Manfaat Folat/ Asam Folat Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Posted on

Manfaat Folat sangat penting untuk masa kehamilan, baik untuk ibu hamil atau janin. Bagi ibu hamil yang rutin mengonsumsi folat sebelum atau bahkan saat masa kehamilan, membuktikan bahwa calon bayi bisa terlahir dengan normal dan sehat. Hal ini dikarenakan asam folat dapat mengurangi peluang terjadinya cacat di bagian otak serta di sumsum tulang belakang anak.
Asam folat juga dikenal sebagai salah satu Manfaat vitamin B yang berguna untuk membantu produksi serta menjaga sel-sel yang baru.

Bahkan, Asam folat juga dibutuhkan guna mengurangi adanya resiko perubahaan DNA yang akan memicu munculnya kanker. Untuk ibu hamil atau yang ingin hamil, Manfaat Folat sangat penting sehingga harus dikonsumsi secara rutin dan cukup. Selain itu, asam folat adalah bentuk sintesis yang dihasilkan dari manfaat vitamin B9 yang baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja Manfaat Folat untuk ibu yang sedang hamil? Berikut informasi yang bisa anda simak.

Manfaat Asam Folat Bagi Tubuh
Manfaat Asam Folat Bagi Tubuh

1. Asam Folat Membentuk Tabung Syaraf Pada Bayi

Ketika anda sedang hamil, asam folat akan membantu agar tabung pada syaraf bayi bisa berkembang dengan baik. Dengan demikian, maka akan sangat penting menjaga asupan folat agar anak memiliki perkembangan otak yang optimal. Asam folat juga dibutuhkan oleh janin supaya bisa membantu pertumbuhan tabung syaraf. Kemudian, jika terdapat gangguan pada tabung syaraf, maka akan memicu berbagai masalah seperti kelainan di bagian saraf, terutama di area tulang belakang. Kondisi ini disebut sebagai Spina bifida. Bahkan juga dapat mengganggu pertumbuhan otak dimana kondisi tersebut disebut sebagai ananchephal. Asam folat juga dapat mencegah berbagai masalah pada janin seperti kelainan jantung serta bibir sumbing.

2. Mencegah Keguguran

Pada awal kehamilan, resiko keguguran cukuplah tinggi, terutama untuk apra ibu yang memiliki kondisi rahim yang kurang kuat. Bukan hanya itu, asupan folat yang cukup juga dapat mengatasi berbagai masalah seperti anemia karena kekurangan asam folat. Jika asupan para ibu cukup, maka dapat mencegah adanya preeklamsia.

Lantas bagaimana supaya anda bisa memastikan bahwa asupan folat anda cukup? Ada banyak hal yang bisa anda lakukan agar asupan foat benar-benar cukup, terutama untuk ibu hamil. Misalnya saja dengan rajin mengonsumsi susu khusus untuk ibu yang sedang hamil. Selain itu, bisa juga dengan rajin melakukan kontrol, yaitu mengunjungi staf medis terbaik agar anda bisa memeriksakan kondisi kehamilan anda dan menyampaikan keluhan-keluhan apa saja yang terjadi selama masa kehamilan. Biasanya, cacat lahir sering terjadi pada tiga atau empat minggu pertama saat anda sedang hamil. Itulah mengapa sangat penting mengonsumsi suplemen atau juga sumber asam folat lainnya. Manfaat Folat akan menunjang perkembangan otak serta membantu agar kondisi sumsum tulang belakang pada bayi bisa berkembang secara optimal.

Dengan berbagai Manfaat Folat yang sangat penting dan tidak boleh diremehkan, sebaiknya anda rajin mengonsumsi berbagai makanan yang kaya folat ketika sedang hamil. Asupan tersebut harus anda dapatkan setiap harinya. Akan lebih bagus jika anda rajin mengonsumsinya sebelum hamil. Asam folat juga bisa anda temukan di berbagai makanan yang sehat. Misalnya, anda bisa mengonsumsi kacang polong, kacang kering, produk gandum, jeruk, hati, asparagus, brokoli, bayam, kubis Brussels, dan juga bit. Itulah informasi tentang apa saja manfaat dari asam folat atau folat untuk ibu yang sedang hamil atau yang belum hamil dan ingin segera hamil. Semoga bermanfaat!