Manfaat Zat Besi Yang Paling Utama Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat zat besi sama pentingnya seperti fosfor. Zat besi adalah satu dari sekian mineral yang berperan untuk mendukung fungsi organ tubuh. Sehingga, jika tubuh anda mengalami kekurangan zat besi, sudah pasti tubuh akan terasa lemah. Jika hal ini terus-terusan terjadi, kekurangan zat besi membuat siapapun bisa tak sadarkan diri atau pingsan.

Mengapa zat besi sangat diperukan oleh tubuh? Apa sajakah fungsinya? Manfaat zat besi akan dibahas pada artikel ini, sehingga anda dapat menambah wawasan agar tidak membiarkan tubuh kekurangan zat tersebut. Selain itu, peran zat besi sangat tinggi terutama dalam proses pengangkutan oksigen yang tersebar sampai ke seluruh tubuh. Bukan hanya itu, zat besi adalah komponen hemoglobin, zat yang ditemukan dalam sel darah merah. Tugasnya adalah agar oksigen bisa dibawa dengan lancar, yaitu dari paru-paru sampai ke seluruh bagian tubuh. Berikut berbagai manfaat yang bisa anda temukan dari zat besi.

Manfaat Zat Besi
Manfaat Zat Besi

1. Membentuk Hemoglobin

Zat ini sangat penting dan tidak boleh disepelekan. Itulah mengapa salah satu peran utama zat besi adalah untuk membentuk hemoglobin. Zat yang membuat darah manusia tampak merah gelap ini sangat dibutuhkan. Bahkan, di tubuh saja terdapat hemoglobin dengan total dua pertiga zat besi di seluruh tubuh.

Ketika tubuh anda kekurangan zat tersebut, maka artinya akan mempengaruhi produksi sel darah merah yang cukup dan yang sehat. Sel darah merah sendiri berfungsi untuk mengantarkan oksigen, bahkan juga mengangkut seluruh nutrisi ke semua jaringan. Jika nutrisi dan oksigen dalam setiap sel tubuh kurang, maka energi yang didapatkan juga sedikit. Sehingga, tidak akan optimal menjaga berbagai fungsi tubuh lainnya seperti fungsi dalam, fungsi motorik, imunitas, serta kerja otak.

2. Mengangkut Oksigen

Manfaat zat besi yang juga sangat penting adalah untuk mengangkut oksigen. Zat besi sebagai unsur pengikat oksigen bekerja didalam sel darah merah. Kemudian, zat besi juga sangat diperlukan guna membantu mengangkut oksigen dari satu sel ke sel lainnya didalam tubuh.

3. Fungsi Otot

Zat besi sebagai elemen penting juga ternyata sangat mempengaruhi apakah otot anda sehat atau tidak. Pasalnya, zat besi juga terdapat dalam protein Myoglobin. Protein ini adalah protein utama dalam otot. Myoglobin juga berfungsi untuk menyimpan oksigen yang ada didalam sel otot, lalu oksigen tersebut dilepaskan ketika proses metabolisme berlangsung, terutama saat adanya kontraksi otot.

4. Mempengaruhi Fungsi Otak

Tahukah anda bahwa didalam aliran dardah, terdapat hingga 20% oksigen yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja otak? Ya, zat besi inilah yang akan mempengaruhi fungsi otak, karean bekerja untuk memastikan bahwa oksigen benar-benar cukup dan tidak kurang persediaannya. Dengan demikian, maka oksigen pun bisa dialirkan ke seluruh tubuh tanpa hambatan, termasuk untuk otak.

5. Mengatasi Gejala Umum Anemia

Kadar zat besi memang bisa sangat kurang, sehingga dapat menyebabkan siapapun akan mengalami anemia. Salah satu manfaat unsur zat besi yang sangat penting untuk kesehatan adalah agar seseorang dapat sembuh dari gejala umum pada anemia. Dengan demikian, zat besi dapat mencegah kelelahan, sakit kepala, tubuh lemah, serta peningkatan kepekaan tubuh ketika suhu terasa dingin.

Nah, itulah berbagai informasi yang wajib anda ketahui dan tidak boleh disepelekan. Setelah mengetahui apa saja Manfaat zat besi, mulai saat ini anda harus bertekad untuk terus menjaga bahwa tubuh anda tidak kekurangan zat besi sama sekali. Semoga bermanfaat!