Mengenal Bahaya Mandi Malam Bagi Tubuh

Posted on

Bahaya mandi malamMungkin anda sudah pernah mendapat teguran dari orang tua anda, ketika anda hendak mandi di waktu malam hari. Bahkan juga mereka sering sekali mengatakan bahwa mandi di saat malam hati ini tidak baik bagi kesehatan tubuh anda. Dan juga ketika pada saat itu tubuh anda bisa terserang oleh beberapa macam jenis penyakit. Berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh anda jika anda sering melakukan mandi di waktu malam hari. Diantaranya yaitu sebagai berikut seperti penyakit rematik dan jug beberapa jenis penyakit yang lainnya.

Mengenal Bahaya Mandi Malam Bagi Tubuh
Mengenal Bahaya Mandi Malam Bagi Tubuh

Jika seperti hal tersebut, bagai mana jika sebuah aktivitas harian kita yang sangat mengharuskan kita untuk dapat mandi di waktu malam hati. Dan benarkan mandi di waktu malam hati ini dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam jenis penyakit. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan terkait dengan bahaya dan juga dampak negatif jika anda sering melakukan mandi di waktu malam hari. Hal tersebut memang harus anda perhatikan dan juga perlu anda ketahui, bahaya tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini

Konon katanya, mandi di waktu malam hari bisa memicu terjadinya penuaan dini pada tubuh anda. Bahkan, beberapa diantaranya mengatakan bahwa ketika kita melakukan mandi di waktu malam hari kondisi tubuh kita tidak kuat untuk dapat menerima rangsangan dari air dingin tersebut. Dengan demikian hal tersebut bisa menyebabkan sistem metabolisme di dalam tubuh kita menjadi meningkat. Oleh karena hal tersebut, tubuh kita sangat membutuhkan kandungan kalori dan juga kandungan oksigen yang jumlahnya tergolong cukup tinggi untuk dapat menstabilkan kondisi tubuh kita.

  1. Bisa menyebabkan terjadinya penyakit paru -paru basah

Pada saat kita mandi di waktu malam hari, hal tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit paru -paru basah. Akan tetapi hal tersebut ternyata hanyalah sebuah mitos saja yang sampai pada saat ini belum di ketahui kebenarannya. Hal tersebut karena penyakit paru -paru basah bisa terjadi karena adanya afeksi yang di sebabkan oleh virus dan juga adanya bakteri yang memang berasal dari udara yang telah dihirup. Orang yang telah menderita penyakit jenis paru -paru basah ini pada umumnya bisa mengalami gejala seperti batuk berdahak, dan juga biasanya mengalami kesulitan untuk bernapas. Selain itu penderita penyakit paru -paru basah ini juga mengalami gejala kondisi tubuh yang menggigil. Dan hal tersebut tidak ada kaitannya dengan mandi di waktu malam hari.

  1. Dapat menyebabkan terganggunya sistem metabolisme di dalam tubuh

Mandi di waktu malam hari juga bisa menyebabkan sistem metabolisme di dalam tubuh anda jadi terganggu. Hal tersebut benar atau tidak, hal tersebut memang ada benarnya. Karena pada saat malam hari tubuh kita atau kondisi suhu tubuh kita lebih cenderung dalam keadaan melemah, serta sangat membutuhkan istirahat yang cukup. Dengan demikian jika kita mandi pada saat malam hari dan juga pada saat itu juga pori -pori tubuh kita kembali terbuka. Dan hal tersebut bisa membuat air dapat masuk ke dalam tubuh kita, hal tersebut bisa membuat tubuh kita menjadi meriang atau juga masuk angin dan juga terjadi gangguan pada hormon di dalam tubuh kita. Hal tersebut bisa terjadi terutama pada tubuh kita dimana tubuh kita suhu tubuhnya masih sangat tinggi sekali.

  1. Mandi malam bisa menyebabkan masuk angin

Hal seperti ini bisa jelas terjadi, karena pada saat malam hari merupakan waktu yang sangat tepat sekali untuk beristirahat. Dan ternyata, dengan mandi malam ini malah bisa menyebabkan tubuh kita menjadi meriang dan juga masuk angin. Terutama pada saat suhu tubuh kita masih dalam keadaan panas yang cukup tinggi.

  1. Bisa membuat tubuh menjadi demam

Masih berkaitan dengan pori –pori tubuh dan juga kondisi suhu panas tubuh yang dapat terus meningkat pada saat malam hari. Dengan demikian, sebaiknya anda sangat di anjurkan sekali untuk tidak melakukan mandi pada saat malam hari. Hal tersebut dikarenakan jika kondisi suhu tubuh anda masih dalam keadaan panas, dan anda menyiraminya dengan air yang sangat dingin di malam hari maka keadaan tubuh anda bisa mengalami demam yang sangat tinggi dan juga bisa panas dingin.

  1. Mandi malam bisa berdampak pada nyeri otot

Sudah banyak sekali diantara orang –orang yang telah melakukan kebiasaan mandi pada waktu malam hari. Orang -orang tersebut kerap sekali merasakan atau mengeluh akibat adanya rasa nyeri yang terjadi pada ototnya. Dan hal tersebut dikarenakan adanya air dingin di malam hari yang telah masuk ke dalam pori -pori kulit dan masuk kedalam tubuh.

  1. Bisa menyebabkan terjadinya asam urat

Mandi di waktu malam hari ini juga bisa menyebabkan terjadinya asam urat. Penyakit jenis ini bisa terjadi karena banyaknya mengkonsumsi kandungan zat purine yang ada di dalam tubuh sehingga hal tersebut bisa membuat kandungan asam urat di dalam tubuh anda menjadi meningkat.  Dan hal tersebut juga bisa menyebabkan organ ginjal anda tak mampu menampung atau pun membuang kandungan zat tersebut. Biasanya penyakit jenis ini memiliki gejala seperti persendian terasa sangat nyeri sekali, terjadi pembengkakan dan juga kemerahan. Apalagi pada saat di pagi hari dan juga malam hari gejala -gejala tersebut bisa sering sekali terjadi. Dan bagi orang yang telah mengidap penyakit ini yang sudah parah maka jika sedang menggerakan anggota tubuhnya bisa sangat sulut sekali. Pada umumnya penyakit jenis ini menyerang anggota tubuh seperti di bagian sendi jari tangan, bagian kaki, bagian tumit, bagian siku, dan juga di bagian pergelangan tangan. Jika anda telah mengalami penyakit seperti ini sebaiknya anda menghindari melakukan mandi di waktu malam hari.

Untuk dapat mencegah terjadinya penyakit jenis ini dan juga agar dapat mengurangi penyakit ini yaitu dengan menghindari jenis makanan yang di dalamnya memiliki banyak sekali kandungan purine, contoh jenis makanan yang memiliki kandungan purine yang tinggi seperti kacang kacangan, sea food, jenis makanan di dalam kaleng. Dan juga jenis makanan yang memiliki kandungan purine yang lainnya.

  1. Menyebabkan timbulnya penyakit rematik

Salah satu alasan yang utama yang mungkin sangat sering kita dengarkan kenapa orang tua pada waktu kita masih kecil melarang kita untuk mandi di malam hari. Yang jelas sebagian para orang tua telah mengetahui bahwa mandi pada saat malam hari bisa mendatangkan berbagai jenis penyakit terutama penyakit rematik. Sebagian besar penyakit rematik ini bisa terjadi di sebabkan karena adanya peradangan pada sendi. Peradangan yang terjadi pada sendi anda pun bisa terjadi karena tubuh anda kekurangan hormon estrogen, adanya faktor genetik, dan yang lainnya. Hingga akhirnya dapat menyebabkan kandungan asam urat di dalam tubuh anda meningkat dengan drastis.

Sebenarnya kebiasaan mandi di waktu malam hari tidak berpengaruh secara langsung terhadap terjadinya penyakit rematik ini. Mandi di waktu malam hari bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada sendi anda, jika memang tubuh anda sudak memiliki penyakit rematik ini. Hal tersebut berkaitan dengan adanya penyempitan pembuluh darah yang telah di akibatkan oleh adanya hawa dingin yang bisa berpengaruh pada kurangnya suplai oksigen ke dalam sendi. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan rasa yang sangat nyeri sekali pada persendian anda.

Berikut ini ada beberapa tips untuk dapat menghindari penyakit rematik. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan terapi penguapan atau menggunakan air panas

Yang perlu anda lakukan yaitu dengan merendam kaki yang terkena penyakit rematik selama beberapa saat pada bak atau juga ember yang telah berisi air hangat. Kemudian letakkan kompres dingin di bagian kepala anda. Setelah itu minumlah air hangat dan setelah itu segeralah berbaring selama sekitar 30 menit.

  • Menggunakan jahe dan juga cengkeh

Racikan jahe dan juga cengkeh yang sebelumnya telah di tumbuh halus bisa di gunakan sebagai obat luar dengan mengoleskan racikan tersebut ke bagian tubuh yang terasa nyeri. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap harinya. Tentunya dengan melakukan hal tersebut bisa mengurangi rasa nyeri secara bertahap dan lama kelamaan bisa hilang.

  • Menggunakan kulit manggis

Anda juga bisa mencoba menggunakan kulit manggis ini untuk dapat mengatasi penyakit rematik. Pertama iris lah kulit manggis tersebut menjadi kecil -kecil dan kemudian jemur irisan kulit manggis tersebut. Kemudian campurkan lah potongan kulit manggis tersebut dengan segelas air hangat. lalu tunggu hingga warna air tersebut berubah. Kemudian minumlah air tersebut secara rutin setiap harinya.

Tips mandi malam yang baik bagi kesehatan tubuh

Mitos yang telah berkembang bahwa mandi pada saat malam hari bisa mengundang berbagai penyakit seperti rematik dan juga penyakit aru paru basah bisa saja hal tersebut benar atau juga tidak. Semua hal tersebut bisa anda hindari jika anda mengetahui bagai mana mandi malam yang baik bagi kesehatan. Berikut ini tips mandi malam yang baik untuk kesehatan tubuh:

Baca Juga :

Penggunaan air hangat

Jika air dingin yang telah anda gunakan untuk mandi di malam hari memiliki efek dapat mendatangkan berbagai penyakit seperti rematik dan juga penyakit paru -paru basah. Maka untuk dapat terhindar dari kedua jenis penyakit tersebut sebaiknya anda menggunakan air hangat untuk mandi malam hari.

Dari penggunaan air hangat tersebut maka bisa mendatangkan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Pada saat mandi di malam hari dengan menggunakan air hangat bisa membuat tubuh anda menjadi lebih nyaman. Mandi dengan menggunakan air hangat di malam hari bisa membuat tidur dengan nyenyak.
  • Mandi di malam hari dengan menggunakan air hangat juga membuat kulit tubuh anda dari berbagai masalah kulit yang dapat menyerang kulit anda. Masalah tersebut bisa di akibatkan adanya kotoran yang menempel adanya debu dan juga polusi saat anda beraktivitas di siang hari.
  • Mandi malam dengan menggunakan air hangat juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan juga bisa mengurangi rasa lelah setelah melakukan aktivitas seharian. Hal tersebut dikarenakan mandi dengan menggunakan air hangat ini bisa membuat otot tubuh dan juga persendian anda menjadi lebih rileks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *