Manfaat Sayur Kangkung Dan Bahayanya Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat sayur kangkung yang paling besar dan mujarab adalah untuk mengatasi diabetes. Kangkung sangat mudah dicari dengan harganya yang ekonomis sehingga sangat cocok untuk dibeli oleh semua kalangan. Jika anda ingin menanamnya pun, tanaman kangkung sangat mudah ditanam. Itulah mengapa sayur kangkung sangat mudah dicari dimanapun anda berada.

Manfaat Sayur Kangkung Dan Bahayanya Untuk Kesehatan
Manfaat Sayur Kangkung Dan Bahayanya Untuk Kesehatan

Kangkung bukanlah termasuk tanaman asli Indonesia. Tanaman ini dulunya dari India, kemudian menyebar hingga ke Asia, Australia, dan Afrika. Kangkung bisa tumbuh subur di area yang basah seperti di atas lumpur atau di rawa-rawa. Kangkung sering diolah menjadi tumis kangkung. Tahukah anda jika tanaman ini juga kaya akan vitamin A, C dan B? bahkan, kangkung juga mengandung kalsium, fosfor serta zat besi.

Nah jika anda penasaran dengan sayur kangkung, berikut ulasannya tentang manfaat sayur kangkung serta bahayanya.

Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi yang sudah disebutkan di atas, maka sayur kangkung memberikan nilai positif untuk kesehatan tubuh sebagaimana berikut:

  1. Mencegah Anemia

Sayur kangkung sangat cocok untuk anda yang merasa lesu dan lemah, kepala mudah pusing atau gejala lainnya dikarenakan anemia. Kangkung mengandung zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

  1. Mencegah Diabetes

Mungkin anda sedikit kaget ketika mendengar bahwa mengkonsumsi sayur kangkung membuat anda mampu mencegah diabetes. Kangkung mengandung zat-zat yang dapat mencegah penyerapan gula pada tubuh. Sehingga, jika anda memakannya bersama nasi, anda pun tidak perlu cemas.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kandungan vitamin B kompleks serta omega 3 pada sayur kangkung dapat membuat kinerja otak jadi lebih baik. Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk memasakkan anak-anak sayur kangkung ketika dalam masa pertumbuhan. Hal ini disebabkan akan membantu kecerdasan otak mereka menjadi meningkat.

  1. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Manfaat sayur kangkung yang cukup luar biasa adalah menjaga jantung agar tetap sehat. Kangkung kaya akan vitamin A dan C, juga beta-karoten. Nutrisi-nutrisi inilah yang dibutuhkan tubuh supaya dapat mencegah radikal bebas. Ya, kandungan antioksidan pada kangkung juga dapat mencegah kolesterol agar tidak teroksidasi. Sebab, jika kolesterol teroksidasi maka dapat membuat arteri tersumbat sehingga memicu stroke atau serangan jantung.

Selanjutnya, kandungan folat pada sayur kangkung juga membantu untuk merubah bahan kimia yang berbahaya atau homosistein yang memicu stroke dan serangan jantung. Magnesium pada sayur kangkung juga dapat menurunkan tekanan darah serta melindungi jantung dari penyakit jantung.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sayuran-sayuran hijau termasukkangkung adalah penting untuk tubuh. Sebab, semua sayuran hijau dapat berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Seseorang yang rajin mengkonsumsi sayuran hijau tentu akan memiliki badan yang fit dan tidak mudah sakit.

  1. Menyehatkan Mata

Manfaat lainnya yang mungkin tidak bisa anda sangka dari kangkung adalah kandungan vitamin A, lutein, dan karotenoid. Tiga kandungan vitamin serta mineral ini dibutuhkan tubuh untuk menjaga mata tetap sehat. Bahkan, mengkonsumsi kangkung juga dapat mencegah katarak. “Gejala Mata Minus

  1. Mengurangi Kolesterol

Sebuah penelitian sudah pernah dilakukan dengan subjek tikus yang diberi kangkung. Dalam penelitian tersebut, hasil akhir menunjukkan bahwa manfaat sayur kangkung sangat besar untuk mengurangi kadar kolesterol dan juga trigycoside dalam darah. “Makanan penyebab kolesterol

Masih banyak manfaat lainnya tentang sayur kangkung yang mungkin anda perlu tahu seperti berikut:

  • Membuat gigi kuat
  • Menyehatkan kulit
  • Bagus untuk mengencangkan otot
  • Menurunkan kadar kolesterol berlebih
  • Mencegah tulang rapuh
  • Mencegah kanker
  • Mengatasi radang
  • Menjaga tulang tetap sehat
  • Menyembuhkan luka
  • Mencegah pendarahan pada gusi

Manfaat mengkonsumsi sayur kangkung memang sangat banyak, nah bagaimana jika anda mengkonsumsi sayur tersebut secara berlebihan atau mengkonsumsinya dengan tidak tepat? Ada beberapa bahaya yang harus anda waspadai jika sering memasak sayur kangkung.

Bahaya Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

  1. Diare

Mengolah kangkung untuk dijadikan sajian di rumah harus benar-benar tepat. Jika anda tidak membiasakan diri untuk mencuci sayur kangkung dengan benar-benar bersih, berulang-ulang atau dengan air mengalir, maka resiko pertama yang akan mengganggu kesehatan adalah diare. “Obat diare aman bayi

Tidak ada yang salah dengan sayur kangkung, namun bisa jadi masalah jika anda tidak betul-betul bersih mengelolanya. Hal ini disebabkan oleh bakteri, telur cacing dan juga mikroorganisme lainnya yang masih menempel pada daun atau batang ketika anda memasaknya. Beberapa mikroorganisme tersebut meskipun direbus pada air mendidih masih bisa hidup bahkan selama 20 menit.

Itulah mengapa sayur kangkung harus dimasak lebih dari 20 menit supaya tidak ada gangguan sakit perut setelah mengkonsumsinya. Diare berkepanjangan juga bisa terjadi akibat bakteri atau telur cacing dan mikroorganisme lainnya yang berkembang, kemudian merusak usus dan lambung.

  1. Meningkatkan Kolesterol

Mugkin anda merasa bingung, sebab di bagian awal artikel ini menyebutkan bahwa sayur kangkung dapat menurunkan kolesterol. Mengapa informasinya tidak sama? Bukan tidak sama, kangkung memang sangat bagus untuk mengatasi kolesterol. Akan tetapi, jika anda memasaknya dengan menggunakan minyak bekas yang sudah digunakan untuk memasak yang lainnya berulangkali, maka hal ini bisa berbahaya. Sebab, minyak bekas tersebut mengandung lemak trans dan dapat melukai dinding pembuluh darah, menyumbat arteri dan membuat kolesterol terus meningkat. Minyak sebaiknya digunakan untuk satu kali penggunaan saja.

  1. Meningkatkan Asam Urat

Apapun yang baik jika dikonsumsi secara berlebihan maka hasilnya juga tidak akan baik. Itulah mengapa sebaiknya anda tidak mengkonsumsi sayur kangkung secara berlebihan. Apalagi, jika anda memiliki riwayat sakit asam urat. Peningkatan asam urat bisa beresiko sangat tinggi. Hal ini disebabkan pada daun kangkung mengandung zat purin yang sangat tinggi, sehingga bisa menyebabkan penumpukan asam urat di bagian sela sendi. Penderita asam urat yang rajin makan sayur kangkung memungkinkan terkena gangguan kesehatan seperti nyeri di persendian dan bengkak.

  1. Gampang Mengantuk

Sayur kangkung yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat membuat rasa kantuk seseorang meningkat karena konsentrasi yang menurun. Hal ini muncul karena adanya zat kalium yang tinggi sehingga kinerja saraf-saraf di area kepala jadi lebih santai dan rileks. Itulah alasan kenapa seseorang yang setiap hari rajin makan kangkung akan mudah menguap. Untuk anda yang dituntut untuk berinteraksi setiap hari secara rutin sebaiknya harus mengurangi makan sayur kangkung.

  1. Alergi

Seseorang yang sangat sensitif terhadap zat natrium dan kalium yang sangat tinggi pada kangkung bisa mengalami alergi. Jika anda megnalami alergi seperti ruam-ruam kemerahan atau gatal-gatal, sebaiknya jangan mengulangi makan kangkung kembali.

  1. Keracunan

Bahaya yang mungkin terjadi pada seseorang yang berlebihan makan sayur kangkung adalah keracunan. Seperti yang anda ketahui bahwa terdapat dua jenis sayur kangkung yang ada yaitu kangkung darat serta air. Untuk pecinta kangkung air, harus waspada karena kandungan logam dari limbah berpotensi terserap. Kangkung yang sudah terkontaminasi akan membuat seseorang keracunan karena kandungan tersebut masuk dalam aliran darah serta organ tubuh dalam jumlah yang banyak. Biasanya, gejala seseorang yang keracunan adalah sakit perut, kepala pusing, mual dan muntah.

Itulah beberapa informasi tentang manfaat sayur kangkung untuk kesehatan dan resiko bahaya yang mungkin terjadi, semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *