Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan Pada Tubuh

Posted on

Kesehatan Sistem Pencernaan Pada Tubuh – Beberapa gaya hidup berikut ini seperti cara makan anda, cara minum minuman anda, dan juga jenis makanan dan minuman yang anda konsumsi dapat mempengaruhi bagaimana tubuh anda mencerna makanan. mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan juga minuman yang sehat dan juga memenuhi asupan kandungan nutrisi dalam tubuh, serta kebiasaan melakukan olahraga juga dapat mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan dan juga bisa membuat pencernaan lebih sehat.

Sistem pencernaan makanan merupakan suatu proses alami tubuh untuk memecah makanan, selanjutnya dapat menyerap berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan yang telah di konsumsi. jika anda sering sekali mengabaikan kesehatan sistem pencernaan anda, maka anda akan mengalami kekurangan asupan nutrisi sehingga dapat meningkatkan risiko terserang berbagai jenis penyakit pada sistem pencernaan. berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan tersebut diantaranya yaitu asam lambung, maag, ulkus / tukak lambung, bahkan juga bisa yang lebih berbahaya lagi seperti kanker usus.

Menjaga sistem pencernaan
Menjaga sistem pencernaan

Kesehatan sistem pencernaan secara tidak langsung dapat dipengaruhi oleh gaya hidup dan juga jenis makanan yang telah kita konsumsi. dengan beberapa cara berikut yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. maka sistem pencernaan anda akan berfungsi secara lebih baik, dan pada akhirnya bisa meningkatkan kesehatan ke seluruh tubuh. beberapa cara tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat

kandungan serat ini memiliki peranan yang sangat penting sekali dalam menjaga dan juga meningkatkan kesehatan saluran pencernaan anda. melakukan diet tinggi serat bisa membuat sampah yang ada di dalam saluran pencernaan atau yang disebut dengan fases dapat bergerak lebih mudah didalam saluran pencernaan dan akhirnya siap dibuang dengan sangat lancar melalui anus. kebutuhan asupan serat pada seorang pria kurang lebih sekitar kurang lebih 38 gr perhari. sedangkan untuk seorang wanita kurang lebih sekitar 25 gr perhari nya. kandungan serat ini bisa kita dapatkan dengan sangat mudah didalam buah buahan, sayuran hijau, gandum, dan juga jenis makanan yang lainnya. jenis makanan seperti kacang almond juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan asupan kandungan serat yang di butuhkan tubuh.

2. Pastikan tubuh terhidrasi dengan cukup

anda pasti sudah sering sekali mendengar bahwa tubuh manusia memerlukan asupan cairan yang cukup dalam sehari harinya. yaitu sekitar kurang lebih 2 liter perhari untuk wanita dan juga sekitar kurang lebih 3 liter untuk pria perhari nya. ternyata dengan adanya asupan cairan yang selalu tercukupi dalam tubuh sangat berpengaruh dalam membantu fungsi saluran pencernaan anda agar bekerja dengan baik. air yang telah anda minum dapat membuat massa fasses menjadi lebih lunak, sehingga bisa bisa dikeluarkan dengan lebih mudah. satu hal yang sangat penting, jika anda sudah mengkonsumsi serat dalam jumlah yang cukup jangan lupa untuk diimbangi dengan memberi asupan cairan yang cukup juga. serat ini bisa bekerja seperti spons yang mudah sekali menyerap air. jika tubuh kekurangan asupan cairan kerja serat dalam membantu sistem pencernaan tidak akan bekerja secara maksimal.

3. Batasi minum minuman yang mengandung kafein dan soda

mencukui kebutuhan asupan cairan dalam tubuh memang krusial, tetapi sebaiknya anda perlu memilih juga jenis minuman yang tepat dan aman. jenis minum minuman yang mengandung kafein seperti misalnya kopi, teh, dan juga cola, dapat merangsang pengeluaran asam lambung yang bagi sebagian orang bisa berefek timbulnya ketidak nyamanan di dalam saluran pencernaan. demikian pula jenis minuman yang bersida bisa menimbulkan kembung dan begah. saya sendiri merupakan alah satu orang yang membutuhkan asupan kafein untuk bisa membuat saya stay awake. tetapi demi kesehatan saluran pencernaan saya pun mulai membatasi asupan kafein dari berbagai jenis makanan dan minuman.

4. Hindari konsumsi jenis makanan yang dapat mencederai saluran pencernaan

untuk beberapa orang, jenis makanan tertentu dapat menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan. sebagai contoh yaitu ada orang yang mengkonsumsi 1 sendok sambal di kantin dan perut orang tersebut pun baik baik saja. tetapi rekannya setelah mengkonsumsi sambal dalam jumlah yang sama langsung terkena diare. jika anda memiliki riwayat buruk dengan jenis makanan tertentu sebaiknya anda lebih berhati hati dan menghindari jenis makanan tersebut. tidak hanya makanan pedas saja, terkadang ada bumbu-bumbu masakan yang terlalu pekat seperti bawang putih dan juga berbagai jenis rempah rempah yang lainnya juga dapat memicu terjadinya gangguan pada saluran pencernaan bagi sebagian orang.

5. Hindari kebiasaan makan terburu-buru

ternyata kebiasaan makan tergesa gesa dan juga terburu buru bisa mempengaruhi kesehatan sistem saluran pencernaan kita. mengkonsumsi makanan yang terburu buru bisa membuat adanya sinyal yang menuju otak mengatakan bahwa perut belum terisi penuh, dan hal tersebut bisa mengakibatkan otak akan merespon hal tersebut sebagai rasa lapar. hal ini sudah banyak dibuktikan dalam beberapa penelitian, dimana orang orang yang memiliki kebiasaan makan dengan terburu buru akan cenderung cepat menderita obesitas karena kelebihan asupan makanan. para ahli juga menyarankan agar makanan dikonsumsi dalam waktu lebih dari 20 menit agar dapat mencegah hal hal tersebut. dengan demikian jangan asal cepat saja dalam memakan makanan yang nikmat.

6. Reduksi jenis makanan berlemak

terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang berlemak dapat menimbulkan terjadinya kegemukan atau obesitas, semua orang pasti sudah mengetahui hal tersebut. namun tahukah anda bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak juga bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan saluran pencernaan anda. lemak ini bersifat susah sekali dicerna, sehingga ketika saat diet makanan kita terdiri dari banyak sekali lemak, dengan demikian dapat membuat saluran cerna anda bekerja dengan keras. ada baiknya jika anda memilih jenis makanan yang rendah lemak untuk mempermudah kinerja saluran pencernaan anda.

7. Banyak melakukan aktivitas fisik

ternyata aktivitas fisik yang anda lakukan sepanjang hari juga bisa mempengaruhi kinerja saluran pencernaan anda, terutama jika anda sedang mengalami masalah konstipasi atau yang di kenal dengan susah buang air besar (BAB). adanya aktivitas fisik misalnya seperti olahraga bisa membuat makanan yang ada di dalam usus menjadi singkat, dan demikian kandungan air yang ada di dalam tubuh akan tetap tercukupi. dan pada saat kotoran atau fasses tersebut akan dibuang melalui anus konsistensi nya menjadi tidak terlalu keras.

8. Mengkonsumsi makanan probiotik secara rutin

probiotik merupakan bakteri sehat alami yang hidup didalam sistem saluran pencernaan kita. probiotik ini dapat bekerja untuk membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dengan cara mencegah adanya efek dari pola makan yang tidak baik atau tidak sehat. selain hal tersebut proniotik ini juga bisa bermanfaat dapat meningkatkan penyerapan nutrisi untuk membantu mencegah laktosa, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan juga dapat membantu mengobati masalah sindrom iritasi usus besar. jenis makanan yang memiliki probiotik yang baik didalamnya yaitu yoghurt rendah lemak dan yang lainnya.