15 Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah

Posted on

15 Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah – Pada saat anda mengalami masalah darah rendah (Hipotensi), dimanan tekanan darah yang ada di dalam tubuh mengalami penurunan jauh di bawah normal. Keadaan tersebut biasanya akan di sertai dengan timbulnya gejala gejala seperti pusing, penglihatan menjadi kabur, kelelahan, hilang kesadaran dan juga masalah yang lainnya. Untuk dapat mencegah atau mengurangi gejala gejala darah rendah tersebut, anda harus mengatur menu makanan yang akan dikonsumsi. Anda juga haru mengetahui apa saja jenis makanan yang dianjurkan serta jenis makanan yang di pantang saat menerita darah rendah.

Tidah bisa di pungkiri lagi bahwa asupan nutrisi yang ada pada makanan sangat penting sekali dan sangat mempengaruhui tingkat tekanan darah di dalam tubuh seseorang. Ada beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan sekali untuk di konsumsi bagi orang yang sedang menderita darah rendah. Lalu apa saja jenis makanan tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang sangat baik sekali untuk di konsumsi orang yang menderita darah rendah.

Makanan Sehat Penderita Darah rendah
Makanan Sehat Penderita Darah rendah

1. Kismis

jenis makanan yang satu ini tidak hanya bisa bermanfaat dapat membantu mengurangi hipertensi, tetai juga bisa bermanfaat dapat mengatasi masalah tekanan darah rendah secara efektif. Kismis ini di anggap sebagai salah satu jenis makanan yang bermanfaat dapat mengobati masalah tekanan darah rendah. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengalami tekanan darah rendah anda bisa menambahkan kismis ini ke salah satu menu makanan anda.

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, anda bisa merendam kismis ini sebanyak 10 di dalam air, dan biamkan dulu selama satu malam. Nah, ke esokan harinya baru anda bisa mengkonsumsi kismis tersebut satu persatu secara rutin dan dalam keadaan perut masih kosong. Sebaiknya kunyahlah terlebih dahuli kismis tersebut hingga lembut sebelum masuk ke dalam perut. Sebagai alternatif atau cara lainnya, yaitu dengan mengkonsumsi air rendaman kismis. Konsumsilah secara rutin selama 1 bulan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Akar Licorice

Akar licorice merupakan salah satu jenis makanan yang bisa mengatasi tekanan darah rendah. Selain bisa bermanfaat dapat mengatasi darah rendah, jenis makanan yang satu ini juga sangat baik sekali untuk di konsumsi orang yang menderita sindrom kelelahan kronis. Makanan ini juga bisa membantu untuk menurunkan massa lemak di dalam tubuh. Tatapi makanan ini cenderung dapat menyebabkan retensi cairan.

Oleh sebab itu, agar bisa mengatasi masalah tekanan darah rendah, sebaiknya anda menggunakan makanan ini sebanyak 400 sampai 500 mg saja. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi teh licorice dengan di tambahkan lagi dengan bubuh akar licorice ke dalam minuman teh tersebut. Setelah itu anda bisa menyaringnya lalu minumlah teh tersebut secara rutin setiap hari sampai tekanan darh di dalam tubuh anda kembali normal.

3. Jus Buah

Dengan minum air putih secukupnya serta minum jus buah secara rutin sepanjang hari maka bisa bermanfaat dapat menjaga tekanan dapat di dalam tubuh menjadi normal. Hal tersebut di karenakan, dengan mengkonsumsi jenis makanan untuk mengatasi darah rendah, hal tersebut dapat menimbulkan dehidrasi dan bisa membuat tekanan daah menjadi rendah.

Selain itu dengan mengkonsumsi jus buah yang masih segar, juga bermanfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal itu di karenakan buah memiliki banyak sekali kandungan nutrisi salah satunya yaitu kandungan vitamin yang sangat di perlukan oleh tubuh. Anda juga bisa mengkonsumsi buah buahan segar secara langsung atau bisa di campurkan dengan yoghurt atau dengan es krim. Agar bida mendapatkankan hasil yang maksimal sebaiknya anda menhindari atau berhenti merokok karena hal tersebut bisa membuat tubuh anda menjadi dehidrasi.

4. Biji Bunga Matahari Dan Labu Asin

kedua jenis makanan tersebut juga sangat baik sekali untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah. Anda bisa mengkonsumsi kedua makanan tersebut guna mencukui kandungan garam serta bertujuan untuk menstabilkan tekanan darah rendah. Keduan jenis makanan tersbut juga memiliki kandungan vitamin E yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh.

5. Jeroan Hati

masalah Hiotensi sering sekali di kaitkan dengan kurangnya asupan kandungan folat dan juga kandungan vitamin B12 di dalam tubuh. Dengan demikian penting sekali untuk menambah jenis makanan yang satu ini ke dalam menu makanan anda. Hal tersebut di karenakan hati memiliki banyak sekali kandungan folat dan juga vitamin B12 di dalamnya sehingga bisa mencegah terjadinya tekanan darah rendah.

6. Susu Dan Kacang Almond

kombinasi kedua jenis makanan tersebut sangat bermanfaat dapat membantu mengendalikan tekanan darah rendah dengan cara bekerja pada kelenjar adrenal di dalam tubuh. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus merendam kurang lebih 4-5 kacang almond dan biamkan selama 1 malam. Di pagi harinya anda bisa mengupasnya lalu tumbuk hingga halus. Anda bisa mencampurkan bubuh almond tersebut dengan segelas air susu.

7. Jus Wortel

wortel merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi pilihan untuk mengatasi takanan darah rendah. Kandungan pada wortel ternyata bisa bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah dan juga bisa mengendalikan tekanan darah. Untuk mendapatkan hasil terbaik, anda bisa menambahkan lagi madu murni ke dalam jus wortel. Minumlah jus wortel tersebut secara rutin setiap hari sampai tekanan darah anda menjadi norma.

8. Daun Kemangi

daun kemangi juga bianggap dapat mengatasi tekanan darah rendah. Hal tersebut dikarenakan daun kemangi memiliki kandungan vitamin, potasiun dan juga magnesium yang sangat efektif sekali untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh.

9. Jus Lemon

lemon juga sangat efektif sekali untuk mengatasi tekanan darah rendah. Hal itu di sebabkan karena kandungan anti oksidan yang ada di dalam lemon dapat mengendalikan sirkulasi darah dan juga dapat menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh.

10. Bawang Putih

bawang putih memiliki kandungan senyawa yang mampu menstabilkan tekanan darah dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda cukup mengkonsumsi 2 siung pada malam hari sebelum tidur.

11. Minuman Bekafein

jenis minuman yang berkafein mampu meningkatkan tekanan darah untuk sementara. Hl tersebut di karenakan kandungan kafein mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin. Dan juga dapat menghalangi reaksi hormon yang bisa lelebarkan arteri.

12. Teh Rosemary

jenis minuman teh ini juga sangat baik sekali untuk tekanan darah rendah. Jenis teh yang satu ini dikenal mampu mengatasi masalah tekanan darah rendah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa mengkonsumsi teh ini secara rutin setiap hari.

13. Jus Buah Bit

jus buah bit ini memiliki manfaat dapat meningkatkan tekanan darah. Jenis buah yang satu ini memang belum terkenal di indonesia. Namun sebagian orang sudah banyak yang menggunakan buah ini untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah. Buah bit ini juga bisa mengatasi gejala hejala yang di sebabkan oleh tekanan darah rendah.

14. Gingseng

tanaman khas korea yang satu ini juga sangat di anjurkan untuk di konsumsi oleh penderita takanan darah rendah. Sudah sejak lama gingseng ini di gunakan untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah. Selain itu juga bisa menstabilkan tekanan darah seseorang yang mengkonsumsinya.

15. Garam

garam juga ternyata bisa mengatasi masalah tekanan darah rendah. Hal itu dikarenakan, garam memiliki kandungan natrium yang mampu maningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Perlu anda ketahui anda juga harus membatasi penggunaan garam ini karena dapat menimbulkan salah kesehatan yang lainnya.