Manfaat Kalium/ Postassium Bagi Kesehatan

Posted on

Hampir semua orang pernah mendengar zat Kalium. Diantara berbagai mineral alkali tanah yang ada, kalium adalah jenis mineral yang bisa diperoleh dari berbagai buah-buahan. Selain itu, unsur tersebut juga bisa ditemukan di air mineral. Manfaat kalium cukup dibutuhkan tubuh. Kalium juga memiliki nama lain, yaitu potassium.
Manfaat kalium untuk kesehatan juga cukup besar. Berikut informasinya yang bisa anda simak.

1. Mencegah Masalah Stroke

Dengan menjaga asupan kalium secara seimbang, maka tubuh akan jauh lebih sehat. Bahkan, anda tidak akan mengalami masalah yang menakutkan seperti stroke. Pasalnya, stroke bisa memicu penderitanya mengalami masalah kesehatan yang lain seperti lumpuh. Bahkan, stroke juga mampu membuat penderitanya kehilangan nyawa. Itulah mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa asupan kalium anda tetap optimal. Agar dapat mencegah stroke, anda dapat menemukan manfaat kalium dari labu siam, semut jepang dan juga daun Salam.

Manfaat Kalium
Manfaat Kalium

2. Mengurangi Resiko Gula Darah Rendah

Tubuh anda akan sangat membutuhkan kalium, terutama jika gula darah cukup rendah. Gula darah rendah akan menghambat seluruh aktivitasnya anda. Pasalnya, kondisi ini akan membuat anda lemah. Agar gula darah anda normal, sebaiknya konsumsi ubi jalar, kentang, Dan juga kelengkeng.

3. Mengurangi Masalah Otot

Kalium juga bermanfaat untuk mencegah adanya masalah otot. Masalah otot yang biasanya sering terjadi adalah kram otot, otot kejepit, atau lainnya yang begitu menyakitkan. Masalah-masalah tersebut bisa dikurangi dengan cara menjaga asupan makanan yang kaya dengan kalium setiap harinya. Misalnya, anda bisa mengonsumsi daun kumis kucing, kapulaga, dan juga binahong.

4. Mencegah Kram

Manfaat kalium lainnya adalah agar tubuh tidak mudah kram. Kram membuat anda terasa kaku, tidak dapat bergerak dan terasa sakit. Dengan rasa tidak nyaman, tentu ini akan membuat aktifitas and terganggu.
Untuk anda yang sering kram, menjaga asupan makanan berkalium sangatlah baik. Anda bisa mengatasi kram dengan menggunakan bayam, minyak kayu putih, serta air putih.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Kalium tentu juga sangat baik untuk anda yang ingin memastikan kondisi otak anda agar tetap optimal. Fungsi otak yang terjaga tentu akan membuat proses berpikir tetap baik. Bahkan, fungsi otak yang prima akan membantu proses kognitif yang maksimal.

Kalium dibutuhkan agar konsentrasi serta fokus anda tetap terjaga. Anda juga dapat beraktivitas dengan baik. Selain kalium, anda juga bisa mencoba berbagai aktivitas yang menjaga fungsi otak seperti bermain gitar, piano, atau catur.

6. Membuat Tekanan Darah Normal

Apakah anda memiliki masalah dengan tekanan darah? Jika iya, sebaiknya anda mengonsumsi bahan makanan yang kaya dengan kalium. Misalnya, anda bisa mengonsumsi buah pala, menggunakan ketumbar, atau menggunakan buah pepaya.

7. Mencegah Kegelisahan Serta Stres

Gelisah serta stress terjadi sebagai salah satu hal yang dipicu gejala psikologis. Anda juga bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara mengonsumsi berbagai bahan makanan dengan kalium yang tinggi. Dengan demikian, maka anda dapat mengatasi masalah stress dan kegelisahan.

8. Menjaga Otot Agar Kuat

Manfaat kalium juga dapat membantu agar kekuatan otot meningkat. Untuk para atlet atau yang bekerja dengan otot, menjaga asupan kalium adalah Hal penting, bukan hanya asupan protein saja. Bukan hanya kalium, anda juga harus melakukan latihan rutin seperti push up, skot jump, dan juga sit up untuk membuat otot semakin kuat.

Nah, itulah informasi tentang apa saja manfaat kalium yang wajib untuk anda ketahui. Semoga bermanfaat!