Mengenal Manfaat Vitamin B1 Bagi Tubuh

Posted on

Vitamin B1 atau tiamin merupakan salah satu kandungan vitamin yang sangat penting sekali karena dapat bermanfaat dapat merubah karbohidrat menjadi energi didalam tubuh, terutapa pada otak dan juga sistem saraf. Vitamin B1 ini banyak kita jumpai dengan mudah didalam berbagai jenis makanan. Berbagai jenis makanan yang didalamnya memiliki kandungan vitamin B1 diantaranya yaitu daging sapi, sereal, kacang kacangan, telur, dan masih banyak yang lainnya.

Kekurangan vitamin B1 didalam tubuh dapat menyebabkan tumbuhnya berbagai masalah kesehatan seperti penyakit beri-beri atau juga atau sindrom Wernicke-Korsakoff. Kekurangan vitamin B1 ini sendiri sering sekali terjadi pada orang orang yang telah kecanduan mengkonsumsi alkohol, rutin mengonsumsi obat furosemide, penderita HIV/AIDS, dan orang-orang yang menjalani operasi bariatrik yaitu operasi pengecilan ukuran lambung guna untuk menurunkan berat badan. Jika asupan kandungan vitamin B1 didalam tubuh tidak tercukupi dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi, maka  biasanya dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin B1. Suplemen vitamin B1 tersebut bisa tersedia dalam bentuk obat tunggal, dalam bentuk gabungan dengan vitamin B yang lain, dan juga gabungan vitamin dan mineral yang lainnya.

Manfaat Vitamin B1
Manfaat Vitamin B1

Berikut ini ada beberapa manfaat vitamin B1 bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Menghasilkan energi

vitamin B1 ini memiliki peranan yang sangat penting sekali dalam mengubah glukosa menjadi energi. Kandungan vitamin B1 ini akan bertindak sebagai ko-enzim pada peroses pengubahan glukosa agar menghasilkan energi yang bisa digunakan untuk fungsi organ tubuh khususnya untuk organ jantung, otak, paru-paru, dan juga ginjal.

Membantu Fungsi Kardiovaskular (Jantung dan Pembuluh Darah)

vitamin B1 sangat bertanggung jawab terhadap produksi acetylcholine, merupakan suatu  neurotransmitter yang dapat menyalurkan pesan ke otot dan juga saraf. Defisiensi vitamin B1 ini dapat menyebabkan berkurangnya neurotransmitter dan akan menyebabkan denyut jantung tidak teratur.

Menjaga kesehatan mata

vitamin B1 bersama dengan kandungan asam lemak omega 3 dan juga omega 6 sangat bermanfaat sekali untuk membantu menjaga kesehatan mata anda, dan juga dapat membantu untuk mencegah pembentukan katarak.

Meningkatkan fungsi otak

vitamin B1 ini juga bisa bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi otak dan juga dapat meningkatkan memori dan konsentrasi. Vitamin jenis ini sangat bermanfaat sekali untuk membantu mengurangi rasa stres dan juga dapat memperkuat saraf. Selain itu vitamin B1 ini juga sangat bermanfaat sekali untuk membantu mengurangi perkembangan penyakit multiple sclerosis, Alzheimer, cirrhosis, dan infeksi lainnya.

Melindungi saraf

saraf dilindungi dengan lapisan pelindung yang berupa lapisan myelin. Kekurangan asupan vitamin B1 juga dapat melemahkan lapisan pelindung saraf tersebut. Dengan tercukupinya asupan vitamin B1 sangat menjamin pengembangan lapisan pelindung saraf dan juga dapat membantu fungsi saraf.

Menbantu sistem pencernaan

vitamin B1 ini juga sangat bermanfaat sekali untuk membantu tubuh mengeluarkan asam hidroklorat yang tidak penting dalam pencernaan.

Membantu produksi sel darah merah

Kandungan vitamin B1 juga memiliki peran yang penting dalam produksi sel darah merah didalam tubuh yang sangat vital bagi tubuh. Untuk itu vitamin B1 ini sangat dibutuhkan sekali bagi tubuh.

Melindungi membran mukosa

membran mukasa ini bertugas untuk melindungi tubuh kita dari mikroorganisma asing yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Membran mukasi ini dapat melindungi organ bagian tubuh seperti hidung, paru-paru, dan juga kelopak mata. Vitamin B1 juga bisa bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel baru membran mukosa.

Mengurangi efek panuaan dini

vitamin B1 ini merupakan zat anti-oksidan yang memiliki kemampuan untuk melawan efek dari terjadinya penuaan dini yang disebabkan adanya kerusakan sel.