Manfaat Gula Aren yang Harus Anda Tahu

Posted on

Pada umumnya masyarakat di Indonesia ini hampir semua sudah mengenal apa yang dinamakan gula aren. Gula aren merupakan salah satu jenis gula yang di buat dari bahan bahan yang alami yakni dari buah aren. Gula aren itu sendiri mempunyai warna merah dan juga mempunyai tekstur yang lebih kasar juga tidak berbentuk Kristal seperti halnya gula putih yang terbuat dari batang pohon tebu. Oleh sebab itu, gula aren lebih di kenal dengan sebutan gula merah.

Manfaat gula Aren
Manfaat gula Aren

Banyak jenis jenis makanan di Indonesia yang di buat dari gula arena atau gula merah. Contohnya untuk pembuatan kue dan untuk minuman penyegar lainnya. Di dalam gula aren terdapat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Lalu apa sajakah manfaat gula aren atau gula merah tersebut, berikut ini adalah sedikit penjelasan manfaat gula aren atau gula merah:

Untuk bahan dasar pembuatan makanan

Gula aren atau gula merah sudah lama di manfaatkan sebagai salah satu dari bahan dasar untuk membuat makanan dan minuman khas di Indonesia. Gula aren atau gula merah mempunyai rasa yang sangat manis dan legit, hal ini yang membuat gula aren di pilih menjadi bahan utama untuk pembuatan makanan atau minuman khas Indonesia. Contoh makanan dan minuman yang terbuat dari gula aren adalah,  Kue-kue, Es Kelapa Muda, Wedang, Gudeg dan lain-lain.

Menambah tenaga

Pernahkah anda menyangka bahwa gula aren atau gula merah ternyata bermanfaat sebagai salah satu sumber tenaga. Karena di dalam gula aren terdapat kandungan kalori yang stabil. Biasanya gula aren sering dibawa atau di konsumsi oleh para pendaki gunung Karen dapat menambah tenaga energi saat sedang melakukan pendakian.

Dapat mencegah anemia

Selain itu gula aren dapat di manfaatkan untuk penyedap berbagai makanan dan minuman. Gula aren juga banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah data mencegah terjadinya anemia di dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan gula aren mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi hingga dapat mencegah terjadinya anemia atau kekurangan darah. Ada saat kita terhindar dari anemia maka kita pun terhindar dari gejala gejala seperti daya tahan tubuh yang akan berkurang, mudah terkena penyakit, tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas dan lain lain.

Memperlancar peredaran darah

Gula aren juga mempunyai manfaat lainnya yaitu dapat memperlancar peredaran darah didalam tubuh. Dengan demikian lancar nya peredaran dalam tubuh, maka kondisi tubuh akan bisa terhindar dari berbagai macam gangguan gangguan atau gejala yang akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Ketika peredaran darah di dalam tubuh terhambat, maka hal tersebut yang akan dapat membahayakan tubuh manusia seperti kerja jantung jadi berat hal ini dapat mengakibatkan gagal jantung, tubuh akan merasa lemas dan cepat lelah, suplay ke dalam otak menjadi berkurang dan lain sebagainya.

Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat gula aren ternyata juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, hal ini dikarenakan di dalam kandungan gula aren dapat menjadi pemicu naiknya daya tahan  tubuh. Dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, tentunya kita akan terhindar dari berbagai penyakit atau sulit terkena berbagai penyakit, tubuh tidak mudah metasa lelah, tubuh selalu merasa segar dan lain sebagainya.

Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh

Di dalam gula aren terdapat kandungan niacin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh sehingga dapat selalu terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *