Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh

Posted on

Vitamin A adalah salah satu jenis kandungan vitamin yang larut dalam lemak dan juga memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin A memiliki banyak senyawa yang ada di dalamnya seperti kandungan senyawa retinol, retinil aselat dan juga masih banyak lagi lainnya.

Manfaat Vitamin A
Manfaat Vitamin A

Dari semua kandungan senyawa tersebut kandungan senyawa retinol sajalah yang sangat identik dengan kandungan vitamin A di bandingan dengan kandungan senyawa lainnya. Meski seperti itu, tetap saja semua kandungan yang ada di dalam kandungan vitamin A tersebut berperan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita salah satunya untuk kesehatan pada mata.

Kandungan vitamin A memiliki peranan atau manfaat untuk kesehatan tubuh lainnya. Namun sebelum kita membahas mengenai peranan atau manfaat kandungan vitamin A tersebut, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu jenis jenis makanan apa sajakah yang memiliki kandungan sumber vitamin A.

Ada banyak sekali jenis makanan yang memiliki sumber kandungan vitamin A diantaranya adalah, sawi, brokoli, paprika, tomat, wortel, bayam, cabai merah, kacang panjang serta juga sayuran kangkung.

Selain itu sumber kandungan vitamin A juga berasal dari makanan hewani seperti, hati sapi, ginjal domba, telur, susu, keju, daging bebek, daging ayam, hati ayam, dan juga berbagai macan ikan-ikannan yang berasal dari laut salah satunya adalah ikan ikan cakalang dan juga ikan gabus. Nah, setelah sudah mengetahui sumber makanan apa sajakah yang banyak sekali mengandung kandungan vitamin A.

Berikut ini ada beberapa manfaat dan juga peranan penting kandungan vitamin A untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada mata

Peranan atau manfaat kandungan vitamin A yang utama yaitu untuk menjaga kesehatan pada mata. Mungkin bagi anda hal tersebut tentu tidak terasa asing lagi. Selain hal tersebut sudah banyak sekali penelitian yang sudah membuktikan bahwa penyebab adanya kebutaan itu sendiri dikarenakan minimnya asupan kandungan vitamin A untuk kesehatan tubuh. Olrh karena hal itu biasakanlah untuk banyak banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak sekali sumber vitamin A seperti yang sudah di sebutkan di atas.

  1. Bermanfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh

Selain mempunyai peranan dan juga manfaat untuk kesehatan mata, kandungan vitamin A juga sangat baik sekali untuk menjaga system kekebalan tubuh seseorang. Hal tersebut dikarenakan kandungan retinil palmitat yang ada di dalam vitamin A. kandungan tersebut memiliki peranan dan juga manfaat untuk mencegah infeksi yang di sebabkan oleh virus serta juga bakteri yang ada dan yang akan masuk ke dalam tubuh melalui system pernafasan dan juga lainnya.

  1. Sebagai sumber anti-oksidan

Kandungan vitamin A juga di kenal sebagai kandungan betakaroten yang berperan sebagai anti-oksidan di dalam tibuh seseorang. Kandungan anti oksidan tersebut berperan serta bermanfaat untuk menangkal radikal bebes yang di sebabkan oleh polusi serta juga berasal dari proses oksidasi di dalam tubuh. Oleh karena hal tersebutlah mengapa sumber vitamin A sangat penting dan juga sangat di butuhkan bagi tubuh untuk menunjang kondisi kesehatan tubuh.

  1. Dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan pada janin

Peranan dan juga manfaat kandungan vitamin A selanjutnya yaitu untuk mengoptimalkan system kekebalan tubuh. Dimana kandungan vitamin A merupakan kandungan vitamin yang sangat mudah larut ke dalam tubuh. Maka dengan begitu kandungan vitamin A sangatlah baik sekali untuk di jadikan sumber makanan yang mampu membantu tumbuh kembangnya janin. Diantaranya bisa membantu perkembangan pada organ mata, pada organ tulang, dan juga kesehatan kulit pada janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *