Kenali Gejala Tipes Pada Anak Sebelum Menjadi Parah

Posted on

Tipes adalah sebutan untuk demam Tifoid. Penyakit ini terjadi akibat infeksi bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Ketika seseorang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dengannya maka ia dapat terserang tipes. Tipes bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Segera kenali gejala tipes pada anak agar tak semakin parah dan mengakibatkan penyakit lainnya.

Kenal Gejala Tipes Pada Anak Sebelum Menjadi Parah
Kenal Gejala Tipes Pada Anak Sebelum Menjadi Parah

Meskipun sama-sama disebabkan oleh bakteri namun gejala tipus pada anak bisa saja berbeda dengan orang dewasa. Dan meski hampir sama, gejala tipus pada anak usia 1, 2, 3 hingga 5 tahun memiliki kemiripan. Secara umum ada 6 gejala sebagai tanda anak terserang tipus. Berikut ini rinciannya.

1. Demam Tinggi Hingga 400c

Demam tinggi pada anak karena tipes bisa mencapai 39 hinga 400C. Suhu biasanya meningkat menjelang sore dan malam hari namun mereda ketika pagi hingga siang hari. Kadang pagi hari si anak merasa segar namun kembali demam sore harinya.

2. Lidah Kotor Dan Memutih

Lidah yang kotor seperti berselaput dan berwarna putih dan masih adanya warna merah di bagian tepid an ujung lidah juga menjadi ciri tipes pada anak.

3. Gangguan Pencernaan

Gejala tipes selanjutnya yang bisa terlihat dari anak-anak adalah gangguan pencernaan berupa sakit perut, mual, muntah dan kembung serta mencret. Hal ini terjadi akibat kuman yang sudah menyerang dan menimbulkan peradangan di saluran cerna. Akibatnya anak jadi enggan makan dan ini memperparah keadaan. Paalgi jika lidah terasa pahit.

4. Pembengkakan Organ Hati dan Limpa

Pembengkakan atau pembesaran organ ini disebut Hepatosplenomegali dan menjadi akibat serangan kuman ke bagian hati dan limpa. Akibatnya yang nampak adalah semakin beratnya rasa mual dan muntah pada anak.

5. Sakit Kepala Parah

Gejala tipus kian berat jika ditambah dengan sakit kepala yang kelihatan serius. Pada kondisi yang parah bisa mengakibatkan penurunan kesadaran, kejang, dan ikterus (warna kulit kekuningan). Sehingga sakit tipes sering dikaitkan dengan sakit kuning.

6. Rewel Pada Bayi

Gejala tipes pada bayi lebih sulit lagi untuk dikenali. Mereka hanya menjadi lebih rewel karena rasa tidak nyaman yang dialaminya akibat sakit tipes. Tanda yang khas sebagai gejala tipes juga tidak nampak. Hanya saja harus waspada ketika bayi telah mengalami demam akut dan hipotermi (kondisi tubuh yang tak mampu mengatasi suhu dingin).

Untuk mencegah terjadinya tipes pada anak-anak adalah dengan cara mengajarkan mereka untuk tidak memasukkan sembarang benda ke dalam mulutnya. Entah itu berupa mainan atau makanan yang jatuh. Karena dari situlah bakteri tipes akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan menimbulkan infeksi.

Cara Penanganan Tipes

Bila gejala tipus sudah mulai muncul pada anak Anda, maka segeralah untuk memeriksakan ke dokter agar mendapat pengobatan awal yang tepat. Setelah mendapat perawatan medis baik di rumah sakit ataupun dokter, maka perawatan bisa dilanjutkan di rumah.

Pengobatan tipes oleh medis biasanya adalah dengan pemberian antibiotik ataupun dengan perawatan inap jika pasien memang sudah parah. antibiotik yang diberikan harus dikonsumsi sampai habis.

Setelah pengobatan oleh dokter ataupun perawatan di rumah sakit, maka masih ada yang harus dilakukan sebagai perawatan lanjutan di rumah. Antara lain dengan memperbanyak konsumsi cairan, memperhatikan asupan gizi, dan memberikan minuman teh hangat campur madu. Dengan penanganan tepat maka gejala tipes pada anak tak akan semakin parah.