Manfaat Olahraga Sore Hari Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Banyak orang sering melakukan olahraga ketika pagi hari dikarenakan hawanya yang masih sejuk memberikan keuntungan. Lantas bagaimana dengan beberapa orang yang tidak punya waktu untuk olahraga dipagi hari? Anda bisa saja menggantinya ketika sore hari. Memag ada perdebatan mana yang lebih baik antara melakukan olahraga pagi hari atau sore hari. Sebenarnya keduanya memiliki keuntugan tersendiri dan yang paling penting anda sudah mau melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh daripada anda tidak melakukan olahraga sama sekali. Berikut ini manfaat olahraga sore hari yang sayang untuk dilewatkan.

1. Tubuh menjadi lebih segar

Membuat tubuh lebih segar
Membuat tubuh lebih segar

Banyak orang yang mengatakan bahwa olahraga pagi hari sangat menyegarkan, hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah tetapi olahraga sore hari juga bisa memberikan rasa segar yang lebih. Ketika anda olahraga di pagi hari ada kemungkinan akan mengantuk, tetapi ketika dilakukan pada sore hari sekitar jam 4-5 sore maka akan membuat anda lebih segar lagi dan tidak merasa mengantuk. Memang olahraga sore dilakukan ketika anda sudah menyelesaikan aktivitas anda, namun hal tersebut tidak akan membuat lelah sebab pikiran juga akan terasa lebih segar dan jauh dari stress.

2. Membantu menguatkan tulang dan sendi

Menguatkan Tulang dan sendi
Menguatkan Tulang dan sendi

Hampir semua olahraga memiliki manfaat untuk membantu menguatkan tulang dan sendi. Hal ini juga akan didapatkan dari olahraga sore hari. Ketika olahraga sore maka sendi akan ikut bergerak dan membuat semakin lentur. Sendi yang sering digunakan untuk bergerak juga akan membantu kelenjar untuk menghasilkan pelumasnya. Jika anda memiliki sendi dan tulang yang kuat maka bisa lancar melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya sendi tetapi juga tulang sebab dapat digerakkan dan membuat tulang semakin lentur, hal ini akan mengurangi resiko pengapuran tulang.

3. Membantu menyehatkan jantung

Membantu Menyehatkan Jantung
Membantu Menyehatkan Jantung

Tidak hanya sendi dan tulang saja yang bisa kuat tetapi jantung anda juga akan kuat. Seperti olahraga yang dilakukan di pagi hari, olahraga yang dilakukan pada sore hari juga bisa membantu menguatkan jantung. Ketika berolahraga jantung akan dipicu oleh saraf adrenalin yang membuatnya akan berdetak lebih cepat. Jika hal tersebut sudah dibiaskan maka akan membuat jantung bekerja dengan sempurna dan lebih optimal lagi. Bukan hanya itu, ketika anda bergerak melakukan olahraga maka jantung akan memompa darah lebih banyak ke seluruh tubuh dan menghasilkan darah yang jauh lebih segar.

4. Membantu menurunkan berat badan lebih cepat

Membantu menurunkan berat badan
Membantu menurunkan berat badan

Ada banyak orang yang melakukan olahraga demi tujuan menurunkan berat badan. Hal tersebut memang tidak salah sebab untuk mengurangi berat badan anda olahraga menjadi hal yang sangat peting. Olahraga pada sore hari akan membantu menurunkan berat bada lebih cepat sebab suhu yang terasa lebih panas dibandingkan dengan suhu ketika pagi hari. Hal ini akan membuat tubuh anda semakin berkeringat dan akhirnya berat badan bisa turun dengan efesien. Manfaat olahraga sore hari ini tentu akan membantu anda tetap terlihat cantik, langsing, dan segar.

5. Membantu manjaga ketahanan tubuh

Membantu Ketahanan Tubuh
Membantu Ketahanan Tubuh

Olahraga yang dilakukan di sore hari akan membantu menjaga dan menguatkan ketahanan tubuh sebab anda terus melatih tubuh untuk bergerak. Gerakkan yang dilakukanakan membuat peredaran mejadi lebih lancar, hasilnya jantung juga akan mempo darha dan menggantikan darah jenuh karbondioksida dengan darah yang lebih segar. Darah yang lebih segar memberikan oksigen yang dihirup ketika sedang berolahraga. Untuk itu pastikan melakukan olahraga sore di tempat yang jauh dengan polusi.

6. Membantu menghilangkan stress

Membantu Ketahanan Tubuh
Membantu Ketahanan Tubuh

Tubuh dan pikiran adalah yang tidak dapat dipisahkan, ketika anda merasa stress pada pikiran maka akan berdampak pada kesehatan fisik anda. Olahraga di sore hari dapat membantu menghilangkan stress dan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat lagi. Apalagi jika dari pagi sampai sore anda memiliki aktivitas yang melelahkan, maka bisa dibantu untuk menghilangkannya dengan melakukan olahraga di sore hari. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, cukup lakukan lari sore hari saja. Jika stress hilang, maka tidur juga bisa lebih nyenyak lagi.

7. Melatih pernafasan

Membantu Melatih Pernafasan
Membantu Melatih Pernafasan

Olahraga sore juga bisa membantu melatih pernafasan, apalagi untuk anda yang menderita penyakit asma. Ketika anda bergerak melakukan olahraga maka paru-paru anda akan bekerja lebih banyak dan menyebarkan oksigen yang dibutuhkan di seluruh tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup lari sore saja untuk membantu pernafasan agar lebih lancar. Olahraga sore juga akan membantu paru-paru anda menahan udara lebih lama dari bisanya.

8. Mencegah penyusutan otak

Menjaga Kesehatan Otak
Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat yang bisa didapatkan lainnya adalah mencegah penyusutan otak. Ketika anda berlari sore maka akan membantu merangsang sel saraf pembuluh darah yang akan mencegah penyusutan pada otak. Jika otak semakin menyusut maka penyakit lupa seperti orang tua dapat menyerang anda.

Artikel Menarik Lainnya : 

Itulah beberapa manfaat olahraga sore hari yang bisa anda dapatkan ketika melakukannya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih.