Manfaat Buah Manggis Putih yang Luar Biasa

Posted on

Manfaat Buah Manggis Putih yang Luar Biasa – Pada umumnya buah manggis yang sering sekali kita konsumsi memiliki warna kulit buah yang sangat khas sekali yaitu merah gelap agak keunguan. Namun, selain buah manggis memiliki warna merah gelap dan agak keunguan ternyata buah manggis ini juga memiliki jenis varian buah yang berwarna putih. Buah manggis jenis ini sangat banyak sekali di temukan di Lingsor, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat yang sering sekali di katakan sebagai peninggalan raja Bali. Pada saat masih muda, jeis buah manggis ini memiliki warna kulit yang dimonan putih.

Akan tetapi ketika pada saat akan di panen atau sudah matang, kulit buah manggis jenis ini akan berubah menjadi agak keungguan seperti buah manggis pada umumnya. Dari segi rasa, jenis buah manggis yang satu ini memiliki rasa yang lebis manis dan memiliki daging buah yang lebih tebal serta serta tekturnya yang lebih renyah. Hal tersebut di karenakan kandungan air yang ada di dalam buah manggis jenis ini tidak sebanyak pada buah manggis pada umumnya.

manfaat manggis putih
manfaat manggis putih

Buah manggis putih ini memiliki pohon yang tahan sekali oleh serangan hama dan juga dapat hidu dalam jangka waktu yang lumayan lama yakni 200 tahun. Jika dilihat dari segi nutrisinya, buah manggis putih ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisinya. Kandungan nutrisi tersebut seperti kandungan serat, protei, asam folat, fosfor, magnesium, zat besi, dan yang lainnya. Selain itu buah manggis putih ini juga mengandungan beberapa jenis kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, dan juga beberapa kandungan vitamin yang lainnya. Kandungan kandungan nutrisi yang ada pada buah manggis putih tersebut sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat dari buah manggis tersebut? Berikut ulasan tentang manfaat dari buah manggis putih bagi kesehatan tubuh.

1. sebagai zat anti kanker

buah manggis yang satu ini memiliki kandungan xanthones yang sangat ampuh sekali untuk mencegah penyakit kanker. Selain itu juga memiliki efek anti bakteri dan juga anti inflamasi. Kandungan xanthones yang ada pada buah manggis putih ini bisa bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar. Hal tersebut bisa sangat baik sekali untuk di kombinasikan dengan obat anti kanker yang lainnya. Kandungan tersebut tidak hanya bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker usus saja, tetapi buah yang satu ini sangat baik sekali untuk di konsumsi untuk melawan jenis penyakit kanker yang lainnya seperti misalnya kanker payudara, kanker prostat dan juga kanker kulit.

2. memiliki sifat anti radang

buah manggis putih ini sebali bisa bermanfaat sebagai zar anti kanker ternyata juga memiliki sifat anti radang dan juga memiliki properti zat anti inflamasi. Tidak hanya hal tersebut saja buah manggis ini juga memiliki sifat anti alergi. Hal tersebut bisa menghambat proses pelepasan histamin dan juga prostagladin penyebab terjadinya peradangan pada tubuh manusia sekaligus juga dapat mengurangi rasa sakit yang telah di timbulkan oleh peradangan tersebut.

3. merawat kulit tubuh

tidah hanya daging buahnya saja yang bisa di manfaatkan, ternyata bagian kulit dari buah manggis putih ini juga bisa di manfaatkan sebagai obat perawatan kulit tubuh. Kulit buah manggis putih ini juga sangat baik di konsumsi sebagai zat anti kanker kulit. Masalah kesehatan kulit seperti misalnya peradangan kulit, penuaan dini, alergi kulir, eksim, dan juga infeksi bakteri bisa di atasi dengan menggunakan kulit buah manggis putih ini. Hal tersebut di karenakan kulit buah manggis jenis ini memiliki zat anti bakteri, anti inflamasi, anti alergi, anti oksidan serta juga anti jamur yang sangat baik sekali untuk mengatasi samasalah kesehatan kulit tubuh.

4. meningkatkan sistem kekebalan tubuh

buah manggis putih merupakan salah satu jenis buah buahan yang kaya akan kandungan nutrisinya, kandungan vitamin mineral dan juga kandungan xanthone bisa sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Jika sistem kekebalan tubuh manusia dalam keadaan baik maka tubuh tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit baik itu jenis penyakit ringan maupun jenis penyakit berat sekalipun.

5. tinggi akan zat anti oksidan

sama halnya dengan buah manggis pada umumnya, buah manggis putih ini juga memiliki sumber zat anti oksidan yang tergoong sangat kuat sekali untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Zat anti oksidan yang ada di dalam buah manggis putih yaitu xanthone yang memiliki kandungan penguat sel, dengan demikian buah manggis putih ini memiliki nilai obat sebagai penyembuhan dan juga untuk pencegahan berbagai jenis penyakit.

6. mempercepat proses penyembuhan

buah manggis putih dengan kandungan yang bersifat anti oksidan dan juga zat anti radang sangat baik sekali untuk di konsumsi bahkan juga bisa di terapkan sebagai obat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Daun dan juga kulit buah manggis putih bisa di manfaatkan dan juga bisa diaplikasikan sebagai obat luka pada kulit. Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan nerebus daun dan juga kulit buah manggis tersebut lalu basuhkan pada area kulit yang sedang luka.

7. mengontrol diabetes

diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah umum terjadi di masa sekarang ini. Penyakit ini ternyata tidak hanya bisa di atasi dengan mengkonsumsi obat obatan kimia. Namun ternyata juga bisa di atasi dengan menggunakan buah manggis putih ini. Kandungan yang ada di dalam buah yang satu ini bisa bermanfaat untuk mengatur dan juga mengolah kadar gula darah di dalam tubuh.

8. bisa mengatasi masalah jerawat

selain buah manggis putih ini bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit ternyata jenis buah yang satu ini juga bisa di mangaatkan sebagai obat masalah jerawat yang alami. Hal tersebut bisa terjadi karena zat anti oksidan yang ada pada buah manggis putih dapat bekerja untuk mengurangi produksi spesies reaktif dan juga bisa mencegah produksi sitokin pro inflamasi pembentuk jerawat.

Baca juga :

  1. Mengenal 10 Obat alami penyakit tifus
  2. Panas Dalam ? Coba atasi dengan 8 Bahan Alami ini
  3. Ini Adalah Tips & 8 Obat Alami Wasir

9. meningkatkan kesehatan organ jantung

tingginya tingkat stres oksidatif diikuti juga dengan defisit anti oksidan bisa menjadi dua faktor penting penyebab terjadinya penyakit serangan jantung. Efek dari kardioprotektif dari buah manggis putih ini yang merupakan turunan dari kandungan xanthone sangat penting sekali untuk dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Dengan demikian sangat di sarankan sekali bagi seseorang yang menderita penyakit jantung untuk mengkonsumsi buah manggis putih ini. Selain itu buah manggis putih ini juga bisa menjaga kesehatan jantung dan juga bisa mencegah penyakit stroke.

10. melancarkan sistem pencernaan

buah manggis putih ini merupakan salah satu jenis buah buahan yang di dalamnya terdapat kandungan serat yang sangat baik sekali bagi kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah manggis putih ini secara teratur maka masalah kesehatan pencernaan seperti sembelit, diare dan juga gangguan pencernaan lainnya bisa teratasi dengan sangat ampuh. Selain itu jenis buah manggis yang satu ini juga dapat meningkatkan prebiotik di dalam usus.