Mengenal Manfaat Vitamin B Kompleks

Posted on

Awalnya vitamin B kompleks hanya di temukan dalam bentuk tunggal yaitu seperti, vitamin A, vitamin D, vitamin E dan juga vitamin E. namun setelah di lakukan penelitian oleh para ilmuan nutrisi vitamin B kompleks ternyata terdiri dari beberapa vitamin yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6,B7, B9 dan juga B12.

Sebagian besar nutrisi vitamin B kompleks dapat mudah larut ke dalam air kecuali kandungan vitamin B12. Hal ini berarti jika kandungan vitamin tersebut berlebihan maka sisanya akan di keluarkan melalui keringat dan juga melalui urine.

Manfaat vitamin B kompleks
Manfaat vitamin B kompleks

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin B kompleks secara alami. Oleh karena itu, untuk dapat memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi vitamin B kompleks. Sebelum membahas mengenai manfaat dari vitamin B kompleks, berikut ini adalah merupakan daftar makanan yang mempuntai kandungan nutrisi vitamin B kompleks:

Sayuran

Yang pertama yaitu sayuran, sayuran memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin B kompleks adalah, bayam, terong, rebung, jamur, lobak, jagung, mentimun, sawi hijau, brokoli, wortel, buncis, dan juga seledri.

Buah buahan

Buah buahan juga merupakan jenis makan yang banyak mengandung vitamin salah satunya kandungan nutrisi vitamin B kompleks. Tidak hanya dapat di konsumsi secara langsung buah buahan juga mempunyai rasa yang nikmat di konsumsi bisa juga di buat jus dan juga sebagai bahan makanan lainnya. Jenis buah buahan yang mengandung vitamin B kompleks adalah, apel, melon, alpukat, bluberi dan juga pisang.

Daging dan olahan hewan

Daging merah adalah salah satu sumber kandungan vitamin B kompleks yang paling lengah untuk tubuh. Bukan hanya itu saja kandungan zat keratin yang ada di dalam daging merah dapat membantu vitamin B untuk mengelolah karbohidrat menjadi energy, dan dapat mencegah kekurangan gizi serta menjaga system kesehatan mental. Jenis daging atau olahan hewan lainnya yang mempunyai kandungan vitamin B kompleks adalah, ikan sarden, ikan salmon, dada ayam, susu sapid an juga telur.

Kacang kacangan

Sumbar vitamin B kompleks juga dapat di peroleh dari jenis kacang kacangan. Jenis kacang kacangan yang memiliki kandungan vitamin B kompleks adalah, kacang tanah, kacang mate, dan juga kacang almond.

Lalu apa sajakah manfaat vitamin B kompleks bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai manfaat kandungan vitamin B kompleks bagi kesehatan tubuh manusia:

  1. Menjaga kadar kolesterol

Seperti yang kita ketahui jenis kolesterol ada dua macam yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Jika kita sering mengkonsumsi jenis vitamin B kompleks maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan berkirang, sedangkan kadar kolestrol baik akan selalu terjaga. Hal ini akan sangat membantu kita untuk mencegah pengerasan pembuluh darah dan juga menurunkan risiko terkena penyakit tekanan darah tinggi, jantung dan stroke.

  1. Menjaga pencernaan

Kandungan vitamin B kompleks juga bermanfaat untuk mengatasi  penyakit seperti konstipasi, wasir dan juga BAB tidak lancar. Vitamin B kompleks juga dapat dapat membantu pemecahan lemak, karbohirat, protein serta dapat membatu produksi asam klorida (HCL).

  1. Memproduksi energy

Untuk mendapatkan energy, tubuh memerlukan kandungan vitamin B kompleks. Hal itu dikarenakan dibutuhkan kandungan vitamin B lainnya seperti vitamin B2, B3, B5,B6 dan juga B7. Sehingga jika seseorang kekurangan kandungan vitamin ini akan merasa lesu, mudah lelah dan tak bersemangat.

  1. Menjaga system saraf dan tubuh

Vitamin B berfungsi dapat system saraf dan tubuh agar tatap sehat. Vitamin B berguna mengatur seluruh saraf agar bekerja dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *