Makanan Baik & Buruk Penderita Diabetes

Posted on

Makanan Baik & Buruk Penderita Diabetes – Memilih jenis makanan untuk penderita penyakit diabetes adalah salah satu hal yang sangat penting sekali. Hal itu dilakukan agar kadar gula di dalam darah tetap terjaga. Orang yang sedang menderita penyakit diabetes tidak sembarangan untuk mengkonsums berbagai jenis makanan. Pasalnya jika penderita penyakit diabetes salah mengkonsumsi jenis makanan, maka akan menyebabkan kadar gula di dalam darah meningkat. Untuk itu penderita penyakit diabetes harus mengetahui beberapa jenis makanan sehat dan aman untuk di konsumsiserta juga mengetahui berbagai jenis makanan yang tidak boleh di konsumsinya.

Adanya peningkatan kadar gula di dalam darah pada penderita penyakit diabetes bisa berisiko menimbulkan dampak buruk pada kesehatan, seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, gagal ginjal, masalah kesehatan pada mata, sangat rentan terkena infeksi dan juga luka, bahkan juga bisa kehilangan kesadaran atau koma.

Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Baik Dan Buruk
Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Baik Dan Buruk

Beberapa Jenis Makanan Yang Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Para penderita penyakit diabetes harus sangat berhati hati saat mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Selain di tangani dengan cara pengobatan, penyakit diabetes juga perlu di tangani dengan mengikuti pola makan yang sehat atau khusus. Cara pengobatan seperti itu di sebut dengan terai nutrisi medis. Pada orang yang menderita penyakit diabetes, cara pengobatan ini sangat menganjurkan sekali untuk mengkonsumsi jenis makananyang bergizi dan memiliki kandungan rendah lemak dan kalori. Agar kadar gula di dalam darah anda tetap dalam kondisi yang normal atau selalu terkontrol.

Berikut ini ada beberapa contoh pilihan jenis makanan sehat yang sangat baik sekali dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes :

  • jenis makanan sehat yang terbuat dari bahan biji bijian utuh, atau yang memiliki kandungan karbihidrat kompleks. Contoh jenis makanan yang satu ini yaitu nasi merah, ubi panggang, oatmeal, roti, dan sereal dari biji bijian utuh lainnya.
  • Yang kedua yaitu jenis makanan sehat seperti daging tanpa lemak dan juga daging ayam tampa kulit.
  • Jenis makanan sehat selanjutnya yaitu sayur sayuran. Beberapa jenis sayur sayuran yang diolah dengan cara di rebus, di kukus, di panggan, atau di makan langsung sebagai lalapan bisa bermanfaat sangat baik bagi pederita diabetes. Jenis sayur sayuran yang baik untuk di konsumsi oleh penderita penyakit diabetes yaitu sayuran seperti brokoli, ayam, dan beberapa jenis sayur sayuran hijau yang lainnya.
  • Beberapa jenis buah buahan segar, beberapa jenis buah buahan juga bermanfaat dapat mengatasi penyakit diabetes secara alami. Jika anda ingin mengkonsumsinya sebainya pilih buah yang masih segar. Selain itu jika anda inggin mebuatnya menjadi jus sebaiknya jangan di tambah dengan bahan yang lainnya seperti gula.
  • Jenis makanan sehat seperti kacang kacangan, beberapa jenis kacang kacangan juga baik sekali di konsumsi oleh penderita penyakit diabetes. Jenis kacar yang baik di konsumsi penderita penyakit diabetes yaitu kacang kedelai dan yang lainnya.
  • Jenis makanan popcron tawar juga salah satu jenis makanan yang diajurkan untuk di konsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes.
  • Berbagai produk olehan susu, jenis produk olehan susu yang yang memiliki kandungan rendah lemak sangat di anjurkan untuk di konsumsi penderita penyakit diabetes. Jenis produk susu tersebut yaitu seperti youghurt dan juga telur. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi youghurt yang rendah lemak serta tanpa tambahan pemanis bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2.
  • berbagai jenis ikan, ikan juga sangat di sarankan untuk di konsumsi oleh penderita penyakit diabetes. Berbagai jenis ikan tersebut yaitu seperti ikan salmon, dan juga ikan makarel. Tetapi sebaiknya orang yang menderita penyakit diabetes untuk menghindari konsumsi jenis ikan yang memiliki kkadar merkuri yang tinggi di dalamnya contohnya seperti ikan tongkol.

Beberapa Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Penyakit Diabetes :

Bagi sebagian besar masyarakat khususnya masyarakat indinesia, belum merasa puas jika menu makanannya tidak di lengkapi dengan nasi putih. Padahal bagi orang yang sedang menderita diabetes jenis manakan pokok yang satu ini dapat mempengaruhi kesehatanya. Dan sebaiknya penderita diabetes menghindari jenis makanan pokok ini karena memiliki kadar gula yang sangat tinggi sekali jika di bandingkan dengan sumber karbihidrat yang lainnya.

Selain nasi putih, ada juga beberapa jenis makanan yang lainnya yang harus dihindari oleh penderita diabetes agar kadar gula di dalam darah tetap normal atau tetap terjaga. Beberapa jenis makanan tersebut yaitu : 

  • Roti tawar putih, jenis makanan yang satu ini harus di hidari oleh penderita penyakit diabetes karena bisa membuat kadar gula menjadi meningkat.
  • Beberapa jenis makanan yang diolah menggunakan tepung terigu. Jenis makanan yang satu ini juga harus dihindari oleh penderita diabetes agar tetap dalam kondisi stabil.
  • Berbagai jenis makanan seperti buah buahan kaleng yang di dalamnya terdapat atau mengandung banyak kandungan gula.
  • Daging berlemak dan juga daing ayam yang berkulit.
  • Beberapa produk susu yang memiliki kadar lemak tinggi.
  • Berbagai jensi makanan yang dilah dengan cara di goreng, sebagai contohnya yaitu daging ayam yang di goreng, pisang goreng, kentang goreng, dan yang lainnya.
  • Popcron yang memiliki banyak rasa.

Jika anda sedang menderita penyakit diabetes, sangat di anjurkan sekali untuk mengkonsumsi jenis makanan yang diolah sendiri. Dengan demikian anda bisa memantau sendiri bahan baku dan juga bahan tambahan untuk membuat makanan tersebut sehingga lebih aman untuk di konsumsi. Selain harus jeli dalam memilih berbagai jenis makanan bagi penderita diabetes, anda juga harus secara ruti untuk selalu mengecek kadar gula darah.

Jenis tes gula darah tersebut bisa beragam, misalnya seperti tes gula darah saat puasa, tes gula darah sewaktu waktu, tes hemogblobin A1c (HbA1c), dan tes toleransi glukosa oral. Anda juga perlu mengkonsutasikan ke dokter untuk menentukan tes gula darah apa yang cocok untuk kondisi kesehatan tubuh anda dan juga takaran makanan yang pas untuk anda.

Dengan menjalankan pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan juga cara pengobatan yang tepat. Maka kadar gula darah di dalam tubuh anda bisa lebih mudah terkontrol. Sehingga risiko terkena penyakit komplikasi akan lebih sedikit.