Manfaat Daun Binahong Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Posted on

Manfaat Daun Binahong Yang Tidak Banyak Orang Tahu – Untuk masyarakat yang tinggal di desa, mungkin mereka tahu banyak tentang ciri-ciri daun binahong, walaupun tidak banyak yang mengerti apa saja manfaat daun binahong. Ya, daun yang dulunya tidak banyak orang peduli kini banyak orang yang mencarinya. Tanaman binahong akhir-akhir ini jadi semakin populer karena dapat menjadi obat untuk berbagai keluhan kesehatan.

Manfaat Daun Binahong Yang Tidak Banyak Orang Tahu
Manfaat Daun Binahong Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Tanaman binahong adalah salah satu tanaman herbal yang dapat digunakan untuk pengobatan alami, meskipun cenderung memberikan hasil yang lebih lama dibandingkan obat dokter. Akan tetapi, daun binahong adalah keputusan tepat untuk anda yang ingin mencari pengobatan yang aman.

Manfaat Daun Binahong Dan Kandungannya

Karena dijadikan sebagai obat herbal, penelitian pada daun binahong pun terus digencarkan. Baru-baru ini, daun binahong ditemukan memiliki kandungan antioksidan flavonoid serta senyawa lainnya seperti:

  1. Zat antioksidan – Zat inilah yang bekerja secara efektif untuk mengatasi radikal bebas dan mencegah zat karsinogen yang memicu pertumbuhan sel kanker merusak tubuh anda. Dengan mengkonsumsi daun binahong, hal ini sama dengan mencegah terkena masalah kesehatan terutama kanker. Zat ini juga ditemukan pada daun lainnya seperti daun sirsak dan juga kulit manggis.
  2. Zat Alkaloid – Zat yang satu ini sering digunakan untuk penderita diabetes. Hal ini disebabkan sifat hipoglikemik didalamnya yang dapat membuat kadar gula darah di dalam tubuh bisa menurun.
  3. Saponin – Zat yang satu ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga dapat membuat jantung lebih sehat. Itulah mengapa daun binahong sering dijadikan obat kolesterol.
  4. Minyak Atsiri – Minyak ini berkhasiat untuk berbagai macam pengobatan alami yang bisa anda coba. Anda bisa menggunakan minyak atsiri sebagai obat antiseptik alami untuk luar dan dalam tubuh. Minyak ini juga merupakan bahan sedative, hemolitik, anelgesik, stimulant dan juga enzimatik.
  5. Asam Askorbat – Pada zat ini, daun binahong mampu membuat luka bakar cepat sembuh dan bahkan luka luar lainnya. Asam askorbat juga dapat bekerja untuk mencegah infeksi pada luka. Cara kerja asam askorbat adalah membuat penutupan luka bisa lebih cepat sehingga dapat mencegah infeksi dan membuat luka cepat sembuh.
  6. Asam Oleanolic – Manfaat daun binahong sangat tinggi karena adanya asam oleanolic. Asam ini bekerja sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Zat inilah yang dapat membuat anda tidak merasakan sakit yang luar biasa ketika terluka dan diobati dengan daun binahong.

Ternyata, masih banyak lagi berbagai kandungan lain yang cukup penting pada daun binahong. Misalnya saja, daun binahong kaya dengan mono polisakarida, L-arabinosa, polifenol, D-glukosa, L-rhamnose, D-Galaktose, dan juga protein. Dengan seabrek kandungan pada daun binahong, tidak heran jika daun tanaman tersebut seperti multifungsi. Maka dari itu, banyak orang yang mencari daun binahong karena cara kerjanya yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka yang ringan sampai penyakit yang berat.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong, maka ada berbagai khasiat yang bisa anda temukan untuk pengobatan berbagai keluhan penyakit. Berikut daftar berbagai penyakit yang bisa disembuhkan dengan pengobatan daun binahong:

  1. Obat Kanker

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, anda bisa menggunakan daun binahong sebagai cara mengobati kanker. Kandungan antioksidan didalamnyalah yang bekerja untuk mencegah adanya radikal bebas yang membentuk kanker. Selain itu, terdapat pula vitamin C atau juga yang dikenal sebagai asam askorbat yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Cara membuat daun binahong untuk obat kanker:

Siapkan 30 gram daun binahong dan 1 liter air mendidih. Kemudian, rebus daun binahong sampai air tersebut hanya tersisa sekitar 600 ml. Air rebusan diminum setiap hari 3 kali dengan dosis 200 ml saja untuk setiap minum.

  1. Obat Sakit Maag

Apakah anda atau saudara atau anak anda memiliki keluhan sakit maag? Menggunakan daun binahong bisa menjadi cara alami yang aman untuk semua kalangan.

Cara menggunakan daun binahong untuk obat maag:

Siapkan dulu 5 sampai 7 lembar daun binahong dan tiga gelas air. Rebus daun tersebut dengan air yang sudah disiapkan sampai benar-benar mendidih. Kalau sudah matang, angkat dan minum air tersebut secara teratur setiap hari 3 kali sebelum makan.

  1. Obat Paru-Paru

Untuk yang sedang sakit paru-paru, tidak ada salahnya anda mencoba pengobatan alami dengan cara mengambil Manfaat daun binahong.

Cara menggunakan daun binahong untuk obat paru-paru:

Siapkan 10 lembar daun binahong dan rebus sampai benar-benar mendidih. Air rebusan tersebut diminum. Agar bisa sembuh secara maksimal, usahakan untuk mengkonsumsi ramuan ini setiap hari.

  1. Obat Luka

Kandungan minyak atsiri serta asam askorbat pada daun binahong dapat anda manfaatkan untuk mengobati luka. Dengan zat antiseptik yang alami, anda bisa menggunakan daun binahong sebagai perawatan di rumah.

Cara menggunakan daun binahong untuk obat luka:

Siapkan beberapa daun binahong, bersihkan, lalu tumbuk sampai benar-benar halus. Gunakan sebagai olesan di bagian luka atau tubuh yang sedang bengkak. Lakukan cara ini secara teratur setiap hari sampai benar-benar sembuh.

Anda bisa menggunakan cara ini jika anda mengalami memar dan begkak karena dipukul, pegel linu, rematik, luka bakar, atau juga nyeri sendi. Untuk luka yang berat seperti tertusuk benda tajam, dan terbakar, maka akan lebih baik jika setelah dioles, luka ditutup dengan menggunakan perban atau kain yang bersih supaya terhindar dari infeksi.

  1. Obat Gegar Otak

Untuk masalah yang serius, Manfaat daun binahong bisa juga digunakan sebagai obat gegar otak.

Cara menggunakan daun binahong untuk obat gegar otak:

Siapkan 10 lembar daun binahong yang sudah dicuci bersih dan dua gelas air. Kemudian, rebus sampai air rebusan benar-benar mendidih. Saring untuk diambil air rebusannya dan diminumkan sebanyak 2 kali setiap hari.

  1. Obat Pelancar Haid

Untuk anda yang memiliki keluhan haid yang tidak teratur, anda bisa dmenggunakan daun binahong sebagai alternatif pengobatan secara tradisional.

Cara menggunakan daun binahong untuk obat pelancar haid:

Siapkan tiga lembar daun binahong dan dua gelas air. Kemudian, rebus daun tersebut sampai benar-benar mendidih hingga air yang semula dua gelas tersisa satu gelas saja. Kemudian, saring dan ambil air rebusan untuk diminum setiap hari.

  1. Obat Disentri

Obat disentri yang manjur adalah daun binahong.         Jika anda mengalami kelainan dalam buang air besar, anda bisa mencoba menggunakan daun binahong saat di rumah.

Cara menggunakan daun binahong untuk obat disentri:

Siapkan 10 lembar daun binahong yang sudah dicuci dan rebus dengan 2 gelas air sampai benar-benar mendidih dan tersisa hanya 1 gelas saja. Minum air rebusan tersebut setiap hari sampai disentri benar-benar sembuh.

  1. Obat Jerawat Dan Perawatan Kulit

Manfaat daun binahong yang tidak banyak orang tahu adalah sebagai obat jerawat alami dan untuk perawatan kulit yang manjur. Daun binahong bekerja secara efektif untuk menyembuhkan luka, serta mensuplai kolagen agar kulit tetap sehat. Sehingga, anda pun bisa menggunakan daun binahong untuk membuat jerawat anda cepat sembuh.

Cara menggunakan daun binahong untuk obat jerawat dan perawatan kulit:

Siapkan sekitar lima lembar daun binahong yang sudah dicuci bersih. Kemudian, tumbuh sampai halus dan oleskan tumbukan tersebut pada bagian wajah atau tubuh yang berjerawat. Cara ini bisa dilakukan ketika anda hendak tidur dan lakukan setiap hari.

Jika ingin menggunakan daun binahong untuk wajah, maka sebaiknya gunakan tumbukan daun binahong sebagai masker wajah. Oleskan pada area wajah secara rata. Kandungan antioksidan pada daun binahong juga dapat digunakan untuk membuat wajah tampak kencang, bebas keriput dan awet muda.

  1. Obat Ambeien Berdarah

Untuk para penderita ambeien yang sudah masuk pada fase pendarahan, anda bisa menggunakan ramuan ini sebagai ramuan tradisional yang manjur.

Cara menggunakan daun binahong sebagai obat ambeien berdarah:

Siapkan 16 lembar daun binahong dan cuci bersih. Rebus daun bersama dengan tiga gelas air sampai benar-benar mendidih. Kemudian, sisakan sekitar 1 gelas air. Air rebusan ini harus diminum setiap hari agar bisa sembuh total.

  1. Obat Vitalitas Dan Stamina

Daun binahong dapat juga bekerja untuk meningkatkan stamina dan juga vitalitas tubuh karena bekerja terlalu berat.

Cara menggunakan daun binahong untuk obat stamina akibat bekerja terlalu keras:

Siapkan 1 lembar daun binahong dan juga dua gelas air. Kemudian, rebus sampai mendidih sampai air tersisa 1 gelas saja, kemudian minum setiap hari.

Cara menggunakan daun binahong untuk obat vitalitas/ lemah syahwat:

Vitalitas bisa anda peroleh kembali dengan menyiapkan tiga sampai sepuluh lembar daun binahong dan direbus dengan air 2 gelas. Rebus sampai mendidih dan air tersisa hanya 1 gelas saja. Minum ramuan ini setiap hari.

Baca Juga :

Bagaimana Memilih Daun Binahong Yang Manjur

Manfaat daun binahong memang cukup banyak. Deretan manfaat lainnya adalah obat untuk kencing manis, radang ginjal, mimisan, usus bengkak, patah tulang, gusi berdarah, batuk dan muntah darah.

Akan tetapi, ketika memilih daun binahong pastikan bahwa anda memilih yang benar agar manjur. Pertama, pilih daun binahong yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu dua. Usahakan pilih daun di urutan keempat sampai ketujuh dari pucuk. Daun binahong yang sudah tua akan memiliki kandungan yang berkurang.

Kedua, air rebusan daun binahong tidak boleh disimpan di kulkas atau dihangatkan lagi. Hal ini dapat merusak kandungan aktif didalamnya. Akan lebih baik jika anda menyimpannya di lemari atau di kamar. Terakhir, pastikan anda mengkonsumsinya dengan dosis yang aman. Jika mengkonsumsinya secara berlebihan, tentu tidak akan bagus pula, karena dapat mengganggu kinerja hati dan ginjal.

Manfaat daun binahong di atas mudah-mudahan bisa membuka kesadaran banyak masyarakat bahwa ada banyak obat herbal dari ekstrak daun binahong. Akan tetapi, jika anda menanam daun binahong, maka anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika anda merasa kuatir tidak bisa menentukan dosis nya, maka anda bisa membeli obat herbal dengan ekstrak daun binahong agar tetap aman selama proses pengobatan. Itulah informasi tentang apa saja manfaat dari daun binahong, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *