Inilah 6 Obat Alami Batuk Berdahak

Posted on

obat alami batuk berdahakbatuk merupakan salah satu dari reaksi sistem pertahanan tubuh manusia untuk mengeluarkan kandungan zat asing atau juga kuman dari dalam tubuh khususnya pada bagian sistem pernapasan. batuk ini secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu jenis batuk yang berdahak dan juga jenis batuk tidak berdahak. pada artikel ini kita akan membahan tentang obat alami untuk mengatasi batu yang berdahak.

batuk berdahak
batuk berdahak

batuk berdahak adalah salah satu batuk yang telah di sebabkan oleh adanya infeksi pada organ paru paru seseorang. hal tersebutlah yang dapat menyebabkan produksi dahak menjadi lebih banyak dari jumlah dahak biasanya atau tidak normal. sehingga pada saat batuk bisa mengeluarkan dahak pada tenggorokan. batuk juga merupakan suatu mekanisme yang alami pada tubuh yang berguna untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan sahingga sistem pernapasan bisa mejadi lebih lega.

cara untuk mengobati batuk berdahak yang bisa di kakukan oleh banyak orang pada umumnya memilih untuk mengkosumsi obat batuk yang di jual di toko toko dan juga apotek atau juga obat dari resep dokter. seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa batuk adalah suatu jenis penyakit yang pada umumnya banyak menyerang anak anak hingga orang dewasa. penyebab dari timbunya penyakir batuk ini pun bisa di sebabkan oleh beberrapa faktor, ada jenis batuk yang di sebabkan karena adanya benda asing yang telah masuk ke dalam saluran tenggorokan dan ada juga penyakit batuk yang di sebabkan oleh adanya suatu penyakit tertentu yang telah di derita. maka jika anda menderita penyakit batuk yang berkepanjangan baik itu penyakit batuk berdahak maupun batuk yang tidak berdahak,sebaiknya anda perlu mewaspadainya,karena bisa saja batung yang sedang anda derita di sebabkan oleh adanya penyakit seperti misalnya ada gangguan pada organ paru paru anda atau bahkan penyakit kanker tenggorokan.

terjadinya batuk berdahak secara umum bisa di sebabkan oleh beberapa faktor seperti pilek, sinusitis, serta juga pneumonia. tetapi adanya betuk juga bisa menjadi salah satu gejala atau tanda tanda adanya penyakit yang lainnya seperti penyakit asma dan juga bronkitis kronis. seseorang yang memiliki kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok serta juga memiliki sistem imun yang sangat rendah bisa lebih mudah terkena penyakit batuk. sebelum kita membahas tentang jenis obat alami batuk berdahak sebaiknya kita mengetahui terlebih dulu apa saja faktor faktor yang bisa menyebabkanseseorang terserang batuk berdahak. berkut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya batuk berdahak. diatanya yaitu sebagai berikut:

  • adanya infeksi pada saluran pernapasan

salah satu penyebab terjadinya batuk berdahak yaitu adanya infeksi pada saluran pernapasan yang di sebakan oleh virus dan juga bakteri di saluran pernapasan.

  • flu yang berat atau parah

jika anda mengalami flu yang sangat berat itu juga merupakan salah satu kodisi yang dapat memicu timbulnya batuk berdahak. selain dapat mengganggu, terserang flu dan juga batuk berdahak bisa membuat anda merasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas anda.

  • terjadi peradangan atau inflamasi pada saluran perapasan

selain hal tersebut bisa menyebabkan timbulnya batuk yang tidak berdahak, inflamasi atau juga peradangan pada saluran pernapasan bisa menyebabkan anda terkena penyakit batuk berdahak.

  • kadar asam lambung yang meningkat

meningkatnya kadar asam lambung juga bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit batuk berdahak. tetapi faktor penyebab yang satu ini cenderung relatif kecil bisa menyebabkan munculnya batuk berdahak.

  • asap rokok, asam kendaraan, serta juga polusi

jika anda terlalu sering menghirup asap rokokjuga bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit batuk, baik itu batuk berdahak maupun batuk tidak berdahak. selain itu, bagi anda yang sering terkena asap kendaraan dan juga polusi juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan saluran perapasan anda.

cara dan kenis obat alamu untuk penyembuhan batuk berdahak

setelah anda sudah mengetahu apa saja faktor yang dapat menyebabkan terjadinya batuk berdahak, selanjutnya kita akan membahas tentang jenis obat obatan alami untuk emgantasi penyakit batuk berdahak yang bisa anda temukan di lingkungan sekitar anda. di bawah ini merupakan penjelasan tentang obat alami yang bisa menyembuhkan penyakit batuk berdahak. diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. jeruk nipis, madu dan juga kecap

ramuan camuran antara jeruk nipis, madu, dan juga kecap memang sudah di kenal sejak dulu sebagai obat alami atau tradisional yang sangat ampuh sekali.dan sudah banyak juga di gunakan sejak puluhan tahun yang lalu untuk dapat membantu mengobati batuk berdahak. jika anda yang tidak menyukai kecap, anda bisa menggantinya dengan menggunakan madu murni.ramuan ini di percaya sangat ampuh sekali dan juga sudah terbuk ti dapat mengobati betuk berdahak dengan aman tana menimbulkan efek buruk untuk kesehatan tubuh anda.

cara pegobatan batuk berdahak dengan menggunakan jeruk nipis, madu dan juga kecap caranya sangat mudah sekali, yaitu ambil beberapa buah jeruk nipis, lelu potong jeruk tersebut menjadi dua bagian. peras jeruk nipis tersebut lalu ambul airnya. kemudian campurkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan kecap secukupnya atau kuga bisa dengan menggunakan madu jika anda tidak suka dengan kecap. minumlah ramuan tersebut secara rutin setiap hari minimal sebanyak 2 kali dalam satu hari sampai batuk berdahak anda benar benar hilang.

2. jahe dan kecur

jehe dan juga kencur merupakan tanaman rempah rempahan yang di ketahui memiliki manfaat yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh. di dalam jahe ini terdapat kandungan zat anti-bakteri yang berkhasiat untuk membuat tubuh anda menjadi terasa lebih hangat. selain itu, jehe ini juga bisa bermanfaat untuk di jadikan sebagai obat alami penyakit batuk berdahak yang sedang anda alami. bagi anda yang saat ini sedang mengalami batuk bardahak sangat di sarankan sekali untuk meminum air sari jahe dan juga kencur minimal 2 kali dalam satu hari secara rutin.

cara untuk menggunakan jahe dan juga kencur ini sebagai obat alami batuk berdahak yang sedang anda derita caranya sangat mudah sekali yaitu anda perlu melakukan hal berikut. sediakan jahe atau kencur sebanyak 2 ruas atau lebih, kemudian iris iris jehe atau kencur tersebut menjadi beberapa bagian. kemudian masukan irisan jahe atau kencur kedalam rebuasan air tinggu hingga mendidih. setelah itu angkat dan saringlah air rebusan jahe atau kencur tersebut kedalam gelas. minumlah air rebusan jahe atau kencur tersebut setidaknya 1 kali dalam sehati secara rutin agar betuk berdahak yang sedang anda derita saat cepat terobati.

3. daun sirih dan jahe

daun sirih selain bisa bermanfaat untuk mengobati sakit mata, ternyata juga bisa di manfaatkan untuk di jadikan sebagai obat alami batuk berdahak yang sedang anda derita. daun sirih dan jehe ini tidah kalah ampuhnya dengan jenis obat alami yang lainnya untuk di jadikan obat alami batuk berdahak.untuk dapat mengguakan daun sirih ii sebagai obat batuk berdahak yang sedang anda derita anda perlu menyiapkan dan melakukan hal berikut.

pertama siapkan dulu bahan bahanya sperti daun sirih dan juga jahe secukupnya. lalu rebuslah daun sirih beserta jahe yang sebelumnya sudah di potong potong tersebut kedalam air. tinggi air rebusan tersebut hingga mengigih setelah itu angkat dan saringlah. setelah selesai minumlah air rebusan daun sirih dan jahe tersebut secara rutin minimal sehati satu kali agar batuk berdahak yang sedang anda derita cepat sembuh serta juga tubuh anda bisa bertambah hangat dengan mengkonsumsi air jahe tersebut.

4. daun kemagi

daun kemangi ternyata juga bisa di jadikan sebagai obat tradisional yang sangat ampuh sekali untuk mengobati penyakit batuk yang berdahak yang sedang anda derita. selain itu daun kemangi ini juga bermanfaat juga dapat mengencerkan dahak serta juga dapat mengeluarkanya. cara membuat ramuan obat batuk berdahak dengan menggunakan daun kemangi yaitu sebagai berikut.

siapkan daunkemangi sebanya satu genggam yang masih segar lalu rebus lah daun kemandi tersebut kedalan satu gelas air. tuggu hingga rebusan tersebut mendidih dan kemudian angkat dan di dinginkan. setelah itu saring air rebusan tersebut dan minumlah air ramuan tersebut selagi masih hangat. minumlah ramuan tersebut 2 sampai 3 kali sehari secara teratur sampai batuk berdahak anda sembuh. selain itu, daun kemangi ini juga bisa anda jadikan sebagai lalapan atau di makan secara landsung.

5. minum air hangat

penyakit batuk berdahak juga bisa di atasi atau di obati dengan mengknsumsi ait hangat secara rutin setiap hatinya. air hangat ini bisa bermanfaat mambu menbantu untuk mengencerkan dahak yang sangat kental sekali sehingga betuk berdahak yang sedang anda derita bisa berangsur angsur akan sembuh atau reda.cara pengobatan alami dengan mengkonsumsi air hangat ini sangat efektif dan juga sangat aman tanpa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh anda. dengan demikian sangat di saran kan sekali untuk para ibu yang sedang mengandung jika terkena penyakit batuk berdahak ini untuk menggunakan cara pengobatan alami seperti ini.

6. minum teh jahe

obat batuk herbal atau alami untuk menyembuhkan penyakit batuk berdahak selajutnya yaitu dengan menggunakan wedang teh jahe. minuman teh jahe ini di percaya sangat efektif dapat mengatasi masalah penyakit batuk berdahak maupun juga batuk kering atau tidak berdahak. rasa hangat yang di hasilkan oleh jahe ketika anda mengkonsumsinya dapat bermanfaat untuk obat batuk berdahak alami selain itu juga bisa bermanfaat untuk mengencerkan dahak serta juga mengeluarkan dahak yang sudah menumpuk.

cara prngobatan alami penyakit batuk berdahak ini sangat mudah sekali yaitu dengan menyiapkan dulu beberapa jahe, lalu parut jahe tersebut secukupnya kemudian peraslah jahe yang telah di parit tersebut hingga mengeluarkan sari. setelah itu tambahkan sari jahe tersebut dengan segelas air hangat jika sudah selesai lalu minumlah. dengan secara teratur meminum minuman teh jahe ini setiap hari sebanyak 2 kali yaitu pada pagi hari dan juga malam hari sebelum tidur dapat bermanfaat menghangatkan badan anda serta mengobati penyakit batuk berdahak yang sedang anda derita. ramuan obat ini juga sangat aman untuk di minum anak anak serta juga ibu ibu yang sedang hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *