Mengetahui Manfaat dan Fungsi Vitamin D

Posted on

Manfaat dan fungsi vitamin D – untuk beraktifitas sehari hari pastinya tubuh kita harus dalam keadaan yang sehat dan vit. Oleh karena itu sangat di anjurkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D,karena di dalam vitamin banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Pada vitamin D atau yang sering di sebut dengan kalsiferol, vitamin seperti ini tergolong dalam Grup Vitamin yang mudah larut dalam lemak prohormon seperti vitamin A dan vitamin B.

Mengetahui Manfaat dan Fungsi Vitamin D
Mengetahui Manfaat dan Fungsi Vitamin D

Bila ingin mendapat asumsi vitamin D yang cukup bagi tubuh kita harus mengkonsumsi makanan yang memiliki sumber vitamin D. contoh makanan yang mengandung banyak sumber vitamin D adalah, stroberi, tomat, brokoli, ikan tuna, brokoli, biji bunga matahari, jeruk, dan sayuran hijau lainnya.

Tubuh kita sangat mambutuhkan asupan makanan yang mengandung sumber vitamin D untuk membantu membentuknya struktur tulang dan gigi supaya baik dan kuat, Selain itu fungsi vitamin D yaitu untuk menyembuhkan rakhitis pada anak-anak dan untuk mengobati osteomalacia dan untuk perlindungan terhadap PAD (peripheral arterial disease), juga dapat berfungsi meningkatkan metabolisme dan penyerapan kalsium dan fosfor.

Vitamin D memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita antara lain adalah:

  1. Mencegah kanker payudara

Wanita sangat takut jika mendengar kanker apa lagi itu kanker payudara karna kanker seperti ini hanya menyerang pada kaum wanita. Namun jikalau anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh anda hal itu dapat terhindar dari kanker yang tergolong ganas ini. Sudah di teliti bahwa dengan mengomsumsi makanan yang mengandung banyak sumber vitamin D akan menghambat penggandaan sel kanker.

  1. Menjaga kekebalan tubuh

Didalam vitamin D ini banyak terdapat molekul yang aktif yaitu kalsitriol yang merupakan pemeran utama di dalam metabilisme  absorpsi kalsium ke dalam tulang dan fungsi otot, sekaligus sebagai immunomodulator yang sangat berpengaruh pada system kekebalan tubuh untuk melawan penyakit penyakit sehingga jika anda mengomsumsi makanan serta buah buahan yang banyak mengandung sumber vitamin D akan membuat badan anda selalu sehat dan vit.

  1. Menyehatkan Dan Meremajakan Kulit

Bagaimana dengan manfaat vitamin D bagi kulit. Perlu anda ketahui bahwa tubuh anda dapat memproduksi vitamin D. walau harus ada asupan pada makanan alami tanpa perlu mengkonsumsi dari suplemen vitamin D. asupan makanan bersumber vitamin D  yang alami bisa anda konsumsi adalah telur, ikan ikan, dan margari. Karna itu manfaatnya pada kulit tentu akan membuat kulit jadi lebih sehat. Terlebih pada vitamin D2 dan D3 yang dapat mencegah gangguan pada kulit seperti psoriasis, juga dapat memperbaiki kerusakan pada kulit, mencegah infeksi luka dalam kulit dan juga dapat meremajakan kulit. Biasanya digunakan di dalam produk perawatan kecantikan.

  1. Mengobati Penyakit Osteomalacia

Osteomalacia merupakan suatu panyakit yang sering di temui pada jaringan tulang manusia yang di sebabkan oleh proses pembentukan lapisan mineral yang terjadi sebagaimana mestinya. Hal ini tulang baru akan terbentuk tanpa adanya lapisan mineral yang mendukung, hingga menyebebkan tulang menjadi sangat lunak. Tulang yang sangat lunak ini sangat mudah patah dan retak. Salah satu cara untuk mengobati penyakit seperti ini yaitu dengan banyak mengomsumsi vitamin D dan juga berjemur agar tubuh kita mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Baca juga :

  1. Gejala Kanker Tenggorokan Stadium Awal Yang Harus Diwaspadai
  2. Gejala Kanker Serviks Stadium Awal
  3. Titik Ampuh Untuk Pijat Sakit Gigi Agar Nyeri Cepat Hilang

Nah itu lah beberapa manfaat dari vitamin D untuk kesehatan dalam tubuh kita. Jadi jagalah kesehatan tubuh anda agar selalu sehat secara jasmani dan rohani kita.