Inilah Penyebab Hepatitis B

Posted on

Hepatitis B adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus hepatittis N (HBV). Orang yang terkena penyakit ini akan menyebabkan akut dan kronis. Hepatitis B merupakan jenis penyakit yang juga mudah menular. Penularan penyakit ini banyak melalu cara namun ada umumnya akan menular melalui kontak darah atau cairaan tubuh dari si penderita Hepatitis.

Faktor Risiko Secara Geografis

Faktor geografis artinya temat tinggal merupakan salah satu menjadi pendukung tertularnya penyakit tersebut dan wilayah wilayah tersebut adalah Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Tengah, Afrika sub-Sahara, Eropa Timur, dan Eropa Selatan. Jika Pasangan anda pernah tinggal di antara wilayah geografis tersebut maka periksa kesehatan untuk memastikan tidak adanya hal hal buruk yang meninmpa pasangan Anda.

Inilah Penyebab Hepatitis B
Inilah Penyebab Hepatitis B

Ada beberapa faktor Risiko secara umum bagaimana seseorang tertular penyakit Hepatitis ini, yaitu sebagai berikut :

  • Bersamaan dalam pemakaian alat alat si penderita atau orang yang sudah terkena Hepatitis misalnya sikat gigi, handuk dan alat cukur.
  • Penggunaan obat yang ilarang serta penggunaan jarum suntik bersama
  • Berhubungan badan dengan semabarang orang disertai penggunaan obat dan jarum suntik.
  • Memiliki luka lalu luka tersebut terkontaminasi dengan darahdarah yang sudah menganduk virus Hepatitis
  • Pekerjaan yang berhubungan dengan darah misalnya sebagai dokter, atau pekerja laboratorium yang lebih besar terkena penularan virus Hepatitis
  • Melakukan transfusi darah dengan tidak mengecik dahulu darah yang akan di transfusi karena tidak akan tahu apakah ada unsur virus penyebab Hepatitis.
  • Peralatan tidak steril saat pemeriksaan dan pengobatan misalnya gigi.
  • Menindik atau menato tubuh dimana peralatan yang di gunakan tidaklah steril.

Seseorang yang bekerja sebagai kupu-kupu malam juga memiliki resiko besar tertular penyakit ini. Sehingga sebaiknya jika ingin berhubungan badan alangkah baiknya hanya dengan pasangan saja.

Penularan dari Ibu kepada Bayi

Faktor ibu juga sangat berpengaruh dalam penularan penyakit hipatetis B. Ibu yang sedang mengandung janin atau saat melahirkan akan beresiko tinggi menularkan hipatetis B. Oleh sebab itu sangat penting untuk pemeriksaan kesehatan dan tes darah pada saat ini.

Penuaran dari ibu kepada bayi Untuk hipatetis B dapat di cegah caranya yaitu memberikan vaksin hipatetis B sebelum waktu 12 jam. Saat sudah di berikan vaksin hipatetis B ibu bayi bisa memberikan ASI-nya kepada bayi tersebut.

Dalam dunia kesehatan sangat enting untuk mengecek kesehatan setiap saatnya. jangan sampai kita terlambaat sesaat semuanya sudah memasuki hal yang lebih serius. Itulah sebabnya mengapa setiap bayi yang baru lahir sangat penting untuk di berikan vaksin hipatetis B.

Seperti yang sudah di jelaskan orang yang mudah tertular adalah mereka yang penggunaan alat kesehatan dan kebersihan secara bersamaan atau tidak di sterilkan.

Untuk itu mulailah hidup yang normal sayangi tubuh dengan tidak menggambar tubuh dengan tato karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi berikutnya.

Ada beberapa gejala yang mungkin akan Anda alami jika sudah terkena penyakit ini yaitu :

  • Nafsu makan yang berkurang
  • Merasakan mual hingga muntah
  • Mengalami sakit perut si bagian bawah
  • Mengalami sakit kuning biasanya hal ini dapat di lihat dari kulit dan mata yang berubah warna menjadi kuning.
  • Gejala lain misalnya pilek, Mudah lelah, nyeri pada tubuh dan mengalami sakit kepala.

WHO atau Organisasi kesehatan dunia merilis kematian akibat penyakit ini memiliki jumlah yaitu 680 ribu orang setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *