Manfaat Luar Biasa Buah Jambu Biji

Posted on

Buah jambu biji adalah salah satu jenis buah buahan yang sangat mudah sekali untuk kita dapatkan, khususnya di wilayah asia. Buah jambu mempunyai bentuk buah yang bulat dengan daging buah yang berwarna putih dan juga ada juga yang berwarna merah muda, dan juga terdapat banyak sekali biji bijian kecil di dalam bagian tengah buah jambu.

Manfaat Luar Biasa Buah Jambu Biji
Manfaat Luar Biasa Buah Jambu Biji

Banyak sekali kandungan yang ada di dalam buah jambu biji ini, salah satunya yaitu kandungan vitamin C. kandungan vitamin C merupakan kandungan yang paling utama yang terkandung di dalam buah jambu. Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah jambu biji seberat sekitar 275 g. dengan demikian satu buah jambu biji dapat memenuhi kebutuhan kandungan vitamin C pada 2 orang anak yang berusia sekitar 13-20 tahun.

Tak heran lagi jika jenis buah buahan yang satu ini di sebut sebut dengan buah super. Di bandingkan dengan buah lainnya seperti buah nanas, buah jambu biji memiliki 30 kalori lebih banyak. Tiga kali lipat kandungan protein nya, dan juga memiliki 4 kali lipat kandungan serat lebih besar. Berikut ini ada beberapa kandungan yang terkandung di dalam buah jambu biji, di antaranya adalah:

  • Kandungan vitamin A, yang sangat bermanfaat sekali untuk menjaga selaput lendir agar tetap sehat dan juga untuk kesehatan kulit
  • Kandungan folat, kandungan ini sangat bagus sekali untuk ibu yang sedang hamil agar mencegah cacat tabung syaraf
  • Kandungan flavonoid, yang termasuk kandungan beta karoten(inhibitor kanker)
  • Kandungan lycopene
  • Dan juga kandungan lutein dan cryptoxanthin.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah jambu biji, akan memberikan kita banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah jambu biji untuk kesehatan, di antaranya yaitu:

  1. Bermanfaat untuk mengurangi hipertensi

Manfaat buah jambu salah satunya yaitu dapat mengurangi hipertensi. Buah jambu bermanfaat dapat mencegah dari penebalan darah.  Sehingga hal tersebut dapat mempertahankan fluiditas darah dan juga dapat mengurangi tekanan darah. Buah jambu biji juga dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah .

  1. Bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabetes

Tingginya kandungan serat yang terkandung di di alam buah jambu biji dapat bermanfaat untuk membantu mengatur penyerapan kadar gula oleh tubuh, yang dapat memungkinkan untuk menurunkan insulin dan juga kadar glukosa dalam tubuh, sehingga ini dapat mencegah penyakit diabetes.

  1. Dapat bermanfaat untuk menyehatkan tiroid

Buah jambu biji merupakan salah satu sumber yang baik sekali sebagai sumber zat tenaga, zat tersebut merupakan zat yang terpenting untuk mengatur metabolisme tiroid. Hal tersebut dapat bermanfaat untuk membantu mengontrol produksi hormone dan juga penyerapannya. Kelenjar tiroid yaitu salah satu kelenjar yang paling penting dalam tubuh yang berguna untuk mengatur hormone da juga fungsi pada system organ tubuh.

  1. Dapat mengoptimalkan penglihatan

Buah jambu memiliki banyak sekali kandungan salah satunya kandungan vitamin A. Buah jambu biji juga di kenal sebagai boster kesehatan untuk kesehatan penglihatan. Hal tersebut dapat membantu untuk memperlambat munculnya katarak, regenerasi macula, dan juga pada kesehatan mata laimnya. Buah jambu biji tidak hanya dapat mencegah terjadinya degradasi penglihatan, tetapi juga dapat menjaga penglihatan kita di masa masa penurunan kekuatan mata.

  1. Dapat bermanfaat sebagai obat sembelit

Buah jambu biji merupakan salah satu sumber makanan terkaya dari serat makanan dalam hal buah buahan. Buah jambu biji ini sangat bermanfaat sekali untuk membentuk pembentukan gerakan dari usus yang sehat dan juga dapat berfungsi untuk membantu tubuh dalam mempertahankan air, dan juga dapat benar benar membersihkan usus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *