Mengenal Ciri, Dampak dan Efek Keputihan

Posted on

Mengenal Ciri, Dampak dan Efek Keputihan  – Keputihan merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada organ intim wanita, yang sejak lama sudah menjadi suatu persoalan bagi para kaum wanita. Masih sedikit sekali para kaum wanita yang tahu tentang masalah keputihan ini dan juga terkadang juga menganggap remeh persoalan kesehatan pada organ intim nya. Padahal masalah kesehatan seperti keputihan ini tidak bisa di anggap enteng. Karena jika keputihan ini tidak segera di tangani maka bisa berakibat sangat fatal sekali.

Mengenal Ciri, Dampak dan Efek Keputihan
Mengenal Ciri, Dampak dan Efek Keputihan

Sebelum kita membahas tentang bahaya dan juga dampak dari keputihan ini, sebaiknya kita membahas terlebih dahulu keputihan dan juga penyebab terjadinya keputihan. Keputihan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada kaum wanita, yaitu keluarnya cairan yang berwarna putih dari organ intim, atau juga cairan yang berwarna putih ke abu abuan.

Untuk penyebab terjadinya keputihan tersebut masih banyak para wanita yang belum mengetahui, hal tersebut dikarenakan masih minimnya pengetahuan dan juga informasi tentang keputihan itu sendiri. Banyak kaum wanita juga menganggap jika masalah keputihan ini merupakan suatu hal yang wajar, padahal tidak semua keputihan tersebut memiliki sifat fisiologis atau juga normal.  Sebenarnya keputihan yang terjadi pada wanita merupakan suatu hal yang normal tetapi tidak selamanya begitu. Karena keputihan yang normal juga bisa menyebabkan terjadinya keputihan abnormal atau juga bersifat patologis.

Ciri – ciri keputihan yang tidak normal

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang keputihan ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu ciri -ciri keputihan yang tidak normal. Keputihan yang terjadi secara tidak normal ini harus anda waspada dan juga harus mendapatkan perhatian secara khusus. Berikut ini beberapa ciri –ciri keputihan yang tidak normal yang harus anda ketahui. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

Menimbulkan bau

Ciri yang pertama dari terjadinya keputihan yang tidak normal yaitu menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau yang tidak sedap tersebut di sebabkan oleh adanya kuman yang sudah menginfeksi bagian organ intim wanita. Sehingga bisa menyebabkan cairan vagina atau keputihan tersebut berbau tidak sedap. Jika keputihan yang terjadi normal maka tidak timbul bau.

Timbul rasa gatal

Ciri keputihan yang terjadi tidak normal yaitu timbulnya rasa gatal yang terjadi pada area vagina. Hal tersebut menandakan bahwa bakteri dan juga kuman sudah berkembang di area vagina dan juga hal tersebut bisa menimbulkan masalah di area vagina.

Berwarna

Keputihan yang normal umumnya memiliki warna yang bening dan juga tidak memiliki warna. Jika keputihan yang terjadi memiliki warna putih susu maka keputihan tersebut masih di anggap normal. Anda perlu waspada jika keputihan yang terjadi memiliki warna seperti hijau, kuning dan juga di sertai dengan keluarnya darah. Hal tersebut menunjukkan bahwa keputihan yang sedang anda alami terjadi tidak normal.

Terasa nyeri saat buang air kecil

Keluhan yang berupa rasa nyeri ketika saat anda buang air kecil merupakan suatu tanda bahwa keputihan yang anda alami sudah dalam tahap yang sangat serius sekali. Hal tersebut juga sudah menandakan bahwa bakteri dan juga kuman sudah masuk ke bagian kandung kemih anda. jika hal tersebut tidak segera di tangani maka bisa sangat berbahaya sekali.

Timbul rasa panas

Keputihan yang terjadi secara tidak normal juga bisa memberikan efek yang berupa rasa panas yang terjadi di bagian dalam vagina. Jika anda merasakan hal tersebut, berarti bakteri dan juga kuman yang ada di dalam vagina tersebutlah yang sudah menyebabkan terjadinya rasa panas tersebut. Timbulnya rasa panas tersebut juga menandakan bahwa sudah terjadi peradangan pada vagina anda.

Penyebab terjadinya keputihan secara umum

Setelah anda sudah mengetahui ciri -ciri keputihan yang terjadi secara tidak normal, selanjutnya anda juga harus mengetahui masalah penyebab terjadinya keputihan secara umum. Berikut ini ada beberapa penyebab keputihan secara umum yang harus anda ketahui. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

Adanya kuman

Hal yang paling utama yang menjadi penyebab terjadinya keputihan yaitu adanya kuman. Kuman itu sendiri dapat berasal dari tangan anda yang kotor kemudian menyentuh bagian organ intim anda. kuman -kuman tersebut dapat masuk kedalam vagina dan juga bisa menyebabkan terjadinya keputihan yang tidak normal.

Kelembapan

Banyak sekali para wanita yang menggunakan celana dalam yang sehabis buang air kecil tanpa mengeringkan terlebih dahulu. Keadaan celana dalam yang lembap tersebut bisa menyebabkan terjadinya keputihan, karena pada saat celana tersebut dalam keadaan lembap kuman dan juga jamur dapat bisa menyebabkan vagina anda terasa gatal dan juga bisa menyebabkan terjadinya keputihan.

Adanya jamur

Perkembangan jamur yang ada di daerah vagina juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya keputihan yang harus diwaspadai. Jamur tersebut biasanya sangat mudah berkembang pada tempat yang sangat lembap.

Adanya bakteri vaginosis

Kepatuhan bisa terjadi juga bisa di sebabkan adanya jenis bakteri yang bernama vaginosis. Tetapi pada saat ini penyebab munculnya jenis bakteri yang satu ini belum di ketahui secara medis. Bakteri ini merupakan salah satu pengganggu keseimbangan cairan sehingga orang yang mengalami keputihan dapat menimbulkan cairan yang keluar sangat banyak dan juga tidak terkendali. Selama bakteri tersebut masih ada peningkatan jumlah cairan bisa terjadi secara terus menerus bahkan juga para wanita pun bisa kebingungan dalam mengatasi keputihan tersebut.

Bergonta-ganti pasangan

Bagi orang yang suka sekali berganti pasangan sebaiknya mulai lah mengamankan diri anda, karena orang yang suka bergontai -ganti pasangan sangat rentan sekali terkena penyakit keputihan ini. Jika seorang wanita suka berhubungan intim dan juga tidak menjaga kebersihan organ intim nya, bakteri dan juga kuman yang ada bisa masuk kedalam organ intim dan hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya keputihan tidak normal.

Kebersihan organ intim yang kurang baik

Keputihan yang terjadi secara tidak normal bisa di sebabkan oleh kebersihan organ intim yang kurang bersih serta kurang di jaga dengan baik. Sebenarnya organ intim wanita sadah di lengkapi dengan bakteri yang baik bakteri tersebut bisa menjaga keseimbangan kandungan asam di dalam vagina. Tetapi vagina yang kebersihannya kurang terjaga maka bakteri yang bersifat jahat dapat mengganggu bakteri yang bersifat baik tersebut, sehingga menyebabkan adanya jumlah bakteri yang bersifat jahat lebih banyak. Pada saat itulah keputihan bisa muncul dan juga bisa mengganggu para wanita.

Virus HPV

Terjadinya keputihan yang terjadi secara tidak normal bisa di sebabkan oleh adanya virus HPV. Adanya virus tersebut juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit seksual. Jika masalah tersebut tidak segera di atasi, virus jenis ini juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit yang lebih serius seperti misalnya penyakit kanker. Virus ini juga bisa menular melalui hubungan intim dan juga cairan yang sudah terinfeksi virus tersebut. Oleh karena itu dengan mencuci menggunakan sabun sebelum anda menyentuk organ intim merupakan cara yang sangat tepat sekali untuk bisa menghindari virus tersebut.

Obat-obatan

Sebaiknya bagi para wanita jangan mengkonsumsi jenis obat-obatan secara sebarangan. Karena mengkonsumsi obat-obatan secara sebarangan bisa sangat tidak bagus bagi kesehatan sistem reproduksi dan juga kesehatan organ intim anda. Jenis obat yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan yaitu jenis obat antibiotik yang bisa di gunakan dengan waktu lama, sehingga bisa mengganggu sistem imun para wanita. Jenis obat antibiotik tersebut juga di percaya dapat membuat para wanita terkena masalah keputihan yang dikarenakan bakteri yang bersifat baik ikut terbubuh akibat dari penggunaan obat antibiotik tersebut.

KB

Penggunaan pi KB juga di percaya sebagai salah satu penyebab terjadinya masalah keputihan pada wanita. Alasannya yaitu pada saat menggunakan alat KB, keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh seorang wanita bisa terganggu. Ketidak seimbang nya hormon tersebut yang nantinya bisa menyebabkan terjadinya keputihan.

Penggunaan spiral

Penggunaan spiral juga dapat menyebabkan terjadinya keputihan. Pada serang wanita yang telah menggunakan spiral juga mengeluk karena cairan keputihan nya semakin bertambah banyak.  Hal tersebut dapat terjadi karena adanya spiral yang telah masuk kedalam rahim bisa membuat kondisi rahim menjadi berubah. Rahim menganggap spiral tersebut sebagai salah satu benda asing sehingga rahim tersebut memberikan respons yang berupa refleks pelak cokelat dan juga berupa cairan keputihan yang banyak juga.

Adanya bahan -bahan tertentu

Penggunaan bahan -bahan tertentu misalnya seperti krim, sex toys yang tidak steril, cairan, wewangian dan juga bahan -bahan lainnya dapat menyebabkan bakteri dan juga kuman timbul di daerah organ intim anda. Hal seperti itu juga bisa menyebabkan seorang wanita bisa terkena keputihan yang terjadi secara tidak normal. Seorang wanita sebaiknya tidak menggunakan benda apapun untuk di masukan ke dalam organ intim nya. Karena hal tersebut bisa menimbulkan terjadinya keputihan.

Efek negatif atau dampak buruk yang disebabkan terjadinya keputihan

Berikut ini ada beberapa dampak negatif atau juga efek yang di sebabkan oleh terjadinya keputihan pada wanita. Diharapkan setelah anda sudah mengetahui damak dan juga efek negatif dari keputihan tersebut, bisa membuat anda lebih peduli lagi terhadap kesehatan organ intim anda. dampak tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Terjadi gangguan keharmonisan pada rumah tangga anda
  • Terjadinya gangguan pada kelangsungan hubungan seksual dengan pasangan anda
  • Dapat memicu terjadinya terjadi nya disfungsi seksual wanita
  • Dapat memicu terjadinya penyakit kanker serviks
  • Bisa menimbulkan luka dalam pada daerah organ intim jika masalah tersebut tidak segera di tangani
  • Sangat mudah terkontaminasi berbagai bakteri, virus, dan juga jamur yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kelamin yang lainnya

Sebaiknya segera perkirakan lah jika anda mengalami masalah keputihan yang sudah lama tidak sembuh -sembuh. Pengobatan dan juga penanganan sedini mungkin sangat di perlukan sekali guna bisa mencegah terjadinya penyakit ke tingkat yang lebih serius lagi. Jika keputihan yang anda alami belum juga sembuh, sebaiknya anda jangan berhubungan intim terlebih dahulu karena di khawatirkan bisa terjadi perpindahan kuman ke pada pasangan anda dan sewaktu waktu masalah keputihan anda sudah sembuh kuman dan juga bakteri tersebut juga kembali lagi. Kuman dan juga bakteri tersebut bisa pindah pada saat anda melakukan hubungan intim, atau hal tersebut juga biasa di sebut dengan fenomena ping pong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *