Macam Macam Penyakit Anemia atau Kurang Darah

Posted on

Kita mungkin sudah tidak merasa asing lagi dengan penyakit yang bernama anemia, atau orang orang menyebutnya dengan sebutan penyakit kekurangan darah. Sebenarnya penyakit anemia atau penyakit kekurangan darah tidak hanya di sebabkan oleh satu faktor saja. Karena hal ini lah, ada beberapa macam macam penyakit anemia atau kekurangan darah yang penyebabnya berbeda beda.

Macam Macam Penyakit Anemia atau Kurang Darah
Macam Macam Penyakit Anemia atau Kurang Darah

Dengan mengetahui perbedaan perbedaan diantaranya dapat membuat pengobatan yang akan di pilih agar tepat dan juga terarah. Berikut ini adalah macam macam penyakit anemia atau kekurangan darah:

Macam macam penyakit anemia yang dikarenakan sel darah merah tidak normal atau abnormal

Ketika sel darah merah sudah menunjukan tanda ketidak abnormalan, kondisi seperti ini akan membawa penderitanya pada penyakit anemia atau penyakit kekurangan darah. Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit anemia atau kekurangan darah yang di sebabkan oleh sel darah merah yang tidak normal atau abnormal:

  • Talasemia: kondisi seperti ini terjadi pada saat seseorang memproduksi sel darah merah atau juga hemoglobin lebih sedikit kalau di bandingkan dengan kebanyakan orang yang normal. Bila tidak segera di tangani, kondisi seperti ini dapat membawa kita terserang penyakit anemia atau kekurangan darah, baik secara ringan atau pun secara berat. Cooley anemia yaitu sebutan ketika kondisi tersebut menyebabkan penyakit anemia yang sangat berat.
  • Sickle Cell Anemia (Anemia Sel Sabit): yaitu dimana ketika sel sel darah merah memiliki tepi yang sangat runcing dan juga melengkung. Kondisi seperti ini disebut juga dengan penyakit anemia sel sabit. Bila dibandingkan dengan sel darah merah pada umumnya, sel darah merah seperti ini mempunyai umur yang sangat singkat. Produksi sel darah merah yang tidak bisa mengimbangi kecepatan dari sel sabit tersebut akan rapuh dan juga akan mati, hal ini akan membawa pengidap pada anemia. Sering kali sel sel tersebut dapat sangat membahayakan. Pada saat ketika terjebak pada pembuluh darah kecil, sel sel tersebut akan menghalangi aliran darah yang seharusnya membawa kandungan nutrisi kedalam organ organ penting di dalam tubuh manusia.

Penyakit anemia atau kekurangan darah yang disebabkan oleh sel darah merah yang abnormal harus segera di obati dan segera di periksakan ke dokter.

Macam macam penyakit anemia yang dikarenakan produksi yang terganggu

Seseorang memproduksi sel sel darah merah di dalam sum-sum tulang belakang. Ada sebuah hormone yang dapat di hasilkan oleh ginjal yang dapat membantu produksi sel sel darah merah tersebut, hormone tersebut yaitu hormone eritropoitin. Supaya terbentuk sel sel darah merah yang sangat sehat, di butuhkan bahan baku dari zat seperti asam folat, zat besi, dan juga vitamin B12. Pada saat proses tersebut mengalami gangguan, maka akan menyebabkan penyakit anemia atau kekurangan darah dan penyakit ini bisa menyerang ibu hamil. Berikut ini merupakan mecam macam penyakit anemia atau kurang darah yang dikarenakan system produksi yang terganggu:

  • Penyakit anemia gagal ginjal: dikarenakan tubuh seseorang membutuhkan hormon erotropoitin yang bisa dihasilkan oleh ginjal untuk membantu merangsang produksi ertrosit. Maka dari itu kesehatan ginjal¬†banyak sekali pengaruhnya di dalam pembentukan sel darah merah. Di saat terjadi kerusakan pada ginjal pada waktu yang lama akan menyebabkan anemia.
  • Anemia Defisiensi Besi: hal ini merupakan anemia yang aling sering ditemui.
  • Anemia Defisiensi Asam Folat: anemia seperti ini akan membuat sel darah merah menjadi lebih besar.
  • Anemia Defisiensi Vitamin B12: anemia seperti ini disebut juga anemia perniosa yang terjadi akibat kekurangan vitamin B12.
  • Anemia Aplastik: hal ini disebabkan tidak mampunyai tubuh kita dalam membuat sel darah merah yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *