Mencegah & 9 Bahaya kutu rambut

Posted on

Bahaya kutu rambut – Penyakit kutu rambut merupakan suatu kondisi dimana ketika kulit kepala terinfeksi oleh kutu. Kutu rambut tersebut merupakan hewan jenis serangga kecil yang bisa hidup di rambut kepala manusia, dan hewan serangga tersebut bisa menghisap darah melalui kulit kepala. Saking kecilnya tubuh hewan serangga yang satu ini, sekilas kutu rambut ini sangat sulit sekali di lihat dengan mata telanjang. Hewan serangga yang satu ini memiliki ukuran yang sangat bervariasi, ada yang sebesar kepala peniti dan juga ada yang sebesar biji wijen.

Bahaya kutu rambut
Bahaya kutu rambut

Bagi para penderita kutu rambut keberadaan jenis parasit yang satu ini tentu saja bisa sangat mengganggu aktivitas dan juga dapat menimbulkan jenis penyakit yang lainnya. Maka dari itu, sangat di butuhkan penanganan yang cepat terhadap keberadaan kutu rambut ini di kepala anda. Anda bisa mengatasi hal tersebut secara alami dan juga bisa menggunakan obat khusus untuk membasmi kutu rambut. Karena dengan adanya kutu rambut ini bisa sangat berbahaya dan juga bisa menimbulkan dampak yang bermacam macam mulai dari adanya infeksi hingga terjadinya korengan.

Meskipun sekarang perkembangan zaman sudah semakin maju, tetapi perkembangan kutu rambut ini masih juga belum berhenti. Mengingat pada zaman moder seperti saat ini, seharusnya sadah tidak ada lagi hewan parasit seperti kutu rambut ini. Hal tersebut dikarenakan menang orang yang terkena serangan kutu rambut ini orang -orang zaman dulu pada saat masih zaman perjuangan. Tetapi kenyataannya masih banyak sekali orang khususnya pada anak -anak yang terkena serangan kutu rambut ini. Kemungkinan besar hal tersebut bisa terjadi dikarenakan adanya hidup yang tidak bersih dan juga lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya. Dengan adanya kutu rambut ini bisa berdampak negatif pada tubuh anda, dengan demikian kutu rambut ini harus segera di tangani. Berikut ini ada beberapa dampak atau bahaya adanya kutu rambut pada kepala anda. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Timbulnya penyakit pediculosis kapitis

Jenis penyakit yang satu ini juga bisa di sebut dengan penyakit iritasi kulit. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit gatal -gatal di daerah kulit kepala yang di sebabkan kerana adanya air liur kutu rambut yang menyerang kepala anda. Penyakit jenis inilah yang sering sekali timbul akibat serangan kutu rambut. Pada awalnya kutu rambut betina mengeluarkan telurnya, kemudian ketika telur kutu tersebut menetas dan menjadi kutu dewasa kutu tersebut pun membutuhkan makanan. Kutu rambut ini makan dengan cara mengisap darah pada kulit kepala anda. Pada saat kutu tersebut sedang makan kutu tersebut bisa mengeluarkan air liur, air liur tersebut pun bisa menempel pada kulit kepala. Hal tersebut lah yang menyebabkan timbulnya rasa gatal ketika seseorang terserang kutu rambut ini.

Bukan hanya air liur saja yang bisa di keluarkan oleh kutu rambut tersebut. Kutu rambut tersebut juga bisa mengeluarkan kotorannya, dan hal inilah yang bisa menyebabkan rambut kepala orang yang terserang kutu ini terkadang menjadi bau. Ada baiknya jika kita selalu berkeramas secara rutin agar bisa terhindar dari serangan kutu rambut yang bisa berbahaya ini.

2. Timbul rasa kurang percaya diri

Seperti yang telah anda ketahui bersama bahwa kebanyakan orang yang terkena serangan kutu rambut ini adalah anak -anak. Yang dimana anak -anak tersebut belum bisa menjaga kebersihan tubuhnya dan juga anggota tubuh lainnya secara intensif serta higienis. Mengingat kutu rambut ini dapat mengeluarkan air liur dan juga kotorannya yang dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal, bau dan juga kotor. Bisa jadi adanya hal tersebut anak tersebut menjadi bahan ejekan oleh teman temanya. Bukan hanya menjadi bahan ejekan saja, tatapi olokkan dan juga bulian bisa menyerang anak anda.

Dan yang paling parah yaitu mungkin saja anak tersebut bisa di kucilkan dan juga tidak ada yang mau berteman dengan anak tersebut. Jika sudah terlunjur pada posisi tersebut, anak tersebut bisa menjadi anak yang pendiam dan juga suka menyendiri. Tentunya hal tersebut bisa terjadi pada anak anda. dengan demikian rawatlah rambut kepala anda dengan baik agar bisa terhindar dari serangan kutu rambut ini.

3. Timbulnya gangguan saat tidur

Timbulnya gangguan pada saat tidur merupakan dampak dan juga bahaya dari kutu rambut. Bagai mana tidak, jika di kepala anda terdapat hewan serangga yang sedang menggigiti kulit kepala anda dan mengisap darah di kepala serta juga bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Tubuh kita yang di gigit nyamuk yang tidak selalu datang saja sudah sangat mengganggu tidur, apalagi jika kulit kepala anda ada hewan serangga yang sedang menggigiti dan juga bisa menyebabkan rasa gatal. Jika hal tersebut dibiarkan saja dan tidak segera di tangani maka orang yang terserang kutu rambut ini bisa mengidap insomnia.

Perlu anda garis bawahi bahwa hewan serangga seperti kutu rambut ini lebih banyak beraktivitas pada saat malam hari. Termasuk pada saat kutu tersebut mengisap darah dan juga ketika kutu tersebut bertelur atau berkembang. Jadi ketika anda terserang kutu rambut ini segeralah menanganinya atau juga membasminya secara cepat agar anda bisa terhindar dari serangan kutu rambut ini dan juga bisa tidur sangat pulas tanpa adanya gangguan kutu rambut tersebut.

4. Menyebabkan prestasi turun

Setelah anda semalaman sulit tidur karana terganggu oleh adanya aktivitas kutu rambut, maka pada saat di pagi harinya orang yang terserang kutu rambut ini pun melakukan sebuah aktivitas dan juga belajar tentunya bisa mengganggu hal tersebut. Pasalnya salah satu dari akibat kurang tidur di malam hari bisa menurunkan daya konsentrasi pada otak. Lalu apabila orang atau anak terganggu daya konsentrasinya maka bisa menyebabkan prestasi kinerja dan juga belajarnya pun bisa menurun. Hal tersebut dikarenakan informasi dan juga pelajaran yang telah di sampaikan tidak dapat di serap dengan baik.

5. Bisa berkembang biak

Konsekuensi terburuk dari adanya serangan kutu rambut yang tidak segera di atasi dan juga di basmi secara cepat yaitu bisa berkembang yang bisa semakin banyak populasinya. Dengan membiarkan kutu rambut yang berada di rambut kepala tanpa di tangani berarti anda sudah memberikan rumah dan juga makanan untuk kutu rambut tersebut. Di mana hal tersebut bisa menyebabkan populasi kutu tersebut bertambah banyak. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penularan kutu rambut ini sangat mudah sekali terjadi. Dengan hanya bersentuhan rambut saja kutu rambut tersebut bisa menular.

Jika orang terkena serangan kutu rambut ini tidak segera membasmi atau menangani hal tersebut juga bisa menyebabkan penyakit serangan kutu rambut pada orang lainnya. Dan hal tersebut merupakan suatu perbuatan yang bisa merugikan anda dan juga orang lain.

6. Timbulnya penyakit eksem (kulit kepala gatal dan juga bengkak)

Jenis penyakit yang satu ini jarang sekali di kenali oleh banyak masyarakat. Tatapi penyakit eksem ini adalah sejenis dan juga hampir mirip dengan korengan atau juga ruam. Di mana ciri -ciri dari penyakit yang satu ini yaitu bengkak, meradang dan juga berwarna kemerahan. Dan pada umumnya penyakit yang satu ini di sertai juga dengan rasa gatal.

Jika serangan kutu air ini tidak segera di atasi dan juga di basmi, maka dapat membuka peluang yang sangat besar terjadi penyakit eksem ini. Pasalnya pada saat anda menggaruk bisa menyebabkan kulit lecet dan juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit jenis ini.

7. Timbulnya Impetigo (Penyakit Menular)

Bahaya dan juga dampak dari adanya serangan kutu rambut ini yang sangat di takuti oleh banyak masyarakat yaitu timbulnya penyakit impetigo. Impetigo merupakan sejenis penyakit infeksi yang terjadi pada bagian kulit tubuh manusia. Di mana penyakit yang satu ini bisa timbul di sebabkan oleh adanya bakteri yang memiliki bernama staphylococcus atau streptococcus. Salah satu penyebab bisa datang penyakit ini yaitu adanya sayatan atau juga goresan luka yang terjadi pada kulit tubuh. Yang mana goresan luka yang terjadi pada kulit tersebut bisa menjadi pintu gerbang datangnya bakteri yang bisa berkembang sehingga bisa menimbulkan infeksi.

8. Terjadi infeksi pada kemaluan

Mungkin pada awalnya banyak yang mengira bahwa kutu tersebut hanya da di daerah kulit kepala saja. Tapai pada kenyataannya kutu rambut ini juga bisa mengincar daerah kemaluan manusia. Pada umumnya yang banyak sekali mengalami serangan kutu seperti ini yaitu orang dewasa. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan penyaluran kutu rambut kemaluan memalui adanya hubungan biologis antara seorang pria dengan wanita.  Apabila salah satu terkena serangan kutu rambut pada kemaluannya maka kemungkinan besar bisa menular ke pasangan orang tersebut jika serangan kutu tersebut tidak segera di atasi atau dibasmi.

9. Timbulnya rasa depresi

Serangan kutu rambut ini juga bisa menyebabkan rambut orang yang terserang kutu tersebut menjadi rontok. Di mana rambut tersebut bisa mudah rontok karena kebiasaan mengaruk kulit kepala secara kasar yang di akibatkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Akibat terjadinya rambut rontok lama kelamaan bisa berakibat timbulnya rasa depresi. Rasa depresi yang terjadi berlarut larut bisa mengganggu masalah kesehatan tubuh orang yang terserang kutu tersebut.

Tips mencegah adanya kutu rambut

Untuk dapat mencegah penyebaran kutu rambut ini merupakan suatu hal yang sangat sulit. Meski demikian masalah tersebut masih bisa anda atasi dengan beberapa tips berikut. Nah, berikut ini merupakan beberapa tips untuk mencegah kutu rambut yang bisa anda terapkan pada anda. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Hindarilah kontak kepala secara langsung pada saat anda sendang melakukan aktivitas di dalam rumah maupun di luar rumah.
  • Rutin memeriksa dan juga menyisir rambut anda agar bisa mengetahui keberadaan kutu rambut tersebut. Hal ini merupakan salah satu penanganan dini sebelum kutu tersebut berkembang.
  • Sebisa mungkin anda menjaga jarak dengan seseorang yang menderita serangan kutu. Dan jika perlu anda menghindari kontak secara langsung dengan orang tersebut untuk sementara waktu.
  • Hindari pemakaian berbagai barang pribadi seperti misalnya sisir sikat rambut, bantal dan juga yang lainnya. Hal tersebut di lakukan agar anda bisa terhindar dari penularan kutu rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *