Kandungan dan 7 Manfaat Jus Sawo Bagi Tubuh

Posted on

Buah sawo merupakan salah satu jenis buah buahan yang sangat populer dikalangan masyarakat khususnya indonesia. Buah sawo ini memiliki buah yang berbentuk bulat dan juga memiliki kulit dan daging buah yang berwarna cokelat. Jenis buah yang satu ini memiliki rasa buah yang sangat khas sekali dengan kulit buahnya yang sangat tipis. Selain itu jenis buah yang satu ini juga sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. Hal itu dikarenakan buah sawo ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan juga kandungan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan. Buah sawo ini memiliki kandungan air yang tergolong cukup banyak sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai buah pencuci mulut yang sangat segar.

Manfaat Jus Sawo Bagi Kesehatan
Manfaat Jus Sawo Bagi Kesehatan

Buah sawo ini memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal itu juga pernah dibuktikan melalui beerbagai penelitian. Berbagai kandungan nutrisi yang ada didalam buah sawo tersebut diantaranya yaitu :

  • protein : 0,5 gr
  • energi : 92 kkal
  • lemak : 1,1 gr
  • karbihidrat : 22,4 gr
  • kalsium : 25 mg
  • fosfor : 12 mg
  • zat besi : 1 mg
  • vitamin A : 60 IU
  • vitamin B1 : 0,01 mg
  • vitamin C : 21 mg
  • dan yang lainnya

Semua kandungan nutrisi tersebut berpotensi sangat baik sekali jika masuk dan dicerna oleh tubuh. Buah sawo ini juga bisa bersifat sebagai zat anti inflamasi yang bersinergi dengan serat sehingga bermanfaat sangat baik bbagi keehatan tubuh. Selain itu buah sawo juga dapat menghalau bakteri dan juga membasmi virus di dalam tubuh. Buah sawo ini juga memiliki manfaat dan juga khasiat yang lainnya yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh. Berbagai manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Sebagai sumber asam folat bagi ibu hamil

satu porsi jus buah sawo atau sebanyak 100 gr buah sawo mengandung asam folat sebanyak 34 mg. Itu artinya dapat menambah kebutuhan asupan kandungan folat yang diperlukan saat dalam masa kehamilan. Kandungan folat ini memiliki peranan yang sangat penting sekali dalam proses kehamilan. Kandungan ffolat ini juga bisa bermanfaat daat membantu dalam hal pembentukan el darah merah dan juga DNA. Selain itu juga bisa mencegah bayi lahir dengan cacat otak serta cacat sumsum tulang belakang. Kandungan asam folat juga sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem jantung pada ibu hamil.

Selain buah sawo memiliki kandungan asam folat di dalamnya, ternyata buah sawo juga kaya akan kandungan serat di dalamnya. Kandungan serat tersebut bermanfaat dapat mengatasi maalah kesehatan seperti sembelit yang sering terjadi pada ibu ibu yang sedang hamil. Kandungan kalium yang ada pada sawo juga bisa bermanfaat untuk mengatasi kram kehamilam dan juga dapat menjaga fungsi otot saraf pada ibu hamil.

Selain hal itu jus sawo yang memiliki rasa yang manis ini juga memiliki kandungan zat besi yang sangat berlimpah di dalamnya. Zat besi ini sangat bermanfaat sekali bagi ibu yang sedang hamil karena dapat mencegah terjadinya anemia serta dapat membentuk sel darah merah.

2. Mencegah stres ringan

Rasa stres erat kaitanya dengan kondisi tubuh yang tidak semimbang. Selain itu juga bisa disebabkan oleh foktor kelelahan saraf karena adanya pekerjaan yang menumpuk. Stres juga dapat berpengaruh pada daya tahan tubuh yang lemah, diketahui bahwa jus buah sawo ini memiliki kandungan vitamin C yang tergolong sangat tinggi yang bisa bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh yang lemah dan juga dapat mencegah rasa stres.

3. Mengatasi demam

jus buah sawo ini bersifat dingin jika masuk kedalam tubuh, hal itu bisa sangat baik untuk mengatasi demam dan juga menurunkan panas secara alami. Kombinasi kandungan vitamin C yang ada pada buah sawo merupakan zat anti oksidan aktif dalam hal pembasmi virus penyebab terjadinya demam pada tubuh. Selain itu kandungan vitamin C juga bermanfaat dapat kemungkinan terjadinya infeksi paru paru dan juga pneumonia.

4. Membantu menyehatkan sistem pencernaan

serat merupakan kandungan mineral yang sangat penting sekali dalam hal untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi jus buah sawo ini secara rutin dapat mencukupi kebutuhan asupan kandungan serat yang diperlukan oleh tubuh.kandungan serat yang ada pada buah sawo ini bisa bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan anda dan dapat mencegah sembelit, dapat mengatasi diare, pencegah terjadinya kanker usus besar serta bisa melancarkan BAB.

5. Mencegah anemia

terjadinya gejala anemia pada umumnya di sebabkan karena kekurangan asupan zat besi pada tubuh. Kekurangan asupan kandungan zat besi pada tubuh manusia bisa beimbas pada produksi hemoglobin dan juga transportasi oksigen didalam tubuh. Umumnya orang yang menderita gejala anemia akan mengalami gejala gejala seperti fungsi mental yang sangat buruk, kurangnya energi, lemah, letih, dan juga lesu. Untuk dapat mencegah masalah kesehatan tersebut anda bisa mengkonsumsi jenis makanan dan juga minuman yang kaya akan kandungan zat besi di dalamnya. Misalnya jus buah sawo, daging sapi, telur dan juga sayuran hijau.

6. Memperbaiki kinerja otot

jus buah sawo bisa bersifar anti inflamasi yag artinya dapat bermanfaat mampu menghilangkan rasa kaku dan juga nyeri yang berkaitan dengan masalah arthritis dan juga fungsi otot tubuh. Selain itu kandungan mineral yang ada di dalam buah sawo ini bermanfaat mampu mencegah rasa nyeri pada persendian secara efektif dan lebih cepat.

7. Menjaga kesehatan tulang

jus buah sawo ini juga dikonsumsi secara rutin bisa memberikan efek yang sangat baik sekali untuk kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan juga tembaga yang ada pada buah sawo ini bisa bermanfaat untuk mecegah terjadinya pengeroposan tulang. Bagi orang yang secara rutin mengkonsumsi jus buah sawo pada usia muda 45% dirinya akan terhindar dari osteoporosis di masa tuanya.

Cara membuat jus buah sawo

Untuk membuat jus buah sawo agar enak dan juga sehat tidaklah begitu rumit. Pastikan dulu buah sawo yang akan anda buat menjadi jus benar benar matang dengan sempurna. Karena buah sawo yang matangya belum sempurna bisa rasa dari jus yang akan anda buat. Selain itu anda juga bisa mecampurkan jus buah sawo dengan jenis buah buahan yang lainnya agar menambah cita rasa dan aroma. Nah, berikut ini cara membuat jus buah sawo yang sehat dan kaya akan manfaat.

Siapkan dulu bahan bahan untuk membuat jus buah sawo yaitu sebagai berikut :

  • buah sawo matang sebanyak 4 buah
  • madu 2 sdm
  • susu saset kental manis 1 saset
  • ait es secukupnya

Cara membuatnya sebagai berikut :

  1. Kupas dulu buah sawo yang sudah matang sempurna dan buah bijinya, kemudian potong menjadi beberapa bagian.
  2. Siapkan blender, lalu campurkan semua bahan bahan yang sudah disiapkan tadi, dan kemudian haluskan dengan blender hingga benar benar halus.
  3. Setelah sudah halus, tuangkanlah jus buah sawo tersebut ke dalam gelan dan sajikan selagi masih dingin dan segar.

Didalam jus buah sawo tersebut terkandungan banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam, dapat mencegah sembelit dan masih banyak yang lainnya.