Manfaat protein Yang Penting Untuk Tubuh

Posted on

Kebanyakan orang mengetahui bahwa Manfaat protein paling utama adalah untuk mendukung tenaga dan juga otot manusia. Memang, protein merupakan zat yang sangat penting agar tubuh sehat. Tidak sedikit orang yang melakukan diet karbohidrat akan mengganti menunya dengan berbagai menu yang kaya dengan protein. Tentu saja, langkah ini akan baik terutama untuk mereka yang ingin mendapatkan bentuk fisik yang lebih baik dan mengurangi jumlah lemak pada tubuh. Tak ayal, beberapa orang juga diet hanya dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi saja.

Sumber makanan yang berprotein akan membantu pertumbuhan dan membangun kekuatan. Protein juga tidak bisa disimpan dalam tubuh sehingga anda harus memenuhinya dengan sesuai. Protein juga tersedia dalam bentuk asam amino esensial atau asam amino non esensial. Nah, apakah benar bahwa Manfaat protein sangat efektif untuk menjaga kesehatan untuk tubuh? Berikut informasi yang bisa anda simak.

Manfaat Protein Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Protein Bagi Kesehatan Tubuh

1. Protein Untuk Tumbuh Kembang Janin

Saat hamil, fungsi protein adalah untuk membangun pertumbuhan organ seperti sistem pernafasan, otak, otot dan tulang. Bahkan, protein juga membangun sistem pembentukan tubuh. Manfaat protein bagi ibu hamil akan membantu agar ibu hamil memiliki calon bayi yang tidak kekurangan nutrisi. Ibu hamil juga membutuhkan protein yang cukup banyak yaitu 75 gram setiap harinya. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dari berbagai jenis makanan tersedia.

2. Protein Mencegah Depresi

Bahkan untuk ibu hamil, nutrisi itu penting dan membutuhkan protein yang semakin banyak di trimester akhir. Fungsinya adalah agar depresi bisa dicegah akibat kondisi kehamilan yang berat dan juga lelah. Protein yang dikonsumsi harus seimbang dengan adanya asam lemak omega 3 untuk membantu perkembangan fungsi syaraf dan mencerdaskan otak.

3. Protein Memelihara Sel Tubuh

Agar tubuh dapat memelihara seluruh sel-sel tubuh didalamnya, maka dibutuhkan protein yang cukup. Saat hamil, ibu hamil membutuhkan jumlah protein yang lebih banyak karena dapat memproduksi dan menggantikan semua sel yang mati. Itulah mengapa jika kehamilan ingin tetap sehat sampai proses persalinan, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan berprotein yang cukup.

4. Membantu Metabolisme Tubuh

Protein adalah salah satu sumber yang paling dibutuhkan agar proses metabolisme tubuh tetap lancar. Metabolisme adalah kunci awal agar tubuh tetap sehat, termasuk proses pencernaan, penyerapan nutrisi makana serta pengolahan berbagai zat tetap bisa dijalankan dengan baik.

5. Membantu Mendukung Kekebalan Tubuh

Manfaat protein juga sangat baik untuk membuat kekebalan tubuh meningkat. Sistem daya tahan tubuh akan baik jika seluruh organ tubuh bekerja sempurna. Jadi, tubuh yang ada dalam kondisi baik akan mampu bekerja melawan kuman, bakteri, serta parasit. Bukan hanya itu, protein juga dapat membantu agar sistem syaraf meningkat.

6. Protein Memproduksi Tenaga

Guna membantu pembentukan dalam tubuh, maka tubuh membutuhkan suatu zat yang disebut protein. Ada berbagai jenis makanan yang kaya dengan karbohidrat dan juga lemak untuk membuat cadangan energi. Akan tetapi, semua tidak akan bisa dilakukan jika protein tidak ada. Protein inilah yang dapat membantu agar energi dari kalori bisa diolah, termasuk energi dari sumber makanan.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Hal luar biasa yang dilakukan protein adalah untuk menjaga agar kesehatan jantung tetap terpelihara. Protein dapat membentuk perlindungan yang khusus supaya kandungan kolesterol tetap stabil. Bukan hanya itu, protein juga dapat melawan kolesterol buruk yang akan memicu munculnya sakit jantung.

Nah, itulah beberapa informasi tentang apa saja Manfaat protein untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!