Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Posted on

Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa – Menjaga kesehatan pada saat berpuasa memang sangat penting sekali. Tidah cukup beolahraga dan juga beristirahat, tetapi anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang anda konsumpi pada saat berbuka dan juga sahur. Tentunya anda memiliki lebih banyak waktu untu menyiapkan menu makanan pada sat akan berbuka puasa di bandingkan dengan sahur. Oleh sebab itu, anda bisa menyiapkan menu makanan untuk berbuka puasa yang sehat untuk di konsumsi. Nah berikut ini kita akan membahas tentang beberapa jenis makanan yang sehat untuk di konsumsi pada saat berbuka, ddiantaranya yaitu sebagai berikut.

makanan yang sehat untuk berbuka puasa
makanan yang sehat untuk berbuka puasa
  1. Kurma

Kurma merupakan salah satu jenis makanan yang wajib ada pada saat berbuka puasa. Pada saat akan membatalkan puasa sebaiknya anda tidak mengkonsumsi jenis makanan yang berat dahulu. Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan ringan seperti kurma ini. Kurma memiliki banyak sekali manfaat yang sangat posiitif bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu dapat mengatasi anemia.

Hal tersebut dikarenakan kurma ini memiliki kandungan zat besi yang tergolong sangat tinggi, maka secara tidak langsung jenis makanan yang satu ini akan menjadi suplemen alami bagi orang yang menderita anemia.

  1. Takjil

sama halnya seperti kurma, takjil merupakan makanan yang bisa di jadikan sebagai jenis makanan ringan untuk membatalkan puasa. Tatapi untuk menjadikan takjil ini sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa sebaiknya anda mengolah sendiri di rumah. Takjil yang diolah sendiri di rumah tentunya lebih sehat dan higenis serta bebas dari zat pewarna dan perasa makanan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Sebagai beberapa contoh takjil yaitu sebagai beriut, sop buah dengan madu, salad buah segar, agar agaran serta yang lainnya.

  1. Ikan Bakar

menu buka puasa yang satu ini sangat aman sekali jika di konsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet. Pasalnya ikan merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan lemak sangat rendah sekali. Untuk mengolah ikan ini menjadi menu berbuka puasa sebaiknya anda menggunakan jenis ikan seperti ikan mas, gurame, ikan kakap, dan juga ikan dorang. Agar menu makanan ini lebih sehat lagi, sebaiknya hindari pembakaran dengan menggunakan mentega. Sebagai penggainya anda bisa menggunakan olive oil. Sementara itu, untuk membumbui ikan bakar tersebut supaya labih lezat anda bisa menggunakan cabe, jeruk nipis, merica, serta sedikit kecap manis. Agar dapat bermanfaat lebih sehat lahi untuk kesehatan sebaiknya hindari ikan yang gosong, sebab hal tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit kanker meningkat.

  1. Aneka Sup

jenis makanan hangat seperti sup ini dapat bermanfaat menenangkan perut yang sedang bermasalah setelah seharian penuah berpuasa. Selain hal tersebut, makanan sup ini lebuh sehat jika dibandingkan dengan jenis makanan seperti  gorengan. Nah, sup apa saja yang bisa di konsumsi saat berbuka puasa, jenis sup tersebut yaitu sup ayam dan yang lainnya. Sup ayam ini bisa dijadikan sebagai alternatif menu makanan sehat yang bisa di sajikan saat berbuka puasa. Daging ayam yang diolah dengan sup dapat menyediakan asupan kandungan protein yang nantinya bisa diolah menjadi energi.

Selain sup ayam anda juga bisa membuat menu makanan sup yang berisi aneka sayuran seerti misalnya capcay. Di dalam kuah capcay ini terdapat aneka jenis sayuran seperti wortel, sawi dan kol. Anda juga bisa menambahkan lagi daging ayam, bakso, jamur ke dalam capcay tersebut agar tahbah lezat.

  1. Karedok Atau Pecel

bisa dibilang bahwa karedok tau salah merupakan salat ala indonesia. Karedok ini memiliki kesaam dengan pecel. Kedua jenis makanan tersebut sama sama berisi jenis sayuran yang di siram oleh bumbu kacang. Yang dapat membedakan kedua jenis makanan tersebut yaitu karedok berasal dari jawa barat sedangkan pescel berasal dari jawa barat.

Anda pasti sudah mengetahui mengapa kedua jenis makanan ini di anggap sebagai menu makanan yang sehat untuk berbuka puasa. Ya, kedua jenis makanan tersebut sama sama diolah dengan sayuran yang memiliki kandungan serat, vitamin dan kandungan nutrisi yang lainnya. Kedua jenis makanan tersebut juga sama sama di konsumsi menggunakan nasi. Tatapi jika anda ingin menyajikan jenis makanan ini untuk bua puasa seaiknya sambal kacangnya dibuat tidak terlalu pedas.

  1. Nasi Merah Dan Kentang Rebus

nasi merah dan juga kentang rabus merupakan jenis makanan sehat yang bisa anda konsumsi pada saat berbuka puasa. Anda bisa mendapatkan kandungan karbihidrat kompleks yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh dari mengkonsumsi nasi merah dan juga kentang rebus ketika berbuka puasa. Pasalnya kandungan kalori yang ada ada nasi merah dan juga kentang tebus tidak sebanyak yang terkandung pada nasi putih.

Oleh karena itu, kedua jenis makanan tersebut sering sekali di konsumsi oleh orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Meskipun anda tidak sedang menjalankan program diet, anda tetap bisa mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut saat berbuka puasa.

  1. Daging Panggang

tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi daging saat berbuka puasa. Namun pastikan dulu anda sudah memangkas kandungan lemak yang ada pada daging tersebut. Untuk digunakan sebagai menu buka puasa yang sehat, sebaiknya anda memilih daging tapa lemak. Anda bisa mengolah daging tersebut dengan cara di panggang.

  1. Ayam Panggang / Rebus / Pepes

daging ayam bisa diolah menjadi menu makanan apa saja contohnya diolah menjadi sup dan juga soto. Tak hanya itu saja, ayam juga diolah dengan berbagai cara seperti di panggang, rebus, dan di pepes dengan menggunakan bumbu yang masih segar. Namun sebaiknya anda menghindari mengolah daging ayam dengan cara di goreng. Apalagi di tambah dengan menggunakan tepung.

  1. Tumis Sayuran

ada banyak sekali jenis sayuran yang bisa diolah menjadi tumis, contohnya seperti kangkung, sawi, bayam dan yang lainnya. Jenis sayuran tersbut bisa diolah dengan cara di tumins dengan menggunakan bumbu yang sangat sederhana sekali. Anda hanya perlu menggunakan bumbu dapur seperti garam merica dan juga yang lainnya. Gunakanlah olive oil saat mengolah sayuran tersebut.

Baca Juga @ Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

  1. Oatmeal

Oetmeal merupakan salah satu jenis makanan yang sangat praktis dan juga sehat untuk di konsumsi saat berbuka puasa. Selain itu jenis makanan yang satu ini juga sangat baik juda di konsumsi saat sahur. Oatmeal merupakan jenis makanan yang mamiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Mengkonsumsi oatmeal ini pada saat sahur bisa membuat anda merasa kenyang yang labih lama. Dengan demikian jenis makanan yang satu ini bisa bermanfaat untu mengganjal perut anda ketika merasa lapar saat berpuasa.selain itu anda juga bisa menambahkan topping seperti beberapa jenis buah buahan segar, madu, susu yang rendak lemak, dan juga granola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *