan rasa pegal-pegal dan capek. Seseorang yang memiliki masalah pegal linu bisa menggunakan daun beluntas dengan mudah.

Caranya, siapkan daun beluntas yang masih segar, tidak muda dan tidak tua untuk direbus. Rebusan daun beluntas bisa disaring dan diminum secara rutin yaitu tiga kali sehari.

5. Obat Keputihan

Tidak sedikit wanita yang memiliki masalah dengan keputihan, pra menstruasi dan lainnya. Mengunakan daun beluntas sangat efektif jika ingin menuntaskan masalah keputihan.

Caranya juga tergolong mudah, yaitu dengan menyiapkan 20 lembar daun beluntas. Tambahkan juga akar tanaman tapak liman. Semua bahan tersebut harus direbus bersama dengan dua gelas air. Pastikan air rebusan sampai mendidih dan benar-benar tersisa setengahnya. Saring dan biarkan dingin. Anda bisa meminum ramuan ini secara rutin yaitu saat pagi hari dan malam hari. Cara ini adalah cara yang alami namun cukup bermanfaat untuk mengusir masalah keputihan.

6. Obat Perut Kembung

Anda juga dapat memanfaatkan daun beluntas untuk mengatasi masalah kembung. Kembung terjadi akibat gas tidak bisa keluar dan hanya berada di area lambung. Itulah mengapa dibutuhkan obat yang dapat mengeluarkan gas tersebut. Cara terbaik dan aman adalah dengan menggunakan daun beluntas.

Cara menggunakan daun beluntas untuk perut kembung juga sederhana. Anda hanya perlu merebus segenggam daun beluntas. Merebusnya juga harus menggunakan dua gelas air. Kemudian, rebus sampai benar-benar mendidih hingga air tersisa setengahnya. Jika sudah, anda bisa mengangkat, dan menyaringnya. Air rebusan yang sudah dingin bisa diminum segelas sampai habis. Cara ini juga harus dilakukan secara rutin agar perut lega sampai kembung benar-benar hilang.

7. Obat Nyeri Pinggang

Gangguan kesehatan yang paling sering dan cukup mengganggu rutinitas yang anda lakukan adalah nyeri pinggang. Nyeri pinggang bisa diselesaikan bahkan hanya dengan menggunakan obat tradisional. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan merebus daun beluntas segenggam dan juga air bersih secukupnya. Biarkan sampai benar-benar mendidih selama beberapa menit dan airnya sampai tersisa setengahnya. Rebusan ini bisa diangkat dan didiamkan untuk kemudian disaring. Air rebusan tersebut juga dapat diminum secara rutin setiap harinya. Minum ketika airnya sudah dingin.

8. Obat Gangguan Pencernaan

Apakah anda memiliki masalah pencernaan? Atau mungkin si kecil sedang mengalami pencernaan yang bermasalah? Anda bisa menggunakan daun beluntas untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Caranya adalah dengan menyiapkan 10 lembar daun beluntas yang sudah dicuci bersih dengan air. Kemudian, tumbuk daun beluntas tersebut sampai benar-benar halus. Campur tumbukan dengan bubur nasi yang sudah anda buatkan, kemudian berikan pada buah hati anda.

9. Obat Nyeri Haid

Nyeri ketika menstruasi adalah masalah banyak wanita. Ketika anda sudah mencoba berbagai cara lainnya dan tetap tidak ada hasil, maka tidak ada yang salah jika anda mencoba ramuan yang satu ini yaitu dengan menggunakan daun beluntas.

Hampir sama dengan mengobati masalah lainnya, anda bisa menggunakan daun beluntas untuk direbus dan diminum air rebusannya secara rutin agar dapat mengurangi rasa nyeri karena haid.

10. Obat Demam

Pada anak, memberikan obat demam adalah cara yang efektif untuk menurunkan demam. Namun, efek samping pada obat demam yang meskipun aman tetap ada. Ketika bahan kimia sudah masuk ke dalam tubuh anak, maka dalam jangka panjang ada saja bagian tubuh yang akan terkena imbasnya, misalnya saja pada ginjal. Ketika obat kimia masuk ke dalam tubuh meskipun hanya untuk meredakan demam, maka ginjal akan bekerja ekstra untuk memfilter dan membuang senyawa-senyawa yang tidak diperlukan lagi.

Itulah mengapa, akan lebih baik jika anda tidak sedikit-sedikit memberikan obat penurun panas pada anak. Jika demamnya ringan, maka anda bisa tetap menjaga kesehatan si kecil, menurunkan demamnya dengan cara-cara yang alami saja. Misalnya, anda bisa menggunakan daun beluntas.

Cara menggunakan daun beluntas untuk menurunkan panas adalah dengan menyiapkan 15 gram daun tersebut untuk direbus dengan menggunakan satu gelas air. Rebus sampai mendidih dan saring. Jika sudah hangat, anda bisa memberikannya pada si kecil untuk diminum. Obat ini harus diberikan secara rutin selama demam agar demam cepat turun.

11. Obat Anti Bakteri

Bakteri bisa menyebabkan masalah pada kesehatan seseorang seperti infeksi dan lainnya. Davis Stout melakukan penelitian tentang manfaat daun beluntas dan hasilnya pun cukup mengejutkan. Daun beluntas ternyata memiliki kandungan yang efektif untuk dapat melawan serangan bakteri patogen yang sering merugikan manusia seperti staphylococcus eureus, bacillus cereus dan juga E.coli. Menggunakan ekstrak daun beluntas adalah solusi tepat agar dapat mencegah keracunan makanan karena infeksi yang disebabkan oleh semua bakteri tersebut.

12. Obat Gigi

Manfaat lainnya dari daun beluntas adalah untuk membuat gigi tetap sehat. Cara yang dilakukan pun cukup sederhana. Anda bisa mencoba mengunyah daun beluntas agar tetap kuat. Kandungan fosfor dan kalsium pada daun beluntas akan sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi anda. Dengan mengunyah daun beluntas, maka anda juga akan lebih mudah menjaga gigi tetap bagus, tidak berlubang dan bersih. Akan tetapi, anda juga harus rajin merawat gigi seperti rajin menggosok gigi, pastikan pula menggosok gigi ketika hendak tidur.

13. Obat Sakit Kulit

Daun beluntas dapat digunakan untuk mengobati sakit kulit. Penyakit kulit dapat diatasi dengan menggunakan daun beluntas karena kandungan antibakteri dan juga antioksidan didalam daun tersebut cukup tinggi. Caranya juga sederhana, sebab anda tinggal meminum air rebusan daun beluntas secara rutin selama sakit.

Baca juga manfaat daun lainnya :

14. Obat Nafsu Makan

Selain kesal dan jengkel, sebagai ibu mungkin anda akan merasa sedih dan bingung ketika si kecil mulai malas makan. Gerakan mogok makan yang mereka lakukan tentu akan membuat anda resah. Bahkan, anda sudah rela menghabiskan banyak tenaga untuk memasak menu yang menarik dan mereka sukai, tapi tetap saja mereka menolak.

Menggunakan obat nafsu makan yang tersedia di pasar dan dikemas dengan bagus memang lebih praktis, akan tetapi sudah pasti terdapat tambahan sesuatu agar obat dalam kemasan bisa awet berbulan-bulan. Inilah yang disayangkan jika anda menjejalkan obat nafsu makan pada anak dengan membelinya. Berbeda sekali jika anda menggunakan cara alami dengan memetik daunnya yang masih segar, memberikan minuman tersebut langsung setelah dibuat, sehingga lebih aman dan tentu lebih sehat.

Memberikan rebusan air beluntas pada anak ternyata dapat meningkatkan nafsu makan. Akan tetapi, cara ini harus dilakukan secara rutin.

Nah, bagaimana? manfaat daun beluntas memang cukup banyak. Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai obat untuk keluarga agar dapat menjaga kesehatan dengan cara yang alami. Karena sehat itu mahal, akan lebih baik memberikan pencegahan yang alami pula, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *