Jenis & 10 Bahaya Narkoba Bagi Tubuh

Posted on

Bahaya narkobaNarkoba adalah singkatan dari narkotika dan juga obat obatan berbahaya. Sesuai dengan namanya, narkoba ini sebenarnya merupakan salah satu jenis obat yang di perlukan untuk melakukan pembiusan dan juga untuk menyembuhkan jenis penyakit tertentu oleh para dokter. Narkoba ini bisa tidak membahayakan tubuh jika penggunaanya baik dan juga sesuai dengan resep dokter. Namun penyalah gunaan narkoba tersebut membuat jenis obat ini menjadi buruk. Banyak sekali orang yang menggunakan narkoba ini dengan tujuan yang tidak baik, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan dampak sangat buruk sekali bagi kesehatan tubuh penggunanya.

Jenis & 10 Bahaya Narkoba Bagi Tubuh
Jenis & 10 Bahaya Narkoba Bagi Tubuh

Narkoba ini memiliki efek kecanduan bagi penggunanya dengan dosis yang tidak wajar dan juga bisa membuat penggunanya meninggal dunia akibat over dosis. Di seluruh dunia ini sangat melarang keras penyalah gunaan narkoba ini, serta juga berusaha untuk dapat mencegah masyarakatnya menggunakan narkoba ini hingga menimbulkan kecanduan.

Menurut badan kesehatan dunia WHO narkoba merupakan semua jenis zat yang berupa cair padat dan juga gas. Zat tersebut bisa meru bah struktur dan juga fungsi tubuh manusia secara psikis dan juga secara fisik. Jenis zat -zat yang di maksud tersebut tidak termasuk zat pada makanan, karena zat yang ada pada makanan dapat membuat fisik dan juga psikis ke arah gizi yang lebih baik.

Jenis – jenis narkoba

Berdasarkan dengan definisinya jenis -jenis narkoba ini terbagi menjadi tiga jenis. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Narkotika

Narkotika merupakan suatu zat atau obat yang berasal dari tanaman, zat tersebut di buat secara sintesis dan juga semi sintesis. Zat atau obat ini di gunakan untuk dapat menghilangkan kesadaran sebagian atau juga keseluruhan serta juga dapat mengurangi dan juga dapat menghilangkan rasa nyeri.

Contoh dari narkoba jenis ini yaitu ganja. Akibat dari menghisap ganja ini bisa sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh serta juga lingkungan sosial. Efek dari ganja tersebut bisa di lihat dari segi psikologis, sosial, dan juga ekonominya.

  • Psikotropika

Merupakan zat atau obat alami atau juga sintesis yang berasal dari narkotika. Zat jenis ini bisa menimbulkan efek psikoaktif bagi yang menggunakannya. Zat psikoaktif yang di maksud tersebut bisa mempengaruhi sistem kerja saraf pusat untuk dapat merubah perilaku secara metal. Menggunakan zat jenis ini secara berlebihan dan juga terus menerus dapat menimbulkan ketergantungan. Contoh dari jenis narkoba jenis ini yaitu heroin.

  • Zat adiktif

Zat adiktif merupakan zat yang lainnya selain narkotika dan juga psikotropika yang dapat menyebabkan ketergantungan secara fisik dan juga secara psikologis. Seseorang yang tidak menggunakan zat ini apabila orang tersebut sudah merasa ketergantungan bisa merasa gelisah, tidak bisa berfikir dengan sehat dan juga seterusnya.

Cantoh dari zat ini yaitu alkohol dan juga rokok. Oleh karana hal tersebut, banyak negara yang telah menerapkan aturan yang sangat ketat sekali serta memahalkan harga rokok dan juga alkohol.

Bahaya narkoba bagi kesehatan tubuh

Mengkonsumsi narkoba walaupun dengan jumlah yang sangat sedikit tetap saja sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Karena pemakainya dalam jumlah yang sedikit tidak bisa bertahan lama. Secara umum, penyalahgunaan narkoba bisa menimbulkan empat dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Depressant

Merupakan dampak yang bisa menyebabkan penggunanya tertidur atau tidak sadarkan diri. Di dalam tahap ini, tidurnya orang yang telah menggunakan narkoba tidak seperti dengan tidurnya orang biasa. Tidurnya orang yang menggunakan narkoba ini tidak berarti istirahat hal tersebut dikarenakan organ tubuh orang tersebut masih bekerja.

  • Hallucinogen

Dampak ini bisa menyebabkan penggunanya berhalusinasi atau juga sedang melihat sesuatu yang tidak ada. Halusinasi atau khayalan tersebut dapat berupa sesuatu yang sangat menakutkan bagi penggunanya sehingga orang tersebut bisa berteriak histeris. Selain itu juga dapat berupa sesuatu yang dapat menyenangkan dan juga yang selama ini diinginkannya.

  • Stimulan

Dampak ini bisa menimbulkan organ tubuh seperti jantung dan juga otak pemakainya bekerja dengan lebih cepat. Pada saat itu, orang yang menggunakannya narkoba bisa sangat bertenaga dan juga memiliki energi tambahan untuk dapat berfikir dan juga berkreasi. Dampak dari jenis narkoba tersebut pada umumnya di gunakan pada orang yang memiliki pekerjaan kreatif, pebisnis.

  • Adiktif

Pada dasarnya, semua jenis narkoba bisa menyebabkan dampak ketergantungan atau kecanduan. Di dalam waktu yang lama jika si pemakai tidak memakainya maka tubuh orang tersebut bisa merasa sakit. Bahkan juga bisa membuat tubuh pemakai tersebut menjadi kritis atau sakau.

Selain dari dampak penyalahgunaan narkoba yang telah di jelaskan di atas, secara spesifik narkoba ini juga dapat menyebabkan dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Dampak dan juga bahaya dari narkoba bagi kesehatan tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

Dapat merusak sistem pernapasan

Ada beberapa jenis narkoba ini yang penggunaanya diisap seperti jenis narkoba heroin dan juga ganja. Penghisapan tersebut melalui sistem pernapasan, masuknya zat -zat beracun yang melalui sistem pernapasan bisa mengakibatkan terjadinya berbagai gangguan pada sistem pernapasan itu sendiri. Orang yang telah memakai narkoba jenis ini lebih mudah terserang berbagai jenis gangguan pada sistem pernapasannya seperti sesak napas, bronchitis, infeksi paru-paru dan juga penyakit kanker paru-paru.

Terjadi perubahan pada fungsi otak

Mungkin pada awal penggunaan narkoba, si pemakai merasa fungsi otaknya meningkat menjadi lebih kreatif lebih mudah berfikir dan juga yang lainnya. Ketika orang tersebut sudah sampai pada tahap kecanduan yang sangat tinggi, fungsi –fungsi tersebut tidak bisa di rasakan lagi oleh orang tersebut. Sudah banyak sekali penelitian yang menggunakan hewan, dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan narkoba ini pada akhirnya bisa merusak fungsi saraf pusat. Daya pikir pun bisa menurun, dan hal tersebut pun bisa membuat pemakainya tidak terfokus lagi dengan pekerjaanya tetapi terfokus pada bagaimana mendapatkan narkoba tersebut lagi.

Dapat merusak sistem peredaran darah

Organ jantung dan juga paru -paru bekerja saling berhubungan. Ketika pada saat zat kimia beracun tersebut masuk kedalam paru –paru, dan juga zat kimia beracun tersebut juga bisa masuk kedalam organ jantung serta juga pada peredaran darah secara keseluruhan. Dengan demikian zat kimia yang beracun tersebut juga dapat menyebar ke seluruh tubuh pemakainya. Sistem peredaran pun bisa menjadi rusak dan juga dapat sangat mudah terserang berbagai macam jenis penyakit yang masih berhubungan dengan peredaran darah. Yang paling pertama dampak yang terlihat dari pengguna narkoba ini yaitu rusaknya sistem peredaran darah, seperti misalnya mata yang menjadi memerah akibat melebarnya pembuluh darah yang ada di mata.

Terjadi gangguan pada sistem reproduksi

Pemakainya narkoba yang terus menerus dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem hormon. Terutama pada hormon yang berkaitan dengan sistem reproduksi. Akibat dari hal tersebut dapat menurunkan fungsi seksual bagi pria maupun wanita yang telah memakai narkoba. Narkoba ini juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kemandulan.

Terjadi gangguan pada sistem saraf pusat

Pada saat zat narkoba telah memasuki sistem pembuluh darah, hanya dalam hitungan menit saja kandungan senyawa kimia beracun yang ada di dalam narkoba tersebut di bawa menuju otak dan juga organ tubuh lainnya. Di dalam otak kandungan senyawa beracun tersebut bisa melepaskan dop lamin dan juga bisa menyebabkan penggunanya bisa merasa tenang. Jika hal tersebut di biarkan tetap berlanjut maka bisa menyebukan si pemakai tersebut tidak dapat mencerna informasi secara benar dan juga sulit untuk mengingat.

Terjadinya gangguan pada kulit tubuh

Gangguan pada kulit tubuh ini biasanya bisa terjadi pada pemakai narkoba dengan menggunakan jarum suntik. Suntikan yang di lakukan secara terus menerus bisa mengakibatkan terjadinya infeksi kulit. Kulit tubuh orang yang menggunakan narkoba jenis ini terlihat lebam dan juga kebiruan ada daerah bekas suntikan tersebut di lakukan.

Terjadinya gangguan pada organ hati

Di dalam sistem pencernaan organ hari ini memiliki fungsi dapat menawarkan kandungan racun. Segala jenis zat beracun dapat masuk kedalam organ hati ini, terutama untuk narkoba yang di konsumsi dengan menggunakan mulut dan juga sistem pernapasan. Karena ada banyaknya zat beracun yang telah masuk kedalam organ hati, maka bisa membuat organ hari menjadi bekerja keras dan sangat berlebihan. Sehingga hal tersebut dapat memicu terjadinya gangguan pada organ hati orang yang memakai narkoba ini. Gejala awal terjadinya gangguan pada organ hati orang yang memakai narkoba ini yaitu terjadinya perasaan tersengat pada bagian mulut dan juga tenggorokan.

Dapat merusak sistem kekebalan tubuh

Dengan banyaknya berbagai jenis bahan kimia beracun yang sangat berbahaya masuk ke dalam tubuh manusia, hal tersebut bisa merusak berbagai organ yang ada di dalam tubuh manusia. Secara otomatis orang yang memakai narkoba bisa mengalami kerusakan dan juga kerusakan pada sistem kekebalan dan juga sistem imun tubuh. Dengan demikian tubuh orang yang memakai narkoba bisa sangat mudah terserang berbagai jenis penyakit. Apalagi pada orang pecandu narkoba yang sudah level tinggi, orang tersebut tidak lagi bisa memperhatikan hal yang lainnya selain agar mendapatkan narkoba tersebut.

Munculnya perasaan tegang dan juga gelisah

Meskipun pada awalnya pemakai narkoba ini merasakan bahwa tubuhnya mengalami peningkatan dalam kreatif dan juga dalam berfikir. Jika pemakai narkoba tersebut sudah mengalami kecanduan maka lama kelamaan otaknya mengalami kerusakan. Hal tersebut bisa menyebabkan daya kerja dan juga daya pikir orang tersebut menjadi berkurang. Selain hal tersebut juga dapat menurunkan daya ingat orang itu. Hal ini bisa membuat orang yang bekerja bisa sangat mengganggu pekerjaanya dan juga bisa membuat orang tersebut menjadi lamban serta juga sering sekali melakukan kesalahan.

Timbul perasaan tidak aman

Bagi pengguna narkoba yang sedang berhalusinasi bisa membawa orang tersebut ke dalam situasi yang dapat menyulitkan pemakainya. Halusinasi dari efek narkoba tersebut bisa menimbulkan paranoid. Paranoid tersebut bisa menimbulkan rasa tidak aman bagi pemakai narkoba terhadap situasi di sekeliling orang tersebut. Selanjutnya, tindakan orang tersebut bisa mudah tidak terkendali dan sangat brutal. Karena orang tersebut menganggap semua yang ada di sekelilingnya adalah musuh. Dan akibat yang paling buruk dari perasaan tidak aman ini yaitu melakukan bunuh diri.