Manfaat Kunir Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Kunir atau kunyit di percaya oleh masyarakat Indonesia mampu untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Seperti contohnya rasa nyeri pada ulu hati, diare, serta bahkan depresi. Ada banyak jenis kunyit atau kunir salah satunya yaitu kunir putih yang saat ini sulit sekali di temukan. Namun juga sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kunir Putih Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Kunir Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Kunir atau kunyit termasuk dalam keluarga jahe jahean. Kunir putih meski berbeda warna dengan kunir pada umumnya, Jenis kunir ini di bercahaya dapat bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Hal ini dikarenakan kunir putih merupakan anti alergi, sebagai obat analgesic, sebagai obat tukak, sebagai anti racun (penawar terhadap bisa ular), anti-inflamasi, dan lainnya.

Baca Juga :

Kunir putih atau yang biasa di kenal oleh masyarakat dengan nama Zedoary (Curcuma Zedoaria) ini merupakan jenis tanaman yang dapat di manfaat kan akarnya, kandungan minyak, dan juga daunnya yang sering di gunakan sebagai bahan untuk membuat obat herbal atau alami. Tanaman Jenis ini banyak sekali di jumpai di beberapa Negara seperti di Negara  Bangladesh, Sri Lanka, India, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal, dan Thailand.

Di Negara india, tanaman jenis ini di gunakan secara tradisional untuk di jadikan sebagai pengobatan ganguan menstruasi, dispepsia, muntah, dan juga untuk pengobatan penyakit kanker. Kunir putih ini juga mengandung minyak  esensial, pati, dan curcumin yang ada di dalamnya.

Berikut ini ada beberapa manfaat dan juga khasiat tanaman kunir putih untuk kesehatan tubuh, dan juga untuk mencegah dari berbagai penyakit. Diantaranya adalah:

  1. Kunir putih bermanfaat sebagai anti-bakteri dan juga anti-jamur

Kunyit putih sangat di percaya dapat bermanfaat atau berkhasiat dapat mengurangi jumlah mikroba yang ada di mulut dengan hasil yang sama produk obat obatan kumur yang ada di pasaran. Selain hal itu ektrak yang terbuat dari kunir putih juga di yakini dapat bermanfaat dan juga berkhasiat dapat menghambat aktivitas jamur yang ada di dalam tubuh manusia.

  1. Dapat bermanfaat sebagai obat anti-nyeri

Kunir putih juga di yakini dapat bermanfaat untuk di jadikan sebagai analgesic atau sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakit. Namun, efek analgesic tersebut tergantung pada seberapa dosis yang kita gunakan.

  1. Bermanfaat sebagai obat tukak

Tepung yang terbuat dari bahan kunir putih dapat bermanfaat dan juga berkhasiat dapat mengurangi jumlah dan juga keasaman cairan pada lambung sehingga dapat di gunakan sebagai obat tukak. Manfaat dan juga khasiat ini masih di perlukan penelitian lebih lanjut dan secara klinis pada manusia.

  1. Kunir putih dapat bermanfaat sebagai anti-racun

Ekstak yang terbuat dari bahan kunir putih dapat berkhasiat dan juga dapat bermanfaat sebagai anti racun, atau sebagai penawar bisa pada ular. Hal tersebut dapat terjadi karena kunir putih dapat bermanfaat untuk menghambat aktivitas dari racun ular tersebut.

  1. Dapat bermanfaat juga sebagai anti-inflamasi

Tanaman jenis ini juga sangat di percaya oleh masyarakat dapat bermanfaat dan juga dapat berkhasiat sebagai obat anti-inflamasi (peradangan atau juga pembengkakan).

  1. Dapat bermanfaat dan juga berkhasiat sebagai anti kanker

Kunir putih sangat di yakini dapat berkhasiat dan juga dapat bermanfaat dalam penghambatan metastasis pada kanker atau juga penyebaran kanker dari suatu organ tubuh ke organ tubuh yang lain. Akan tetapi, ke efektifan hal tersebut untuk mengatasi kanker masih di perlukan penelitian lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *