Manfaat Vitamin B6 Yang Wajib Anda Tahu

Posted on

Manfaat Vitamin B6 sangat penting karena Vitamin B6 atau Pyridoxine ini ternyata dapat bekerja dalam tiga bentuk utama yaitu pyridoxamine, piridoksal, dan juga piridoksin. Untuk remaja dan orang dewasa, kebutuhan Vitamin B6 lebih banyak jika dibandingkan bayi atau anak-anak. Bukan hanya itu, vitamin B6 juga sangat tinggi kebutuhannya terutama untuk wanita yang sedang meyusui, wanita yang sedang hamil, serta pria yang sudah berumur 51 tahun lebih.

Selain untuk memelihara metabolisme pada sel darah merah, manfaat Vitamin B6 juga sangat penting seperti membantu memelihara sistem saraf, sistem imun dan lainnya. Tak hanya itu, vitamin B6 sangat membantu mengontrol adar homosistein. Artinya, siapun yang kurang vitamin B6 maka akan memiliki beberapa masalah yang sangat serius seperti peradangan kulit, kejang, kebingungan, otot lemah, serta sulit untuk konsentrasi. Nah, apa saja manfaat vitamin B6 lainnya? Berikut informasi yang bisa anda simak.

Manfaat Vitamin B6
Manfaat Vitamin B6

1. Meningkatkan Performa Fitness

Seseorang yang rajin memakan sayuran atau buah-buahan, maka vitamin B6 yang dibutuhkan untuk tubuh bisa terpenuhi. Bahkan, perform fitnessnya juga dapat ditingkatkan. Hal ini dikarenakan fungsi vitamin B6 erat kaitannya dengan sistesis hemoglobin. Kondisi ini terjadi ketika tubuh melakukan pengangkutan oksigen serta untuk menghasilkan energi.
Dilansir dari jurnal internasional yang meeliti tentang vitamin dan nutrisi lainnya, rutin memberikan suplemen vitamin B6 dalam dua bulan ternyata dapat membantu mengembalikan kesegaran tubuh serta meningkatkan performa latihan ketika sedang fitness.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Vitamin B6 bekerja untuk membuka arteri yang biasanya akan tertutup jika proses angioplasty telah berjalan. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa vitamin b6 dapat mencegah adanya penyumbatan arteri jantung sekaligus meminimalisir resiko penyakit jantung.

Bagi pasien yang menderita sakit jantung, maka dokter bisa memberikan vitamin B6 dengan dosis yang tinggi. Akan tetapi, untuk penderita yang memiliki gejala sakit tersebut, maka bisa mencegah dengan mengonsumsi makanan seperti ikan, susu, padi-padian, dan juga telur.

3. Meningkatkan Stamina Tubuh Dan Melawan Penyakit

Manfaat Vitamin B6 lainnya adalah untuk membuat stamina tubuh meningkat dan menjaga agar tubuh tidak rentan dengan berbagai serangan penyakit. Vitamin B6 dibutuhkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit serius seperti rematik, nyeri haid, pilek, sakit gigi karena sensitifitas angin, serta kusta. Akan tetapi, sebelum mengonsumsi sebaiknya mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter yang tepat.

4. Membantu Komunikasi Syaraf

Bahkan, vitamin B6 juga sangat dibutuhkan tubuh bukan hanya untuk membantu agar syaraf bayi bisa berkembang dengan optimal. Pasalnya, hal ini juga bisa dilakukan vitamin B6 terhadap para orang dewasa, dalam hal ini adalah manula. Untuk orang dewasa yang mengidap penyakit serius seperti Alzeimer, mereka membutuhkan vitamin B6 untuk memenuhi kebutuhan gizi dan juga membantu fungsi syaraf. Dengan cara itulah, maka komunikasi pada syaraf bisa diperbaiki dan terhindar dari masalah insomnia atau lainnya.

5. Mendukung Perkembangan Otak Bayi

Untuk ibu hamil, vitamin B6 dibutuhkan agar otak bayi bisa berkembang secara optimal. Selain itu, vitamin B6 juga membuat proses pembentukan syaraf semakin baik. Itulah mengapa saat hamil, kebanyakan para dokter akan memberikan suplemen vitamin B6 agar tetap membantu kebutuhan vitamin B6 yang cukup untuk perkembangan janin.
Nah, itulah beberapa informasi tentang apa saja manfaat Vitamin B6 yang wajib untuk anda ketahui agar keluarga tetap sehat dan tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat!