Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Kayu manis adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam genus Cinnamomun. Pada zaman mesir kuno tanaman jenis ini sering sekali di jadikan sebagai tanaman obat obatan dan juga hampir di anggap sebagai salah satu jenis obat yang mujarap.

Menurut dokter pada obat pertengahan juga sering memanfaatkan dan juga menggunakan kayu manis ini sebagai obat radang tenggorokan, sebagai obat batuk dan juga radang pada persendian. Tidak hanya itu saja, batang kulit kayu manis tersebut juga dapat di manfaatkan sebagai salah satu untuk bahan pembalseman.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Persebaran jenis tanaman kayu manis ini cukup luas sekali dikarenakan tanaman ini dapat tumbuh di berbagai Negara, yaitu di Negara Karibia, Amerika Selatan dan juga di Asia Tenggara. Di Negara Indonesia tanaman kayu manis ini sangat mudah sekali di temukan, terutama di hutang yang ada di pulau Sumatra.

Baca juga :

Meski sangat mudah untuk di temukan, jenis tanaman kayu yang sangat sehat ini di anggap sebagai salah satu kekayaan alam yang sangat berharga dan juga sangat di butuhkan pada waktu zaman penjajahan.

Dilihat secara fisik batang kayu manis tidak jauh berbeda dengan batang kayu pada umumnya. Hanya saja kulit pada batangnya lebih tebal. Kulit batang tersebut lah kemudian di kerok selanjutnya di jemur sampai kering hingga berbentuk seperti gulungan berwarna coklat kemerahan.

Pada era modern saat ini, penggunaan kulit batang kayu manis untuk di manfaatkan sebagai bahan obat obatan sudah mulai berkurang. Banyak sekali masyarakat yang beralih untuk menggunakan obat obatan dari dokter di karenakan di nilai lebih manjur.

Dengan demikian, kulit kayu manis hanya di jadikan sebagai bahan atau bumbu pelengkap masakan. Padahal batang kulit kayu manis memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Berikut ini ada beberapa manfaat dan khasiat kulit kayu manis. Diantaranya sebagai berikut:

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Bermanfaat dapat mengontrol kadar gula darah

Manfaat dan juga khasiat batang kayu manis yang pertama yaitu bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah yang ada di dalam tubuh. Mengkonsumsi minuman air seduhan batang kayu manis tersebut dapat di percaya bermanfaat mampu untuk menurunkan kadar gula darah karena sifatnya yang mampu dapat menghambat  alfa-glukosidase. Adapun kandungan senyawa yang di anggap mampu menghambat  alfa-glukosidase tersebut yaitu kandungan senyawa kafeat dan juga kandungan sinamat.

  1. Dapat bermanfaat untuk menyembuhkan borok atau bisul

Batang kayu manis mengandung kandungan senyawa yang berkhasiat mampu melawan H. Pylori, yaitu kandungan pathogen yang dapat menimbulkan borok dan juga bisul. Selain hal itu, zat anti oksidan yang ada di dalam batang kayu manis juga berkhasiat mampu untuk mempercepat penyembuhan borok dan juga bisul.

  1. Sebagai sumber nutrisi

Pada kulit batang kayu manis juga mengandung serat, mengandung kandungan kalsium dan juga kandungan zat besi meskipun dalam jumlah yang kecil. Meski begitu, batang kayu manis cukup bermanfaat sekali untuk membantu mencukupi kandungan nutrisi harian anda jika anda mengkonsumsi dengan takaran yang benar dan pas.

  1. Dapat bermanfaat untuk menyuburkan kandungan

Kulit batang kayu manis juga mengandung kandungan senyawa cinnamaldehyde, yaitu kandungan senyawa yang berkhasiat mampu meningkatkan kandungan progesterone dan juga dapat menurunkan kandungan testoteron. Sifat semacam ini akan dapat menyeimbangkan hormone reproduksi sehingga kandungan pada wanita menjadi lebih subur.