Manfaat Mineral Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Apa saja Manfaat Mineral untuk tubuh? Sebelum mengetahui lebih lanjut, mineral merupakan zat gizi yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang tubuh. Mineral memiliki berbagai unsur murni termasuk garam yang sederhana dan kompleks dalam semua bentuk.

Tubuh membutuhkan mineral dalam jumlah yang kecil, namun sangat mendukung banyak fungsi tubuh. Tentu saja, Manfaat Mineral dan vitamin tidaklah sama. Mineral merupakan unsur Kimia yang tidak bisa rusak. Mineral juga digolongkan dalam tiga jenis. Pertama adalah jenis major minerals. Mineral ini yang paling dibutuhkan dengan jumlah yang paling banyak. Tubuh membutuhkan hingga 100 mg seperti magnesium, sulfur, kalium, kalsium, klorida, dan lainnya. Jenis kedua adalah Trace minerals yang tiap harinya tubuh hanya membutuhkan dibawah 100 mg.

Manfaat Mineral Bagi Tubuh
Manfaat Mineral Bagi Tubuh

Sembilan jenis mineral yang ada pada golongan ini adalah zat besi, yodium, seng, flouride, tembaga, mangan, selenium, kromium dan terakhir adalah molibdenum. Jenis terakhir adalah Ultratrace minerals yang masih belum diketahui berapa banyak yang dibutuhkan setiap harinya. Pada golongan ini, jenis mineral adalah niken, arsenik, boron, vanadium dan silikon. Lalu apa saja Manfaat Mineral untuk tubuh? Berikut informasinya yang bisa anda simak.

1. Mineral Dari Kalsium

Kalsium bagian dari mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium juga sangat penting untuk melindungi gigi. Hal penting lainnya dari Kalsium adalah untuk mendukung proses kontraksi, membekukan darah, membuat otot rileks, serta mendukung imunitas tubuh. Cara memenuhi kebutuhan mineral dari Kalsium adalah dengan rajin minum susu sebanyak dua gelas susu setiap harinya.

Sumber paling mudah untuk memperoleh mineral dalam bentuk Kalsium adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau, misalnya daun singling, daun kacang panjang, brokoli, dan lainnya.

2. Fosforus

Untuk membantu mineralisasi tulang atau juga gigi, dibutuhkan fosforus. Fosforus juga sangat penting guna mengatur agar pH darah tetap seimbang. Jika kekurangan mineral dalam bentuk fosforus maka akan membuat otot terasa lemah. Jika dibiarkan berlarut-larut maka dapat menyebabkan proses pengerasan dalam organ-organ tubuh seperti ginjal.
Sumber fosforus yang paling baik adalah ikan, unggas, telur, Dan juga daging.

3. Natrium

Natrium berfungsi untuk menjaga agar cairan dalam tubuh tetap seimbang. Selain itu bagian dari mineral ini juga bekerja until memberikan perlindungan dan apapun yang berkaitan dengan tekanan osmotik. Cara kerjanya adalah supaya tidak ada cairan yang keluar dari darah dan masuk dalam sel.

4. Kalium atau Potassium

Kalium berperan agar keseimbangan cairan, asam-basa dan elektronik tetap terjaga. Kalium bekerja untuk transmission saraf dan juga rekasasi otot. Kalium atau Potassium dalam mineral bisa ditemukan pada aneka buahan dan sayuran seperti jeruk, pisang, semangka, serta sayuran hijau.

5. Sulfur

Sulfur bekerja untuk membantu supaya keseimbangan oksigen tetap terjaga agar fungsi otak tetap optimal. Sulfur bersama dengan vitamin B kompleks akan membantu metabolism tetap lancar. Bahkan, keduanya juga akan membantu tubuh untuk melawan infeksi karena serangan bakteri.

Kandungan sulfur bisa ditemukan pada beberapa sumber makanan seperti kacang-kacangan, bawang Bombay, kubis-kubisan dan juga bawang putih.

Selain Manfaat Mineral yang ada pada lima zat diatas, ada berbagai manfaat lainnya yang anda temukan. Sebab, beberapa bagian mineral yang ada adalah zat kromium, zat besi, yodium, magnesium, mangan, selenium, molibdenum, borong, Dan seng yang masing-masing memiliki peran penting untuk kesehatan. Itulah mengapa and sebaiknya tidak mengabaikan seluruh manfaat yang ada pada mineral.