Inilah Alasan Mengapa Pentingnya ASI Bagi Bayi

Posted on

ASI eksklusif yang diberikan kepada bayi yang baru lahir kedunia hingga bayi sudah berusia enam bulan atau lebih, selama didalam periade tersebut, si Bayi hanya diberikan air susu ibu (ASI) saja. Tanpa ada tambahan supan apa pun. Ada banyak sekali manfaat air susu ibu (ASI) yang bisa didapatkan si Bayi selama anda memberikan ASI ekslusif kepada buah hati anda.

Inilah Alasan Mengapa Pentingnya ASI Bagi Bayi
Inilah Alasan Mengapa Pentingnya ASI Bagi Bayi

Tidak ada lagi asupan makanan yang lebih baik untuk si Bayi selain asi. ASI adalah air susu yang di produksi secara alami oleh tubuh seorang ibu, ASI memuliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk tumbuh kembang Bayi, kandungan yang ada didalam ASI yaitu vitamin, protein dan lemak. Bentuknya pun lebih sangat mudah dicerna dari pada susu folmula.

Tidak hanya bermanfaat untuk Bayi. Memberikan ASI eksklusif juga mempunyai dampak yang positif bagi sang Ibu. Berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa si bayi dan juga para ibu jika menerapkan ASI eksklusif:

  • System kekebalan tubuh pada bayi menjadi lebih kuat. Air susu ibu(ASI) mengandung zat anti bodi yang dapat membantu melawan segala bakteri dan juga virus. Lalu, risiko terserang penyakit seperti, diare, infeksi pada telinga, infeksi saluran pernafasan, konstipasi, berkembang jadi mengidap penyakit diabetes tipe 2, atau meningitis lebih rendah dibandingkan bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif. Antibodi pada ibu juga dapat melindungi bayi dari serangan penyakit asma, alergi dan juga eksim.
  • Jika ingin memiliki anak yang cerdas, cobalah dengan memberi bibit jitu sejak bayi masih kecil yaitu dengan memberikan ASI eksklusif. Menurut para ahli. Asam lemak yang terkandung didalam ASI memiliki peranan yang sangat penting untuk kecerdasan otak si bayi. Selain itu, hubungan emosional antara ibu dan si kecil yang terjadi selama dalam proses menyusui mungkin dapat turut memberi kontribusi.
  • Berat badan yang ideal. Si bayi lebih mungkit tumbuh dengan bobot tubuh yang normaljika sibayi diberikan ASI eksklusif. Mengaa demikian. Para ahli mengemukakan bahwa air susu ibu mengnandung lebih sedikit insulin ketimbang pada susu formula. Sedangkan kandungan insulin bisa memicu pembentukan lemak.
  • Tulang pada bayi jadi lebih kuat. Bayi yang di beri susu ibu selama tiga bulan atau lebih memiliki tulang belakang dan juga tulang leher yang lebih kuat di bandingkan dengan bayi yang diberi ASI kurang dari tiga bulan.
  • Mendapat limpahan kandungan kolestrol. Pada orang yang sudah dewasa, kandungan kolestrol yaitu asupan kandungan yang tidak baik. Namun hal tersebut tidak berlaku pada bayi. Kandungan kolestrol sangat dibutuhkan si bayi untuk menjan tumbuh kembangnya dan juga zat seperti ini banyak ditemukan didalam ASI.
  • Dapat menguragi risiko terjadinya sindrom atau kematian bayi saat si bayi sedang tidur.
  • Hubungan si bayi dengan si ibu jadi lebih kuat. Pada saat sedang menyusui, ibu akan bersentuhan dengan kulit si bayi dan juda saling bertatap tatapan. Hal tersebut bisa memperkuat hubungan ibu dengan si bayi.
  • Tubuh menjadi lebih cepat langsing. Tahukah anda bahwa dengan cara menyusui dapat membakar kalori dalam tubuh. Kalori yang terpakai untuk menyusui dapat memcapai 500 kalori perharinya.
  • KB alami. Ovulasi dapat terhambat ketika ibu sedang memberikan ASI eksklusif. Agar mendapat manfaatnya. Para ibu sangat disarankan agar siap menyusuinya kapan pun ketika si bayi membutuhkanya.

Baca juga :

  1. Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil
  2. Buah Kesukaan Rasullulah ini Baik Bagi Ibu Hamil
  3. Manfaat Donor darah yg jarang di ketahui

Selama masa menyusui, para ibu disarankan untuk menjaga asupan yang masuk didalam tubuh ibu. Ditakutkan asupan tersebutd dapat mempengaruhi ASI dan akan berefek tidak baik pada kesehatan bayi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *