Manfaat Sodium Untuk Kesehatan & Akibatnya Jika Kekurangan

Posted on

Manfaat sodium sangatlah banyak sehingga membuatnya masuk dalam jenis mineral yang sangat diperlukan tubuh. Sodium juga dikenal sebagia natrium yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Ada banyak makanan yang mengandung sodium yang bisa anda nikmati. Salah satu sumber sodim adalah garam. Sodium adalah salah satu nutrisi yang penting agar kesehatan tubuh manusia tetap terjaga.

Sebagai garam alami yang bisa anda temukan di berbagai buah-buahan, jenis daging, dan juga sayuran, ada berbagai manfaat penting yang mungkin anda belum ketahui. Berikut ulasan lengkapnya apa saja Manfaat sodium dan apa yang akan terjadi pada tubuh anda jika sampai kekurangan sodium

Baca Juga : Manfaat Mineral bagi Tubuh

Manfaat Sodium
Manfaat Sodium

1. Menjaga Stamina Tubuh

Tahukah anda bahwa asupan sodium atau garam yang cukup untuk tubuh akan membantu agar tubuh tetap bugar sepanjang hari. Dengan rajin mengonsumsi makanan yang mengandung sodium tinggi, maka anda pun bisa melakukan aktivitas anda tanpa ada hambatan sama sekali, sebab stamina anda tetap bagus. Hal ini dikarenakan sodium bekerja sebagai tenaga cadangan. Sehingga, ketika tubuh anda terasa letih dan capek, kemudian anda juga rajin menjaga tubuh agar tidak kekurangan asupan air, maka akan membuat tubuh terasa segar dan kembali bertenaga.

Beberapa makanan yang sangat baik dengan kadar sodium yang tinggi adalah bayam, bit, lobak putih, daun seledri, saos tomat, daging sapi, roti, sereal, jenis makanan bersoda dengan rendah kalori, serta makanan berbahan daging unggas yang dibekukan jadi sosis atau nugget.

Baca Juga : Manfaat Protein bagi Kesehatan

2. Memperbaiki Kinerja Ginjal

Dengan mengonsumsi sodium sesuai kebutuhan dan juga tidak berlebihan, maka anda bisa membantu agar kinerja ginjal tetap berjalan dengan lancar tanpa masalah. Akan tetapi, jika anda mengonsumsinya secara berlebihan, akan membuat kinerja organ tersebut bermasalah. Ginjal juga bekerja sebagai penyaring pada zat sodium. Kemudian, zat tersebut akan dibuang dari air seni dan juga keringat. artinya, jika tubuh anda mendapatkan zat sodium yang terlalu banyak, maka akan sangat mempengaruhi kinerja ginjal karena bekerja cukup keras untuk menyaringnya.

Baca Juga : Ginjal Kronis : Pengobatan dan Penyebabnya

3. Membantu Melancarkan Metabolisme

Manfaat sodium juga penting karena dapat mempengaruhi sistem metabolisme. Sodium juga erat kaitannya dengan jaringan tubuh. Ketika tubuh kekurangan atau kelebihan sodium, maka sistem metabolisme akan kacau. Dalam kondisi demikian, tubuh jadi sering mengalami beberapa penurunan misalnya kekebalan tubuh menurun, otak bermasalah, tidak bisa gemuk, dan juga penyerapan nutrisi kurang baik.

4. Melindungi Otak

Sodium yang digunakan dalam jumlah yang pas, dan tidak dalam jumlah yang terlalu banyak, maka akan sangat bagus karena dapat melindungi sel otak. Selain itu, juga dapat membantu peredaran darah agar kembali lancar. Otak bisa mengalami masalah yang berujung kerusakan, misalnya seperti cedera karena terjadinya benturan atau juga hantaman keras yang kemudian baru bisa sembuh secara bertahap jika anda menggunakan sodium yang sesuai dengan anjuran dokter otak.

Baca Juga : Manfaat Zat Besi

5. Mencegah Kejang

Konsumsi sodium yang tepat dan wajar juga sangat membantu agar tubuh tidak kejang. Otot tubuh juga menjadi terlindungi dan terhindar dari masalah ketegangan. Akan tetapi, jika anda menggunakan sodium melebihi batas wajar, maka artinya akan membuat otot mudah mengalami kejang-kejang yang bahkan bisa membuat penderitanya mengalami hal yang serius, termasuk kematian.

Nah, itulah berbagai informasi penting tentang apa saja Manfaat sodium yang paling utama yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan apa yang terjadi jika tubuh kekurangan sodium. Semoga bermanfaat!