Makanan Baik & Buruk Bagi Penderita Asam Urat

Posted on

Makanan Baik & Buruk Bagi Penderita Asam Urat – Rematik atau Asam urat merupakan salah satu jenis peyakit arthitis yang dapat terjadi bila anda memiliki terlalu banyak kandungan asam urat di dalam darah anda. Kandungan asam urat tersebut bisa menjadi atau membentuk kristal tajam di bagian sendi sendi dalam tubuh.

Pada dasarnya anda bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit rematik atau asam urat ini. Sebagai salah satu caranya yaitu seperti menghindari jenis makanan yang memiliki kandungan kadar purin tinggi di dalamnya. Jenis makanan yang memiliki kadar purin tinggi di dalamnya yaitu seperti daging merah, jeroan, ikan yang berminyak, dan juga boga bahari (seafood). Selain itu anda juga harus menghindari jenis minuman manis yang memiliki kandungan gula yang berlebih serta juga menghindari jenis makanan ringan.

Makanan yang baik dan buruk bagi penderita asam urat
Makanan yang baik dan buruk bagi penderita asam urat

Anda juga harus selalu menjaga berat badan anda agar dalam keadaan yang selalu sehat, serta lakukan diet sehat yang seimbang. Selain itu anda juga di sarankan untuk berolah raga secara teratur, dan melakukan suatu aktivitas yang tidak menganggu persendian anda. Dengan memperbanyak asupan air atau memperbanyak minumair putih dapat bermanfaat mengurangi risio terjadinya pembentukan kristal asam urat di dalam persendian anda. Dan sebaiknya anda juga menghindari jenis minuman yang mengandung alkohol. Pengaturan pola makan dan juga minum seperti tersebut bukanlah sarana untuk pengobatan melainkan hanya untuk membantu mengurangi timbulnya gejala asam urat atau rematik.

Kadungan Purin dan Asam Urat

penyakit asam urat atau rematik bisa menyebabkan timbulnya pembengkakan dan juga menimbulkan rasa nyeri ppada sendi, terutama di bagian sendi pada jempol kaki. Peradangan sendi tersebut bisa di sebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat atau limbah alami yang ada di dalam tubuh.

Asam urat dapat tercipta pada saat tubuh memecah bahan kimia yang di kenal dengan purin. Kandungan purin tersebut dapat di produksi secara alami di dalam tubuh serta juga dapat di temukan dalam asupan jenis makanan tertentu. Jika ginjal anda tidak dapat menyaring asam urat yang cukup, atau tubuh anda memproduksi asam urat dalam jumlah yang tinggi maka hal tersebut akan memicu terjadinya pengkristalan asam urat. Dan juga kristal tersebut masuk ke dalan bagian persendian tubuh anda maka bisa menyebabkan peradangan yang sangat menyakitkan, timbul kemerahan, serta mengalami pembengkakan.

Panduan Pola Makan Pada Penderita Asam Urat

Asam urat atau rematik bisa di tangani dengan cara banyak mengkonsumsi jenis makanan sehat. Jenis makanan sehat tersebut yang bisa bermanfaat mengurangi risiko terjadinya asam urat karena adanya penumpukan kandungan purin di dalam tubuh. Selain itu anda juga harus membatasi asupan makanan dan juga minuman yang memiliki banyak kandungan purin di dalamnya. Berikut ini adalah panduanya.

Batasi Mengkonsumsi Jenis Makanan Berikut :

  • Jenis makanan daging merah, contohnya yaitu daging sapi, daging kambing dan juga daging bebek
  • Jenis makanan jeroan, contohnya yaitu jeroan hati, orak, ginjal dan yang lainnya
  • Beberapa jenis ikan, contohnya ikan sarden, ikan tuna, dan juga makarrel.
  • Beberapa jenis minuman beralkohol, contohnya bir dan juga jenis minuman yang lainnya.
  • Jenis makanan seafood
  • Beberapa jenis makanan yang manis manis dan juga jenis minuman ringan yang di dalamnya memiliki kada gula buah atau fruktodanya yang tinggi.
  • Jenis makanan yang memiliki kandungan ragi di dalamnya misanya roti dan jenis makanan yang lainnya.
  • Beberapa jenis sayuran seperti sayur bayam, sayur jamur, kembang kol, kacang polong, kacang merah, kacang panjang, dan yang lainnya. Jenis sayuran tersebut memang memiliki kandungan purin yang tergolong tinggi di dalamnya.

Memperbanyak Konsumsi Jenis Makanan Berikut :

  • beberapa jenis buah buahan tertentu, seperti buah jeruk, buah melon, dan juga buah apel
  • Memperbanyak konsumsi jenis sayuran tertentu, seperti wortel, tomat, dan juga sayuran hijau lainnya.
  • Pastikan asupan cairan dalam tubuh terpenuhi, hal tersebut dapat membantu untuk mengurangi risiko terjadinya pembentukan kristal di dalam sendi anda. Sebaiknya anda minum air putih sebanyak minimal 2 liter perhari. Tetapi tetkadang tubuh anda juga memerlukan asupan cairan sebanyak 3 liter perhari. Hal tersebut tergantu pada berat badan anda. Anda juga angat di sarankan sekali untuk berolah raga secara rutin setiap harinya.
  • Mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki sumber karbihidrat kompleks seperti kentang, dan jua beras merah.
  • Mengkonsumsi produk susu yang mengadung lemak rendah.

Selain dengan cara mengatur pola makan yang sehat, sangat penting sekali bagi penderita asam urat ata rematik untuk selalu menjaga berat badannya dengan cara berolahraga secara teratur setiap hari. Karena berat tubuh yang berlebinah atau obesitas juga bisa menjadi salah satu faktor yang utama terjadinya penyakit rematik atau asam urat.