Kandungan Serta 5 Manfaat Daun Binohang Merah

Posted on

Kandungan serta 5 Manfaat Daun Binohang Merah – Ada banyak tanaman yang sangat berkhasiat untuk kesehatan yang bisa tumbuh subur di Indonesia, salah satunya adalah binahong merah. Di antara berbagai banyak tumbuhan, daun manfaat daun binahong merah cukup besar terutama sebagai obat herbal. Apakah anda pernah melihat bagaimana bentuk binahong merah? Selain dikenal sebagai binahong, tanaman tersebut juga disebut sebagai tanaman gondola, daunnya disebut daun gondola. Apapun sebutannya, sangat penting bagi anda untuk tahu apa saja manfaat pada daun binahong merah. Sebab, jika anda mengetahuinya, maka anda tentu akan merasa bahwa pengetahuan tersebut benar-benar berharga untuk hidup anda.

Kandungan Serta 5 Manfaat Daun Binohang Merah
Kandungan Serta 5 Manfaat Daun Binohang Merah

Karakteristik Tanaman Binahong

Tanaman binahong sangat mudah diidentifikasi. Jika anda ingin mencarinya, tentu hal yang paling utama adalah tahu bagaimana ciri-ciri atau karakteristiknya. Pertama, tanaman binahong merupakan tanaman merambat yang dapat merambat di berbaga hal, seperti pada tumbuhan lain atau pada tembok dan pagar rumah. Kemudian, tanaman binahong juga memiliki batang yang terbilang lunak, sehingga benar-benar fleksibel dan terus membelit dengan begitu mudah. Walaupun tergolong tanaman yang merambat, namun tanaman tersebut terbilang kuat. Meskipun demikian, batang yang lunak tersebut terasa keras jika anda menekannya. Sedangkan warna batangnya tampak kemerahan.

Jika tanaman tersebut mulau tua, maka warna batang akan berubah menjadi tampak putih. Kemudian, batangnya bisa mencapai ukuran hingga 30 meter. Pada bagian pangkal batang, diameternya bisa mencapai hingga 3,5 cm. Tanaman binahong hanya bisa bertahan hidup dengan usia yang cukup pendek yaitu hanya 3 bulan. Tanaman binahong juga mampu membentuk rimpang atau umbi di bagian daun. Bentuk umbinya sendiri tampak kasar dengan disertai beberapa bulu halus dengan panjang mencapai hingga 3 cm.

Sedangkan pada daunnya, bentuknya tampak seperti hati, sedangkan tangkainya terletak di bagian yang paling melengkung. Terdapat pula tanaman binahong yang memiliki daun yang berwarna hijau, dan juga merah, tergantung dari jenis yang anda temukan. Karena usia tanaman tersebut terbilang pendek, maka jika terdapat rimpang atau umbi, sebaiknya anda menanamnya sebab nanti akan bisa tumbuh kembali.

Daun Binahong Merah Dan Kandungannya

Mungkin anda penasaran tentang apa saja Manfaat daun binahong merah, akan tetapi sangat penting untuk mengetahui kandungan apa saja yang ada pada daun binahong merah. Dengan demikian, maka anda dengan mudah mengetahui apa saja manfaatnya.

Ada beberapa kandungan yang sangat penting pada daun binahong merah sehingga daun ini sangat banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Pada daun binahong merah, ada aktivitas yang muncul yang bekerja sebagai penangkal radikal bebas. Itulah mengapa daun binahong merah memiliki level antioksidan yang cukup tinggi. Daun tersebut juga mampu menghasilkan asam karbonat, serta asam fenolik. Senyawa-senyawa penting lainnya juga muncul untuk bekerja secara optimal membasmi bakteri gram yang negative dan positif, terutama pada para penderita penyakit seks menular.

Pada daun binahong merah juga terdapat asam oleanolic. Manfaat daun binahong merah dengan kandungan tersebut adalah bekerja sebagai anti inflamasi. Anti inflamasi atau anti peradangan dibutuhkan oleh tubuh guna meredakan infeksi yang terjadi, terutama pada penderita luka bakar.

Protein yang tinggi juga muncul pada daun binahong merah. Kandungan ini dibutuhkan untuk menstimulasi pertumbuhan antibodi atau juga dikenal sebagai daya tahan tubuh. Siapapun yang rajin mengkonsumsi daun binahong merah, maka dapat mencegah berbagai serangan penyakit. Protein juga dibutuhkan tubuh untuk hormone perangsang pertumbuhan, sehingga sangat bermanfaat terutama bagi remaja yang sedang dalam tahap pertumbuhan. Itulah mengapa disarankan para remaja untuk rajin mengkonsumsi daun binahong merah.

Kandungan lainnya yang sangat penting untuk kesehatan yang bisa anda temukan pada daun binahong merah adalah saponin. Saponin dapat bekerja secara optimal sebagai zat pembersih. Selain itu, saponin juga dibutuhkan tubuh untuk membentuk kolagen supaya kulit menjadi lebih cerah, bersih dan juga lebih sehat. Manfaat daun binahong merah pada kulit ini juga dapat bekerja untuk mengurangi level kolesterol yang cukup tinggi pada tubuh, sehingga dapat mencegah munculnya penyakit mengerikan, yaitu jantung koroner.

Manfaat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan

Manfaat daun binahong merah untuk kesehatan memang tidak banyak orang yang tahu. Jika anda menyempatkan diri untuk membaca artikel berikut, maka anda tentu tidak akan merasa rugi. Sebab, manfaat daun binahong merah memang cukup banyak. Berikut ulasannya.

Daun Binahong Merah Dapat Menjadi Obat Jerawat

Tahukah anda, bahwa daun binahong merah dapat anda jadikan sebagai bahan untuk merawat wajah terutama jika anda memiliki masalah jerawat? Dengan demikian, anda pun bisa memelihara wajah anda agar tetap cantik. Wajah merupakan kunci utama untuk menilai penampilan seseorang. Jerawat yang muncul begitu banyak disebabkan karena adanya produksi minyak yang berlebihan pada pori-pori wajah yang bercampur dengan kotoran dan bakteri sehingga terjadilah peradangan dan muncullah jerawat. Jerawat juga menyerang berbagai kalangan di berbagai usia.

Nah, bagaimana cara menggunakan daun binahong merah sebagai obat jerawat?

Siapkan dulu daun binahong yang sudah anda ambil, kemudian anda tumbuk sampai benar-benar halus. Manfaat daun binahong merah sebagai obat jerawat akan bekerja secara efektif jika anda menggunakan tumbukan tersebut sebagai masker wajah. Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat ramuan rebusan daun binahong merah. Air rebusan tersebut harus digunakan sebagai air untuk mencuci wajah secara rutin yaitu sebanyak 2 kali setiap harinya. Rutin melakukan perawatan tersebut akan membantu wajah anda terbebas dari jerawat. Bahkan, Manfaat daun binahong merah untuk wajah adalah untuk membuat wajah tampak kencang dan memperkecil pori-pori pada wajah.

Daun Binahong Merah Merupakan Obat Maag

Anda sering mengalami masalah dengan Maag? Penyakit pada lambung ini terjadi karena adanya kelainan pada produksi asam lambung. Hal ini menciptakan sensasi perih di bagian lambung, dan kerap terjadi terutama jika anda telat makan. Cara yang paling tepat untuk mengatasi sakit maag adalah dengan menjaga asupan makanan secara rutin dan teratur. Hal ini penting agar maag tidak mudah kambuh.

Untuk maag yang kronis, seringkali akan membuat para penderitanya muntah darah, terutama jika telat makan. Bahkan, penderita memiliki resiko tinggi untuk rawat inap karena kondisi lambung yang sudah parah. Salah satu obat herbal yang bisa anda gunakan adalah daun binahong merah. Manfaat daun binahong merah adalah untuk mengobati maag yaitu dengan cara diambil air rebusannya.

Caranya, siapkan daun binahong merah kemudian direbus sampai betul-betul mendidih. Kemudian, saring airnya dan biarkan supaya agak dingin. Minum air rebusan daun binahong merah tersebut secara rutin setiap hari. Mengkonsumsi air rebusan daun binahong merah harus dilakukan terus-menerus sampai dalam beberapa bulan kedepan, kemudian anda baru akan melihat perubahan yang besar pada penyakit maag anda.

Daun Binahong Merah Sebagai Obat Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup serius. Kolesterol yang sudah parah dapat membuat penderitanya mengalami gangguan peredaran darah yang cukup menyiksa. Hal ini disebabkan kolesterol akan menyumbat aliran darah. Pada jangka yang panjang, kolesterol mampu memberikan resiko yang tinggi terhadap beberapa penyakit yang berbahaya seperti sakit jantung, stroke, dan juga tekanan darah tinggi.

Manfaat daun binahong merah untuk obat kolesterol memang cukup besar. Anda juga dapat mencoba mengambil manfaatnya dengan cara merebus beberapa lembar daun binahong merah yang sudah anda siapkan. Pastikan daun tersebut sudah dicuci sampai benar-benar bersih sebelum kemudian direbus. Biarkan air terus menyusut dan tampak kental. Kemudian, diamkan air rebusan tersebut untuk kemudian diminum secara rutin. Anda juga bisa menambahkan madu atau gula jawa agar dapat merasakan sedikit rasa enak pada obat herbal ini.

Daun Binahong Merah Sebagai Obat Asam Urat

Asam urat memang diproduksi oleh tubuh, yang kemudian asam urat akan dikeluarkan melalui urin. Akan tetapi, tidak sedikit penderita asam urat yang memiliki keluhan nyeri atau sakit di bagian sendi. Hal ini dikarenakan asam urat menumpuk dan mengendap di bagian persendian, kemudian membentuk Kristal tajam. Itulah mengapa para penderita asam urat akan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Jika tidak dirawat dan terus dibiarkan, maka tidak heran jika penderitanya bisa mengalami kelumpuhan.

Manfaat daun binahong merah untuk asam urat juga harus dengan cara yang rutin. Sama seperti mengobati penyakit-penyakit sebelumnya, anda bisa menggunakan daun binahong merah untuk direbus sampai airnya susut, kemudian dibiarkan dingin untuk diminum airnya. Rebusan daun binahong merah tergolong manjur dan aman terutama untuk para penderita asam urat. Akan tetapi, disarankan untuk mengkonsumsi air tersebut secara rutin agar bisa merasakan hasilnya. Jika anda hanya meminum satu atau dua kali saja, tentu hal ini tidak akan memberikan hasil yang signifikan.

Daun Binahong Merah Sebagai Obat Pasca Operasi

Barangkali anda baru saja melakukan operasi. Pasca operasi, tentu para pasien akan memiliki bekas luka yang tidak bisa cepat sembuhnya. Mungkin dapat memakan waktu yang cukup lama, sehingga akan menghambat anda untuk melakukan berbagai aktifitas. Nah, agar luka pasca operasi cepat sembuh, anda bisa mengambil Manfaat daun binahong merah.

Cara menggunakan daun binahong merah sebagai obat pasca operasi memang sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan sekitar 20 daun binahong terutama yang masih muda dan daunnya tampak lebar. Kemudian, siapkan pula 3 gelas air bersih. Daun binahong yang sudah disiapkan harus dicuci dulu sampai bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih yang sudah disiapkan. Tunggu air rebusan sampai benar-benar mendidih dan hanya tersisa sekitar 2 gelas saja. Jika sudah, anda bisa angkat dan biarkan sampai sedikit hangat. Air rebusan yang sudah siap bisa diminum secara rutin sebanyak 2 kali sehari. Agar hasil maksimal dan luka pasca operasi cepat sembuh, anda harus meminum ramuan ini secara rutin setiap harinya.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang Manfaat daun binahong merah yang mungkin dapat membuat anda tercengang setelah mengetahuinya pada artikel ini. Jika anda membutuhkan berbagai obat untuk mengobati keluhan penyakit anda di atas, maka sebaiknya anda mencoba menggunakan daun binahong merah yang tentunya lebih aman, lebih alami, dan lebih manjur. Semoga bermanfaat!