Mengenal 13 Manfaat Sayur Terong Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Mengenal 13 Manfaat Sayur Terong Bagi Kesehatan TubuhSiapa yang tak tahu dengan jenis sayuran yang satu ini yaitu terong. Semua orang, dari orang dewasa sampai anak -anak pasti sudah pernah mengkonsumsi jenis sayuran yang satu ini. Buah yang memiliki bentuk yang lonjong kerap di jadikan sebagai sayur baik itu di jadikan sebagai sayur lodeh, sambal terong atau juga terong goreng.

Jenis sayuran yang satu ini memiliki rasa yang sedikit gurih serta juga sangat enak untuk di konsumsi. Namun banyak orang yang belum menyadari bahwa jenis sayur yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang begitu baik bagi kesehatan tubuh serta juga kecantikan.

Mengenal 13 Manfaat Sayur Terong Bagi Kesehatan Tubuh
Mengenal 13 Manfaat Sayur Terong Bagi Kesehatan Tubuh

Sayuran terong ini terdiri beragam jenis terong, baik itu dari segi bentuknya maupun juga ukuran serta warnanya yang sangat bervariasi. Tetapi jenis terong yang paling sering di konsumsi yaitu terong yang memiliki warna ungu.

Terong ini pada awalnya berasal dari negara india, kemudian sudah menyebar luas ke berbagai negara termasuk di indonesia. Jenis sayuran yang satu ini sangat mudah sekali untuk di temukan dan juga harganya pun sangat terjangkau sehingga sangat cocok bagi semua kalangan.

Hal tersebut dikarenakan tanaman sayur terong ini sangat mudah sekali tumbuh dan juga cepat berubah, bahkan juga untuk mengurusnya pun tidak terlalu sulit.

Sayangnya masih banyak orang awam yang telah keliru dengan beranggapan bahwa sayur terong ini tidak bagus bagi para kaum laki -laki karena dapat menurunkan syahwat. Padahal anggapan sebagian orang tersebut samasekali tidak benar.

Justru jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat di perlukan oleh tubuh. Dan juga jenis sayur yang satu ini sangat bagus sekali di konsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh anda. Tak heran jika vegetarian sangat senang sekali memasukan terong ini ke dalam salah satu menu makanan yang sehat.

Di balik manfaatnya yang sangat luar biasa, jenis sayuran yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat di perlukan oleh tubuh. Kandungan nutrisi yang ada di dalam terong tersebut diantaranya yaitu kandungan vitamin A, B, C, Edan juga K, serta juga kandungan asam folat.

Beberapa kandungan mineral seperti kandungan tembaga, kalsium, magnesium, mangan, fosfor dan kalium juga ada di dalam sayuran terong ini.  Kandungan zat senyawa -senyawa yang ada di dalam terong tersebut memiliki manfaat yang sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh. Dan juga sangat di butuhkan sekali oleh tubuh anda meski dalam jumlah yang sedikit.

Selain sayur terong ini memiliki kandungan vitamin dan juga kandungan mineral di dalamnya. Sayuran terong ini juga memiliki kandungan nasunin, kandungan tersebut merupakan kandungan senyawa yang berfungsi sebagai zat antioksidan yang bisa kita temukan di kulit terong. Berikut ini beberapa manfaat dan juga khasiat sayuran terong bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Menyehatkan organ jantung

Sayuran terong ini memiliki manfaat dan juga khasiat dapat menyehatkan organ jantung anda. Hal tersebut dikarenakan sayuran terong ini memiliki kandungan kalium yang ada di dalamnya. Kandungan kalium yang ada di dalam sayuran terong ini berkhasiat bisa menstabilkan detak jantung anda dan juga bisa mencegah retensi cairan. Sehingga dengan adanya hal tersebut penyakit jantung koroner bisa anda hindari serta juga jantung anda bisa semakin sehat.

Sayur menyehatkan Jantung

2. Sebagai salah satu menu makanan yang sehat

Sebagai vegetarian, tidak banyak jenis menu makanan yang dapat di jadikan pilihan untuk dapat memenuhi kebutuhan kandungan nutrisi di dalam tubuh. Dengan adanya berbagai jenis kandungan gizi yang cukup banyak di dalam sayuran terong ini, sayuran terong ini juga dapat di manfaatkan oleh mereka para vegetarian agar tubuh mereka selalu dalam keadaan sehat dan juga tidak kekurangan kandungan nutrisi.

3. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan nutrisi yang berupa kandungan nasunin yang ada di dalam sayur terong sangat bermanfaat dan juga berkhasiat dapat melindungi membran sel saraf serta juga otak. Sehingga dapat terhindar dari kerusakan yang telah di akibatkan radikal bebas. Selai hal tersebut bermanfaat dan juga berkhasiat bisa memfasilitasi proses transfer pesan antar sel saraf Dengan demikian fungsi otak bisa meningkat. Otak pun dapat bekerja dengan maksimal dan juga bisa lebih sehat.

4. Menurunkan berat badan

Tubuh yang melar serta berat badan yang tidak normal bisa mengurangi kecantikan serta juga mengurangi penampilan tubuh. Namun juga hal tersebut bisa menjadi salah satu sumber terjadinya berbagai penyakit di dalam tubuh. Akan tetapi sangat sulit sekali untuk bisa menurunkan berat badan jika badan tersebut sudah terlunjur gemuk.

Untuk bisa mengatasi masalah berat badan tersebut anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi sayuran terong ini secara teratur setiap harinya. Karena sayur terong ini memiliki kandungan serat dan juga kandungan kalori yang rendah di dalamnya. Sehingga hal tersebut mampu untuk mengikat lemak serta juga membuangnya bersama feses.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Jika anda sedang mengalami masalah pada sistem pencernaan anda seperti misalnya susah BAB. Maka anda bisa mencoba mengkonsumsi sayuran terong ini untuk dapat mengatasi masalah pada sistem pencernaan anda. Kandungan serat yang ada di dalam sayur terong ini sangat bermanfaat dan juga berkhasiat sekali di dalam proses pencernaan.

Kandungan serat yang ada di dalam sayur terong tersebut bisa membuat sistem pencernaan anda menjadi lancar dan juga agar lebih sehat. Dengan demikian masalah susah buang air besar yang sedang anda derita pun bisa teratasi.

6. Mencerahkan kulit tubuh

Kulit tubuh bisa terlihat sangat cerah jika kulit tubuh tersebut di rawat dengan benar dan juga di penuhi kandungan nutrisi nya di dalam tubuh. Untuk membuat kulit tubuh anda terlihat lebih cerah anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi sayur terong ini sebagai salah satu menu makanan anda. Kandungan vitamin C yang ada di dalam sayuran terong ini bisa mengatasi kekusaman pada kulit tubuh anda sehingga kulit tubuh anda menjadi terlihat lebih cerah.

7. Melembapkan kulit kepala

Sayuran terong merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur terong tersebut memiliki manfaat dan juga khasiat yang sangat bagus sekali bagi kelembaban kulit kepala anda.

Sayur terong ini juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang di butuhkan kulit kepala anda, sehingga menjadikan kulit kepala anda bisa lebih lembap. Dan hal tersebut juga bisa berdampak positif pada kesehatan rambut anda dan juga rambut anda bisa lebih sehat.

8. Mencegah terjadinya penuaan dini

Tanda -tanda munculnya penuaan dini yaitu mulai timbulnya atau terbentuknya kerutan -kerutan dan juga munculnya flek hitam pada bagian kulit wajah anda. Jika keadaan tersebut di biarkan saja hal tersebut tentu saja bisa mengurangi kecantikan wajah anda.

Untuk dapat mengatasi masalah pada kulit wajah tersebut anda bisa mengonsumsi sayur terong ini. Karena di dalam sayur terong ini ada kandungan vitamin C dan juga vitamin E, kandungan nutrisi ini sangat bermanfaat sekali untuk dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Jika kandungan vitamin C dan juga vitamin E ter cukupi di dalam tubuh anda maka masalah penuaan dini bisa teratasi.

9. Membantu menghilangkan kebiasaan merokok

Merokok tidak hanya dapat membahayakan kesehatan diri sendiri tetapi juga kesehatan orang lain yang telah menghirup asap rokok tersebut. Untuk dapat bisa berhenti dari kebiasaan buruk tersebut juga sedikit sulit di lakukan. Karena rokok ini dapat menyebabkan kecanduan. Salah satu cara yang harus anda coba yaitu dengan mengkonsumsi buah terong secara rutin.

Hal tersebut dikarenakan sayur terong ini memiliki kandungan nikotin di dalamnya dalam jumlah yang sangat kecil. Jika sayur terong ini di konsumsi secara rutin lama kelamaan candu pada rokok tersebut pun bisa hilang. Anda juga tak perlu khawatir untuk mengkonsumsi sayur terong ini. Karena kandungan nikotin yang ada di dalam sayur terong ini tidak berbahaya seperti kandungan nikotin yang ada di rokok.

10. Membantu program diet yang sehat

Sayur terong ini memiliki manfaat dan juga khasiat dapat mencegah dan juga dapat menghambat terbentuknya kandungan lemak di dalam pembuluh darah anda. Dengan demikian segala jenis penyakit tidak mudah menyerang tubuh anda.

Sayur terong ini juga sangat baik sekali untuk di konsumsi karena sayur terong ini memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Sayur terong ini juga sangat coco sekali untuk di jadikan sebagai salah satu menu makan untuk program diet yang sehat.

11. Mencegah penyakit anemia

Penyakit anemia atau penyakit kekurangan darah bisa menyebabkan tubuh anda mudah merasa lemas, tidak bergairah, mudah merasa lelah dan juga kulit menjadi pucat. Untuk dapat mengatasi dan juga mencegah penyakit anemia tersebut anda bisa mengkonsumsi sayuran terong ini.

Karena sayur terong ini memiliki kandungan zat besi di dalamnya meski dalam jumlah yang sangat kecil. Tetapi hal tersebut bisa sangat membantu dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh anda sehingga penyakit anemia yang sedang anda derita dapat teratasi.

Anemia

12. Sebagai salah satu zat anti bakteri

Kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur terong juga berkhasiat sebagai zat anti bakteri dan juga zat antivirus. Dimana berbagai jenis parasit tersebut bisa menimbulkan berbagai macam jenis penyakit. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut anda bisa mengkonsumsi sayur terong ini dengan teratur. Dengan demikian tubuh anda bisa lebih sehat dan juga terhindar dari berbagai jenis penyakit.

13. Meningkatkan sistem imun di dalam tubuh

Jika sistem imun di dalam tubuh anda selalu dalam keadaan yang baik maka tubuh anda bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit. Karena dengan adanya sistem imun tubuh yang sehat maka tubuh anda selalu dalam keadaan yang prima sehingga sel -sel dapat bekerja secara optimal dan juga dengan baik. Untuk dapat menjaga sistem imunitas di dalam tubuh anda selalu dalam keadaan yang baik anda bisa memanfaatkan sayuran terong ini. Karena sayur terong ini memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat dan juga berkhasiat mampu menjaga sistem imun tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *