Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh Yang Wajib Diketahui

Posted on

Berenang menjadi salah satu bidang olahraga yang banyak disukai. Berenang sendiri bisa dikatakan sebagai olahraga yang terbaik utuk membantu melatih seluruh bagian tubuh. Manfaat olahraga renang bagi tubuh dan kesehatan juga lebih menyenangkan dilakukan sebab tidak terlalu terasa lelah. Manfaat yang diberikan ketika anda berenang juga cukup banyak. Berikut ini beberapa manfaat olahraga berenang yang bisa anda dapatkan.

1. Membantu melatih cardio dan menguatkan tubuh

Membuat Tubuh Kuat
Membuat Tubuh Kuat

Sama seperti olahraga-olahraga yang lainnya, berenang juga dapat memberikan dampak yang positif bagi tubuh anda. Manfaat pertama yang bisa anda terima ketika berenang adalah mendapatkan latihan cardio dan membuat tubuh anda lebih kuat lagi. Sekalipun tidak mengangkat berat, tetapi berenang merupakan olahraga yang tidak berhenti bergerak. Ketika tubuh anda terus bergerak dan tidak berhenti maka otot di dalam tubuh akan ikut bergerak dan juga menjadi lebih kuat. Belum lagi olahraga berenang dilakukan di dalam air yang ternyata gerakkan harus lebih kuat dan lebih keras sekitar 800 kali lipat daripada berada di udara.

2. Jenis olahraga yang low-impact

Manfaat Olahraga Renang
Manfaat Olahraga Renang

Berenang menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak dilakukan dan tidak mengenal usia. Ketika anda semakin bertambah usia, ada baiknya memilih olahraga berenang sebab olahraga ini tidak akan memberikan efek terlalu berat pada sendi-sendi anda. Olahraga menjadi hal yang sangat dibutuhkan, jadi ada baiknya menghindari olahraga yang memiliki resiko dan tekanan yang terlalu berlebihan hingga bisa menyebabkan dampak cedera pada persendian anda. Berenang menjadi olahraga yang low-impact atau kecil resiko terserang sakit pada persendian.

3. Membantu menyehatkan paru-paru

menyehatkan Paru Paru
menyehatkan Paru Paru

Ketika seseorang melakukan olahraga tentu saja banyak yang berharap bahwa tubuhnya akan menjadi lebih sehat dan lebih kuat. Sama halnya ketika anda melakukan olahraga renang, bukan hanya otot dan tulang anda saja yang menjadi kuat tetapi juga membantu menyehatkan organ dalam seperti paru-paru. Organ dalam ini mendapatkan dampak yang paling banyak ketika anda berenang, mengapa demikian? Sebab ketika anda berenang maka tubuh anda akan beradaptasi untuk menggunakan oksigen lebih sempurna lagi. Ketika anda mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida yang lebih efektif lagi. Kebiasaan tersebut akan membuat tekanan darah menjadi turun dan detak jatung yang bekerja lebih optimal lagi. Jadi melakukan olahraga berenang akan membuat organ dalam anda menjadi lebih sehat lagi.

4. Membantu mudah berlari

Membantu Mudah Untuk berlari
Membantu Mudah Untuk berlari

Beberapa orang sering mendapatkan masalah ketika mereka tengah berlari, ada saja hal yang kurang nyaman pada tubuh ketika digunakan untuk berlari. Misalnya saja tubuh yang merasa sesak atau perut yang merasa kurang nyaman. Ketika anda sering melakukan olahraga renang, maka akan membantu memudahkan berlari. Bukan hanya daya tahan tubuh yang meningkat baik, berenang juga akan membuat otot kaki menjadi kuat. Dan paru-paru anda sudah terbiasa menggunakan oksigen lebih baik, jadi aktivitas berlari menjadi hal yang tidak sulit untuk dilakukan dan tidak merasa sesak lagi ketika digunakan untuk berlari.

5. Membantu mencegah stress

Dapat mencegah Stres
Dapat mencegah Stres

Ketika tubuh merasa lelah maka sangat mudah untuk terserang stress. Seperti yang kita tahu bahwa stress bukan hal yang baik untuk tubuh dan pikira. Ketika ada stress maka akan membuat waktu istirahat anda juga terganggu. Manfaat olahraga renang bagi tubuh juga membantu mencegah stress datang, hal ini dikarenakan anda merendam seluruh tubuh di dalam air dan akan membantu meredakan gejala stress muncul. Otak dan tubuh akan merasakan dingin dan tenang, hal tersebut akan membuat otak anda bekerja dengan baik. Stress juga tidak akan datang sebab tidak ada beban yang dirasakan ketika anda sedang berenang. Untuk itu, agar otak anda tetap dalam keadaan stabil maka rutinlah melakukan olahraga renang.

6. Membantu seluruh otot tubuh bekerja

Menyehatkan Otot
Menyehatkan Otot

Olahraga memang memiliki banyak jenis yang bisa anda lakukan. Namun berbeda dari berenang, sebab berenang akan membantu untuk mempekerjakan otot seluruh tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa olahraga bersepeda atau berlari akan membuat lengan anda tidak banyak bergerak. Berbeda lagi degnan berenang, sebab tangan kaki, bahkan juga pundak anda akan bekerja secara maksimal. Berenang juga dapat membantu menstabilkan otot bagian dalam dan juga punggung dibelakang.

Baca Juga :

7. Membantu memberikan banyak pengalaman

Menambah Pengalaman
Menambah Pengalaman

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, ternyata berbenang juga sangat bagus untuk kesehatan hati anda. Hal ini dikarenakan berenang akan membantu memberikan anda banyak pengalaman. Jika anda lihai dalam berenang maka bisa mencoba untuk melakukan snorkeling di laut dan melihat keindahan bawah laut. Tidak hanya itu, anda juga bisa mencoba untuk melompat dari atas dari air terjun ketika sedang berlibur. Hal tersebut membuat hati anda merasa senang dan otomatis otak anda akan memproduksi pikiran yang positif.

Itulah informasi seputar apa saja manfaat olahraga renang bagi tubuh. Semoga bermanfaat dan terima kasih.