Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Yang Tidak Boleh Diabaikan

Posted on

Olahraga merupaka hal yang sudah tidak asing lagi dikehidupan sehari-hari kita. Seperti yang kita tahu bahwa melakukan olahraga menjadi sesuatu yang sangat penting. Manfaat yang diberikan ketika kita berolahraga memang sangat banyak, hanya saja sedikit saja yang diketahui. Tidak heran jika kurang banyak orang yang tertarik dengan olahraga. Beberapa orang yang tahu betapa pentingnya olahraga pasti faham betul apa manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh anda.

1. Membantu menyehatkan jantung

Membantu Menyehatkan Jantung
Membantu Menyehatkan Jantung

Manfaat pertama yang didapatkan dari olahraga adalah jantung yang mejadi lebih sehat lagi. Hal ini dikarenakan ketika anda bergerak melakukan olahraga jantung juga ikut memompa darah menjadi lebih cepat. Darah yang dipompa merupakan darah baru dengan oksigen yang baru juga untuk dialirkan seluruh tubuh menggantikan darah yang sudah memiliki karbondioksida. Gerakkan jantung yang cepat untuk memompakan darah ke seluruh tubuh inilah yang akan membuat kerjanya semakin optimal. Dampak yang diberikan akhirnya anda akan jauh dari resiko terserang penyakit jantung.

2. Membantu metabolisme tubuh

Membantu metabolisme tubuh
Membantu metabolisme tubuh

Beberapa orang yang memiliki permasalah dengan masalah pencernaan bisa jadi mereka adalah orang-orang yang kurang melakukan olahraga. Olahraga memiliki banyak manfaat yang salah satunya dapat digunakan untuk meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Kalori yang ada di dalam tubuh dibakar dengan baik agar tidak menumpuk menjadi lemak. Kemudian ketika kalori anda sudah hampir habis, tubuh membutuhkan asupan makanan sehat yang juga akan melancarkan kerja metabolisme tubuh anda. Untuk itu, jika anda menginginkan hidup yang sehat tanpa adanya penyakit, maka anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga secara rutin. Tidak perlu setiap hari, cukup lakukan 3 kali seminggu hanya saja terus dilakukan.

3. Membantu menormalkan tekanan darah

Tekanan Darah Normal
Tekanan Darah Normal

Tekanan darah yang normal juga bisa didapatkan anda dari berolahraga. Seperti manfaat nomor satu, dimana olahraga akan membantu jantung anda agar lebih sehat dan bekerja dengan optimal. Jika jantung anda sudah bisa bekerja dengan optimal dan terus melakukan pompaan darah segar ke seluruh tubuh maka tekanan darah anda akan menjadi normal. Tetapi jika darah segar jarang dialirkan ke seluruh tubuh bisa jadi adanya penyumbatan-penyumbatan di pembuluh darah yang akhirnya akan membuat tubuh anda memiliki tekanan darah.

4. Membantu melancarkan pertumbuhan gigi dan tulang

Memperkuat Pertumbuhan Gigi dan Tulang
Memperkuat Pertumbuhan Gigi dan Tulang

Siapa yang menyangka bahwa manfaat olahraga bagi kesehatan juga bisa digunakan untuk membantu melancarkan pertumbuhan gigi dan tulang. Hal ini sangat bagus untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Olahraga seperti berenang dan beberapa macam jenis olahraga lainnya akan membantu merangsang pertumbuhan gigi da tulang. Apalagi jika olahraga juga diimbangi dengan asupan makanan bergizi dan susu tinggi kalsium, tentu akan semakin sempurna pertumbuhan gigi dan tulang yang dimiliki.

Artikel Gigi

5. Membantu menjaga kepadatan tulang

Membantu menjaga kepadatan tulang
Membantu menjaga kepadatan tulang

Sebenarnya tidak hanya membantu pertumbuhan gigi dan tulang menjadi lebih cepat, olahraga juga memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Hal ini sangat dibutuhkan untuk anda yang sudah dewasa dan terus bertambah usia. Seperti yang kita tahu bahwa semakin bertambahnya usia maka akan membuat kepadatan tulang anda menjadi berkurang. Nah, olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaganya tetap kuat. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, anda cukup melakukan olahraga sederhana seperti jogging satu minggu 3 kali dengan durasi waktu yang cukup sehingga manfaat olahraga bagi kesehatan akan terasa, seperti menjaga kepadatan tulang anda menjadi lebih kuat lagi.

6. Mencegah penyakit obesitas

Mencegah Penyakit Obesitas
Mencegah Penyakit Obesitas

Obesitas termasuk penyakit yang cukup berbahaya dan banyak diderita oleh beberapa orang di Indonesia. Seseorang yang terkena penyakit obesitas bisa dikatakan bahwa orang tersebut tidak suka atau tidak menerapkan pola hidup yang sehat. Dampak terburuk dari penyakit obesitas ini dapat membuat anda terserang penyakit jantung atau stroke. Obesitas atau kelebihan berat badan juga bisa diatasi dengan mudah ketika anda rajin berolahraga, sebab lemak jahat yang ada di dalam tubuh dapat dibakar dengan sempurna untuk menjadi energi. Jika berat badan anda ideal maka jauh dari penyakit obesitas dan juga penyakit kronis lainnya.

7. Membantu menjaga fleksibiltas otot

Membantu Fleksibilitas Otot
Membantu Fleksibilitas Otot

Otot menjadi bagian yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, apalagi untuk anda yang banyak beraktivitas. Otot pada tubuh dapat digunakan untuk membantu pergerakkan tubuh. ketika adna berolahraga maka otot akan menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Kelenturan otot dapat membantu tidak terserang sakit nyeri otot ketika anda berkativitas cukup padat. Bukan itu saja, tetapi kelenturan otot dapat membantu menjauhkan dari segala macam sakit seperti kram, dan juga sendi yang terkilir. Untuk itu, sering-seringlah berolahraga ringan seperti jogging, renang, atau bersepeda agar membantu otot tetap lentur.

Itulah beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.