Inilah Manfaat Daun Belimbing Waluh Untuk Tetap Sehat Di Usia Senja

Posted on

Manfaat Daun Belimbing Waluh Untuk Tetap Sehat – Belimbing waluh atau belimbing wuluh memang masih sangat jarang digunakan untuk dikonsumsi sehari-hari. Tidak banyak orang yang sering mengolah buahnya untuk membuat masakan sayuran lebih menggoda. Akan tetapi, tahukah anda bahwa manfaat daun belimbing waluh cukup besar? Ya, daun belimbing waluh yang lonjong, hijau dan tidak terlalu besar ternyata bisa anda jadikan sebagai pengobatan. Namun, agar hasilnya lebih efektif maka sebaiknya pilihlah daun belimbing waluh yang segar.

Inilah Manfaat Daun Belimbing Waluh Untuk Tetap Sehat Di Usia Senja
Inilah Manfaat Daun Belimbing Waluh Untuk Tetap Sehat Di Usia Senja

Mengapa  manfaat daun belimbing waluh begitu besar? Alasannya karena memang daun tersebut cukup baik untuk kesehatan anda. Kemudian, kandungan senyawa yang ada pada daun belimbing waluh juga dapat menjadi obat yang mujarab untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Caranya pun juga mudah, sebab anda hanya perlu merebus daun tersebut, dihaluskan dan kemudian tambahkan dedaunan lainnya agar proses pengobatan bisa lebih maksimal. Bagian terpenting lagi adalah pengobatan menggunakan daun belimbing waluh memang sangat aman, tidak ada efek samping, sehingga anda tidak akan mengalami resiko buruk apapun jika ingin mencobanya.

Nah, apa saja sih manfaat daun belimbing waluh? Apa saja khasiatnya? Berikut adalah penjelasan terperinci tentang berbagai manfaat menggunakan daun belimbing waluh untuk kesehatan.

1. Mengobati Reumatik

Reumatik adalah penyakit yang menciptakan rasa ngilu atau nyeri di bagian tulang. Penyakit ini biasanya menyerang di bagian sendi, jaringan tubuh lainnya termasuk otot dan juga darah. Penyakit ini bisa muncul karena adanya peradangan ataupun berat badan yang berlebihan. Anda bisa menggunakan daun belimbing waluh sebagai obat untuk reumatik.

Cara menggunakan daun belimbing waluh untuk obat reumatik adalah menyiapkan segenggam daun belimbing waluh yang masih segar, kemudian cuci sampai benar-benar bersih. Tumbuk semua daun tersebut sampai benar-benar halus dan tuangkan kapur sirih secukupnya. Kedua bahan harus diaduk sampai rata dan gosokkan di bagian tubuh yang terasa nyeri dan sakit.

Atau, anda bisa menggunakan cara lainnya yaitu dengan menyiapkan 100 gram daun muda belimbing waluh, 15 biji merica, dan 10 biji cengkeh. Semua bahan dicampur dengan cara digiling sampai halus. Campur semua bahan tersebut di satu wadah dan tambahkan cuka secukupnya. Campur kembali agar tampak seperti adonan. Adonan yang sudah tercampur bisa digunakan sebagai olesan di bagian tubuh yang terasa sakit.

2. Mengobati Batuk

Apakah anda merasa bahwa akhir-akhir ini anda sering tidak fit dan batuk? Menggunakan daun belimbing waluh ternyata bisa mengatasi berbagai masalah batuk, termasuk batuk membandel. Daun ini bekerja dengan menciptakan rasa lega di bagian tenggorokan, kemudian mengobati tenggorokan sehingga gejala batuk dapat dikurangi.  Bahkan anda juga dapat menggunakan daun waluh jika ingin mencegah batuk menyerang anda.

Cara mengobati batuk dengan menggunakan daun belimbing waluh adalah dengan menhiapkan daun belimbing waluh terlebih dahulu sebanyak segenggam, kemudian bunga belimbing waluh dan juga dua buah belimbing waluh. Semua bahan tersebut harus direbus dengan menggunakan dua gelas air. Kemudian, tambahkan gula batu sesuai selera. Jika sudah mendidih dan air hanya tersisa setengahnya, maka anda bisa mengangkat dan menyaring untuk diambil air rebusan tersebut.

Air rebusan ini bisa diminum sampai batuk benar-benar sembuh.

3. Mengobati Panas Demam

Panas demam memang benar-benar mengkhawatirkan, terutama untuk si kecil yang masih rentan dengan daya tahan tubuh yang belum sempurna. Menggunakan daun belimbing waluh ternyata dapat membantu membuat panas demam cepat turun. Daun hijau tersebut cukup dijadikan sebagai bahan untuk kompres ketika suhu tubuh mulai naik.

4. Mencegah Diabetes

Manfaat daun belimbing waluh berikutnya adalah mencegah diabetes. Seseorang yang masih muda pun bisa terancam terkena diabetes karena kurangnya kepedulian terhadap faktor-faktor yang dapat menyebabkan diabetes. Nah, anda bisa menggunakan daun belimbing waluh untuk mencegah penyakit yang cukup serius ini.

Cara kerja daun belimbing waluh adalah dengan mengatur kadar gula dalam darah sehingga bisa dikatakan bahwa daun yang satu ini adalah daun anti diabetes.

5. Mengobati Pegal Linu

Pegal linu terjadi dengan munculnya rasa nyeri dan linu yang akan membuat aktiifitas anda sehari-hari jadi terhambat dan mungkin anda tidak bisa melakukan apapun karena tidak tahan dengan rasa sakitnya. Anda bisa menggunakan daun belimbing waluh sebagai solusi yang alami untuk mengatasi pegal linu.

Manfaat daun belimbing waluh untuk obat pegal linu adalah dengan menyiapkan segenggam daun belimbing waluh yang masih segar dan masih muda. Anda juga harus menyiapkan 15 biji lada, 10 biji cengkeh serta cuka sesuai selera. Campur semua bahan menjadi satu sampai benar-benar rata dan lumatkan menggunakan cuka. Bahan yang sudah jadi bisa dibalurkan ke area yang terasa sakit.

6. Mengobati Gatal Pada Kulit

Gatal pada kulit adalah hal yang remeh, seolah tidak ada yang serius dan cukup digaruk saja. Akan tetapi, rasa gatal yang terus-terusan tentu membuat seseorang tidak akan nyaman melakukan aktifitasnya. Ketika gatal pada kulit dibiarkan menjadi, maka ada potensi terkena infeksi. Sehingga, jaringan kulit pun bisa rusak.

Agar masalah ini berakhir, anda bisa menggunakan daun belimbing waluh. Caranya, cukup ambil beberapa helai saja yang masih segar dan haluskan. Kemudian, anda bisa menggunakan daun yang sudah dihaluskan tersebut untuk dioleskan di area kulit yang terasa gatal.

Menggunakan daun belimbing waluh untuk mengatasi gigitan sangat efektif. Daun belimbing waluh bisa mengatasi gatal-gatal karena gigitan serangga, penyakit eksim, kutu air, serangan bakteri dan jamur serta penyakit kulit lainnya.

7. Obat Anti Bakteri

Ada banyak tanaman-tanaman yang kaya dengan agen anti bakteri didalamnya, dan daun belimbing waluh adalah salah satunya. Sifatnya yang anti bakteri membuat daun tersebut dapat bekerja optimal untuk mengusir bakteri yang sudah masuk ke dalam tubuh anda. Sehingga, bakteri bisa dikeluarkan untuk mempercepat proses penyembuhan anda.

Daun belimbing waluh bisa anda gunakan sebagai cara untuk menangkal beberapa pertumbuhan bakteri seperti Corney Bacterium Dipthera, Bacillus Cereus, dan juga Staphylococcus Aureus.

8. Obat Sariawan

Sariawan yang menyerang anak-anak dan orang dewasa akan membuat penderitanya malas makan, tidak nyaman, dan sering mengeluh kesakitan. Sariawan yang mengganggu jika dibiarkan tanpa perawatan tentu juga akan berbahaya. Itulah mengapa anda bisa mencoba menggunakan daun belimbing waluh agar tetap aman dalam mencoba mengobati sariawan.

Hal ini disebabkan daun belimbing waluh bisa bekerja sebagai anti peradang. Ketika sariawan, anda bisa merebus daun belimbing waluh dan meminum air rebusannya. Efek anti pireutik pada air rebusan daun belimbing waluh dapat meredakan sariawan yang meradang. Jika terjadi peradangan lainnya karena masalah infeksi, anda juga bisa menggunakan daun tersebut.

9. Obat Anti Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya dan bahkan mematikan jika tidak mendapatkan penanganan yang serius sejak awal. Kanker bisa terjadi pada siapapun, karena pada dasarnya manusia terlahir dengan adanya sel kanker didalam tubuhnya. Sel tersebut bisa hidup secara normal dan bahkan abnormal, sehingga terjadilah perkembangan yang tidak bisa dikontrol oleh tubuh.

Jika anda ingin hari tua yang sehat tanpa adanya masalah penyakit seperti kanker, maka  anda bisa mencoba manfaat daun belimbing waluh. Hal ini dikarenakan daun belimbing waluh bisa bekerja secara efektif tanpa memberikan efek yang berbahaya karena sifatnya yang bisa memerangi rakidal bebas serta lainnya yang menyebabkan kanker.

11. Obat Penangkal Radikal Bebas

Efek radikal bebas begitu luar biasa. Seseorang yang terkena radikal bebas secara terus menerus dan dibiarkan dalam waktu yang lama bisa kehilangan nyawanya. Akan tetapi, sangat sulit mengetahui bagaimana radikal bebas itu, dan biasanya semua orang baru sadar ketika sudah terpapar. Khasiat daun belimbing waluh bisa anda coba jika ingin mencegah radikal bebas.

12. Obat Hipertensi

Hipertensi pada semua orang tentu muncul dengan gejaa yang berbeda-beda. Namun, gejala umumnya masih bisa terdeteksi. Seseorang yang memiliki masalah darah tinggi, akan mengalami sakit kepala yang luar biasa, detak jantung yang begitu cepat, rasa pegal berlebihan terutama di bagian tengkuk dan sangat tidak nyaman, telinga berdenging, dan gejala terakhir adalah pusing.

Cara menggunakannya sebagai obat darah tinggi adalah dengan merebus sekitar 10 gram daun belimbing waluh yang tidak muda dan tidak tua, kemudian 10 gram daun kepel dan juga 5 gram daun sambiloto. Semua bahan direbus dengan 5 gelas air. Anda bisa mematikan kompor jika sudah mendidih dan tersisa hanya 3 gelas air. Minum air rebusan dengan disaring terlebih dahulu. Konsumsi air rebusan ini secara rutin yaitu 3 kali 1 gelas. 1 gelas untuk pagi, 1 gelas untuk siang, dan 1 gelas untuk malam, begitu seterusnya.

13. Obat Sakit Gondongan

Penderita gondongan bisa menggunakan daun belimbing waluh yang masih muda untuk memulai pengobatan pada sakit ini.

Caranya adalah, sediakan setengah genggam daun belimbing waluh serta tiga siung bawang putih. Untuk membuat ramuannya, tumbuk daun belimbing terlebih dahulu bersama dengan bawang putih. Tumbukan ini bisa dikompreskan pada bagian yang terkena gondongan.

14. Obat Jerawat

Semua orang pasti mengalami masalah dengan jerawat. Beberapa memiliki jerawat di bagian wajah, punggung dan juga leher. Selain membuat penampilan tampak kurang menarik dan membuat percaya diri langsung lenyap, jerawat juga membuat penderitanya tersiksa karena sakit disebabkan oleh peradangan yang sedang terjadi.

Menggunakan daun belimbing waluh adalah pilihan tepat sebagai obat jerawat. Anda bisa menggunakannya dengan sangat sederhana. Untuk memulainya, siapkan daun belimbing waluh yang masih segar dan muda, kemudian tumbuk daun tersebut. Tumbukan daun bisa digunakan untuk olesan pada area wajah yang berjerawat. Cara ini juga bisa anda gunakan jika terdapat bisul yang mengganggu.

Baca juga :

14. Obat Pembersih Gigi Palsu

Gigi palsu atau gigi tiruan mungkin lebih mudah dibersihkan karena bisa dicopot dan dipasang kembali. Lantas bagaimana jika ada noda yang sulit sekali dibersihkan? Caranya yaitu dengan menggunakan daun belimbing waluh. Daun ini mampu membersihkan secara efektif sehingga cocok dijadikan bahan untuk merawat gigi palsu secara alami agar gigi tampak putih dan bersih.

Nah, itulah beberapa manfaat daun belimbing waluh yang bisa anda coba sendiri di rumah. Anda pun bisa tetap sehat walau masa tua sudah menanti anda. Memang masih banyak khasiat lainnya, selain dari daun, yaitu, dari bunga dan juga batang belimbing waluh. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *