Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat

Posted on

Tubuh memiliki banyak kelenjar, salah satu kelenjar penyebab jerawat yang biasa dikenal ialah kelenjar sebaceous. Kelenjar ini mempunyai peran penting yaitu mensekresi sebum untuk menjaga kulit dan rambut agar terlumasi. Dalam keadaan normal, sebum ini disekresikan dari dalam kelenjar dan akhirnya bisa mencapai jaringan kulit atas. Namun, tubuh terkadang mulai mensekresi kelebihan zat ini dan sel-sel kulit mati. Sehingga folikel rambut akan tersumbat. Ketika folikel rambut terinfeksi, menyebabkan timbulnya bintik-bintik merah dengan noda putih yang biasa disebut sebagai jerawat. Jerawat juga bisa ditimbulkan oleh beberapa penyebab substansial lainnya, seperti kandungan minyak berlebih pada wajah, kontribusi hormon, bakteri, alergi obat/makanan tertentu dan faktor genetik.

Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat
Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat

Penyebab Jerawat

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa bawang putih memiliki khasiat untuk menyembuhkan jerawat dan dapat membuat kulit wajah anda menjadi bersih. Kandungan paling utama dari bawang putih yang mampu menjadi obat jerawat ialah kandungan alicin. Alicin merupakan kandungan alami pada bawang putih yang memiliki sifat alami sebagai anti bakteri.

Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih Untuk Jerawat Dan Bekasnya

Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk jerawat:

  1. Membantu mengempeskan jerawat
    Jerawat dengan warna kemerahan dan berbentuk agak besar biasanya adalah jerawat yang meradang. Jika disentuh sedikit pun jika jerawat meradang pasti anda akan merasakan sakit. Dengan menggunakan bawang putih untuk jerawat batu sebagai masker, dengan pemakaian rutin jerawat yang besar dan meradang seiring pemakaian akan mengempis dan mengecil dengan sendirinya. Sehingga jerawat lebih cepat mengering dan sembuh tanpa meninggalkan bekas yang dibenci oleh kaum wanita.
  2. Membersihkan komedo
    Umumnya, jerawat akan timbul pada wajah dengan diserta munculnya komedo terlebih dahulu. Komedo tersebut timbulnya dibagian-bagian tertentu pada wajah, seperti hidung, sekitar dagu, dll. Bawang putih mengandung anti-bakteri serta anti-biotik alami yang mampu mengusir bakteri jahat yang ikut mengendap didalam pori-pori sehingga membuatnya komedo beserta lemak dalam wajah dapat dikeluarkan dikeluarkan dengan mudah dan anti-bekteri penyebab nya datang lagi.
  3. Menghilangkan noda hitam
    Khasiat bawang putih untuk jerawat meradang lainnya ialah dapat menghilangkan noda hitam yang ditimbulkan oleh bekas jerawat. Kebiasaan buruk dengan memencet atau menyentuh jerawat juga dapat menyebabkan jerawat meradang dan meninggalkan bekasnya yang berbentuk seperti noda hitam. Noda tersebut dapat mempengaruhi penampilan anda didepan publik. Zat anti inflamasi pada bawang mampu memudarkan noda tersebut sehingga wajah bisa terbebas dari noda dan kembali cerah.
  4. Mengurangi peradangan akibat jerawat
    Biasanya pada awal timbulnya jerawat, di wajah akan terasa perih, sakit, gatal hingga memerah serta dapat menimbulkan peradangan jerawat di wajah dan sensitif. Kandungan zat anti-inflamasinya yang terkandung pada bawang putih sangat baik berperan aktif untuk mengurangi peradangannya. Juga dapat mengurangi warna kemerahan pada jerawat akibat sensitifnya kulit dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan jerawat dengan memberikan sensasi dingin pada kulit wajah.

Efek samping bawang putih untuk obat jerawat pada kulit

  1. Menimbulkan noda hitam

Jerawat anda mungkin hilang, namun timbul masalah lainnya yakni noda hitam akibat bekas jerawat. Tentunya ini sangat mengganggu, sama halnya dengan jarawat. Noda hitam ini akan muncul saat anda membersihkan jerawat dengan bawang putih.

  1. Menimbulkan rasa gatal

Selain perih, anda juga akan merasakan gatal. Hal ini terjadi karena timbulnya rasa panas dari bawang putih. Anda justru akan semakin ingin menggaruk bagian kulit yang berjerawat.

  1. Timbulnya rasa panas

Bawang putih jika digosokkan pada wajah akan menimbulkan rasa panas. Rasa panas ini justru menimbulkan efek lain yakni iritasi karena merasakan perih yang terjadi di area kulit yang anda gosok dengan bawang putih. Selain itu rasa perih akan lebih hebat saat jerawat anda pecah.

Perawatan Wajah Jerawat Alami

Apabila anda ingin menggunakan jasa dokter wajah dan dokter kulit dalam menghilangkan jerawat. Namun daripada anda harus mahal-mahal pergi ke dokter kulit dan dokter wajah, perawatan alami bisa menjadi pilihan. Salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat ialah bawang putih yang digunakan sehari hari untuk memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *