Manfaat Thiamin Yang Tidak Boleh Disepelekan

Posted on

Manfaat thiamin atau vitamin B1 sangatlah beragam, mulai dari untuk menjaga tubuh sampai mencegah berbagai penyakit yang serius. Perlu diketahui bahwa tubuh tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan vitamin. Sehingga, thiamin itu dibutuhkan agar dapat memecahkan protein dan lemak. Beberapa makanan yang mampu membantu mendapatkan asupan vitamin adalah kacang-kacangan, sayuran, daging, dan juga biji-bijian.

Manfaat thiamin yang paling utama adalah untuk menghasilkan energi. Vitamin B1 bekerja dengan cara mengubah glukosa agar bisa dijadikan energi. Hal ini bisa dilakukan karena thiamin dapat bekerja sebagai ko-enzim. Tugasnya adalah untuk mengubah glukosa supaya bisa menjadi energi untuk menjaga agar seluruh organ tubuh bisa bekerja dengan optimal, termasuk paru-paru, ginjal, otak, dan juga jantung. Itulah mengapa thiamin tidak boleh anda sepelekan. Sedangkan manfaat lainnya ada pada ulasan di bawah ini.

 Manfaat Thiamin Yang Tidak Boleh Disepelekan Untuk Kesehatan

Manfaat Thiamin Yang Tidak Boleh Disepelekan Untuk Kesehatan

1. Membantu Kerja Jantung Serta Pembuluh Darah

Jantung dan pembuluh darah erat kaitannya dengan kardiovaskular. Fungsi vitamin B1 atau thiamin adalah untuk mengatur produksi acetylcholine. Ini aalah neutrotransmitter yang bertugas untuk menyalurkan pesan ke bagian otot dan syarat. Artinya, jika seseorang kekurangan thiamin, maka dapat menyebabkan neutransmitter berkurang. Sehingga, akan mempengaruhi denyut jantung menjadi kurang teratur. Bahkan, jika thiamin benar-benar tidak tercukupi, maka dapat memberikan resiko gagal jantung kongestif.

2. Mendukung Kesehatan Mata

Thiamin, asam lemak omega-3 serta omega-6 ternyata berfungsi untuk menjaga agar mata tetap sehat dan juga mencegah agar katarak tidak terbentuk.

3. Menjaga Kinerja Otak

Thiamin juga sangat baik guna menjaga fungsi otak. Seseorang yang benar-benar memperhatikan asupan thiamin tentu dapat membantu agar fungsi otak tetap optimal, konsentrasi membaik dan memori bisa meningkat. Bukan hanya itu, thiamin juga dibutuhkan agar dapat mencegah stress dan membantu syaraf semakin kuat. Hal yang tak kalah pentingnya aalah untuk mengurangi penyakit multiple sclerosis, cirrhosis, alzhemeir dan lainnya yang berbahaya.

4. Menjaga Syaraf

Lapisan myelin adalah lapisan pelindung yang bekerja untuk menjaga syaraf. Seseorang yang tidak mencukupi kebutuhan thiamin dalam tubuh maka dapat menyebabkan lapisan tersebut semakin lemah. Sebaliknya, jika seseorang tidak mengabaikan asupan thiamin dan memberikannya dalam jumlah tubuh, maka akan sangat membantu pengembangan lapisan syaraf tersebut sehingga tidak akan ada masalah serius yang terjadi di bagian syaraf pada masa yang akan datang.

5. Mendukung Pencernaan

Pencernaan juga akan tetap sehat jika anda mencukupi kebutuhan tubuh, terutama kebutuhan thiamin. Manfaat thiamin selain itu adalah untuk membantu agar tubuh bisa mengeluarkan asam hidroklorat. Asam ini sangat penting karena akan membantu proses pencernaan makanan tanpa hambatan.

6. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Produksi sel darah merah tentu sangatlah penting untuk tubuh. Guna mendukung hal tersebut, maka tubuh membutuhkan thimain atau vitamin B1 dalam jumlah yang cukup.

Nah, itulah beberapa Manfaat thiamin yang sangat penting untuk anda ketahui. Tentunya, anda tidak boleh menyepelekan tubuh anda terutama jika kekurangan thiamin karena akan menghambat fungsi tubuh lainnya. Sebab, organ tubuh tersebut memiliki efek berkesinambungan.

Salah satu zat yang tidak terpenuhi akan mempengaruhi organ tubuh lainnya dan kemudian dapat menciptakan masalah yang serius jika tidak dihiraukan. Selain itu, thiamin juga sangat baik agar selera makan anda bisa meningkat karena vitamin B1 bisa membuat selera makan anda meningkat. Dengan demikian, maka anda telah menjamin bahwa tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup. Semoga bermanfaat!